Tempat, aktivitas menyenangkan, fakta menyenangkan - WisataHits
Jawa Timur

Tempat, aktivitas menyenangkan, fakta menyenangkan

Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG menjadi ikon Kediri. Sekilas, bangunan ini menyerupai Arc de Triompe di Paris. Tingginya mencapai 25 meter dengan luas 804 meter persegi. Sedangkan total luas Simpang Lima Gumul sekitar 37 hektar.

Selain mengunjungi Gumul Simpang Lima, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sana. Ingin tahu apa yang terjadi di Simpang Lima Gumul? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Fakta Menarik Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul: Lokasi, Aktivitas Seru, dan Fakta MenarikPesona SLG Green Park (instagram.com/taman Hijauslg)

Sebelum membicarakan objek wisata Simpang Lima Gumul, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu fakta menarik berikut ini.

1. SLG awalnya adalah hibrida kecil

Simpang Lima Gumul pertama kali dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Jauh sebelum dibangun, tempat ini merupakan persimpangan dan jalan kecil.

2. Ukuran SLG mencerminkan hari jadi pemerintahan Kediri

Konon luas dan ketinggian Gumul Simpang Lima melambangkan hari jadi pemerintahan Kediri, yaitu 25 Maret 804. Seperti disebutkan, SLG memiliki ketinggian 25 meter dengan luas bangunan 804 meter persegi.

Sekadar informasi, monumen ini terdiri dari enam lantai dan ditopang oleh tiga anak tangga yang tinggi. Pembangunan Simpang Lima Gumul juga menghabiskan dana sekitar Rp 300 miliar lho!

3. Relief SLG merupakan visualisasi kesenian Kediri

Jika diperhatikan, terdapat relief di setiap sisi Monumen Simpang Lima Gumul. Ya, inilah visualisasi seni dan budaya Kabupaten Kediri. Ada juga patung Ganesha besar di sudut SLG.

4. Ada terowongan SLG bawah tanah

Pernah bingung cara masuk spot SLG utama? Nah, untuk sampai ke sini kamu harus melalui terowongan bawah tanah atau Tunnel Simpang Lima Gumul ya. Lokasinya di sekitar tempat parkir.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kediri Yang Seru, Sejuk, dan Bikin Kamu Betah!

Lokasi Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul: Lokasi, Aktivitas Seru, dan Fakta MenarikSimpang Lima Gumul Kediri (Instagram.com/@firdauswisnup)

Tugu Gumul Simpang Lima terletak di Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk menuju ke tempat ini sebaiknya ikuti petunjuk di google maps agar lebih mudah.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Karena jalan SLG sudah mulus, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Jika kebetulan berada di dalam bus, Anda bisa meminta sopir untuk menghentikan kendaraan tepat di pinggir tugu.

Jam buka dan biaya masuk Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul: Lokasi, Aktivitas Seru, dan Fakta MenarikIlustrasi oleh Simpang Lima Gumul (Instagram.com/fauzan.hidayatullah)

Simpang Lima Gumul buka 24 jam gratis. Namun, sekitar pukul 11.00 WIB, tempat ini mulai sepi. Yang masih ingin menikmati suasana ramai bisa beralih ke kawasan Pasar Tugu yang masih berada di kawasan SLG. Tepatnya di parkiran arah Pamenang.

Aktivitas seru di Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul: Lokasi, Aktivitas Seru, dan Fakta MenarikSimpang Lima Gumul (instagram.com/imaxstyo)

Simpang Lima Gumul Wisatawan dari luar Kediri mungkin akan bingung saat pertama kali datang ke sini. Padahal, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan SLG. Berikut adalah informasinya.

1. Selfie di Monumen Simpang Lima Gumul

Panorama Simpang Lima Gumul menyerupai optik Arc de Triompe di Paris. Tidak heran jika ada banyak turis berburu foto menarik disini. Biar lebih keren kamu bisa coba foto di tengah pertigaan depan SLG, lebih tepatnya pertigaan arah Kediri Kota.

2. Kunjungi SLG Green Park

Di kawasan SLG ada sebuah tempat bernama Taman Hijau yang asri. Seperti namanya, situs ini didominasi oleh tanaman hijau dengan berbagai fasilitas. Ada jembatan kayu, perosotan, gedung-gedung tinggi dan kolam ikan yang estetis. Kawasan ini juga menarik untuk berfoto.

3. Pulau Surga Gumul

Jika ingin wisata air, Anda bisa bermain di Gumul Paradise Island. Ada banyak kolam renang hingga seluncuran ekstrim. Selain itu, ada wahana 4D, rubah terbang, sampai food court dengan menu yang bervariasi.

4. Pasar Tugu

Di kawasan SLG, terdapat tempat kuliner bernama Pasar Tugu yang cukup luas. Tempat ini mulai jam 4 sore WIB dan saat sudah ramai acara Hari tanpa kendaraan bermotor.

Ada pedagang kaki lima dan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai menu mulai dari nasi goreng ampok hingga kulit ayam yang renyah hingga aneka minuman segar. Kalau di pasar Tugu, cobain jajanan Pentol Pak Ali ya?

Itulah ulasan wisata Gumul Simpang Lima yang wajib anda kunjungi saat berada di Kediri. Anda dapat menemukan informasi tentang tempat wisata lainnya di waktu IDN yang pasti seru dan ga bikin Suasana hati buruk.

Baca Juga: Informasi Wisata Sumber Banteng Kediri: Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button