Pulau Rondo, pulau cantik dengan pemandangan indah di Sabang - WisataHits
wisatahits

Pulau Rondo, pulau cantik dengan pemandangan indah di Sabang

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Iboih, Kecamatan. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pulau Rondo merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di ujung Indonesia yaitu kawasan Sabang. Destinasi wisata ini merupakan pulau paling terpencil di negara ini. Letaknya juga jauh dari wilayah teritorial Indonesia. Pulau ini berukuran kecil dan terletak di Laut Andaman yang merupakan perbatasan dengan wilayah negara bagian India.

Dengan kata lain, tempat wisata ini merupakan salah satu pintu gerbang negara Indonesia yang terletak di sisi barat. Menurut cerita, pulau yang dijadikan sebagai tempat wisata ini belum berkembang sehingga banyak orang yang belum mengetahui keberadaan tempat wisata di pulau ini. Namun, pulau ini memiliki potensi wisata yang cukup menarik jika pemerintah dapat meningkatkan daya tariknya.

Saat Anda berlibur di Pulau Rondo, Anda akan merasakan sensasi liburan yang berbeda dengan suasana pulau yang kecil namun indah. Berbagai hal yang terdapat di pulau ini juga masih cukup alami. Pengunjung juga dapat merasakan vegetasi dan panorama alam yang sangat indah yang disuguhkan oleh tempat wisata ini. Alamnya tak kalah indah dengan destinasi bahari terkenal lainnya.

Tempat Wisata Pulau Rondo Pulau

Aktivitas Pulau RondoKredit gambar: Google Maps Musliono Adi Cipta

1. Titik nol kilometer

Daya tarik pertama dari wisata Pulau Rondo ini adalah destinasi wisata yang terletak di kilometer nol Indonesia. Namun, ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda tidak akan menemukan tanda-tanda yang berisi informasi tentang titik nol kilometer.

Karena pulau ini tidak berpenghuni manusia, maka pemerintah tidak membuat monumen atau sejenisnya di pulau ini.

2. Pulau yang Indah

Destinasi wisata ini merupakan pulau dengan bentuk yang sangat khas. Pulau ini akan berbentuk bulat dengan topografi seperti bukit, namun keunikannya tidak menonjol sama sekali. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk segera mengunjungi pulau ini. Wisatawan bisa menikmati pergantian waktu di pulau ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati aktivitas menarik lainnya.

3. Pohon hijau

Objek wisata milik Pulau RondoKredit gambar: Google Maps Joko Yuwono

Penampakan destinasi wisata berbentuk pulau ini masih natural seperti dulu. Permukaan pulau ini didominasi oleh warna hijau yang tenang dan asri. Banyak jenis pohon yang tumbuh lebat menutupi permukaan tanah pulau ini. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dalam suasana tenang untuk melepas penat setelah lelah beraktivitas dengan hiruk pikuk ibukota.

Pantai yang terletak di Pulau Rondo ini juga otomatis ditumbuhi pohon kelapa yang banyak dan lebat. Apalagi di dalam pulau itu sendiri terdapat beberapa tanaman seperti Lalan, gelumpang dan berbagai jenis pohon lainnya. Selain itu, berbagai pohon juga tumbuh yang menghasilkan banyak jenis buah-buahan di tempat wisata ini. Salah satu pohon buah-buahan tersebut adalah pohon salak.

Pulau ini sangat teduh ketika Anda mengunjunginya. Apalagi pulau ini juga dikelilingi oleh lautan yang sangat indah dan mempesona. Air laut yang berwarna biru kehijauan dan jernih membuat mata terasa segar memandangnya. Ketika Anda melihat dari kejauhan, Anda akan disuguhkan dengan potret indah sebuah pulau kecil yang ditumbuhi berbagai tanaman hijau. Anda tidak bisa melihat tanah sama sekali.

4. Pesona Air yang Luar Biasa

Pulau Rondo merupakan salah satu destinasi wisata bahari alam terindah di Indonesia. Panorama laut dengan pesonanya menjadi hal yang tidak bisa dipungkiri saat mengunjungi tempat wisata ini. Laut Andaman di pulau ini memukau semua orang yang melihat keindahannya. Anda bisa melihat lautan terbuka yang mengalir langsung ke lautan luas.

Kondisi alam yang terdapat di bawah laut juga masih sangat terjaga dengan baik. Beberapa terumbu karang bahkan bisa dilihat langsung dari permukaan karena air lautnya sangat jernih. Keindahan terumbu karang juga menghiasi alam bawah laut yang semakin menarik pengunjung. Saat ini terjadi berbagai perubahan iklim yang mengurangi keindahan laut.

Selain itu, terdapat pula berbagai jenis ikan yang menghiasi keindahan Laut Andaman. Ikan berenang bebas di perairan pulau ini. Terumbu karang yang tumbuh subur selalu dikelilingi oleh berbagai ikan yang mengikutinya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau RondoKredit gambar: Facebook Aris Aryanto

Secara administratif, pulau ini berada di provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini berada di bawah pengawasan pemerintah kota Sabang yang memiliki wilayah yang sangat luas. Kekuatan kota Sabang bahkan meliputi berbagai pulau di luar batas negara. Meski berada di luar perbatasan, pulau-pulau paling terpencil adalah milik negara Indonesia.

Jalan menuju lokasi pulau rondo harus terlebih dahulu menuju kota banda aceh. Maka Anda perlu memesan tiket kapal untuk mengakses transportasi ke pulau tujuan. Anda harus menempuh jalur laut untuk sampai ke tujuan, pastikan selama perjalanan Anda telah melewati Pulau Weh. Pulau Weh adalah pulau berpenghuni paling terpencil di Indonesia.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit gambar: Tur Avia Facebook

Tiket masuk ke Pulau Rondo seharga 25.000 rupee. Sedangkan untuk biaya liburan di pulau ini, kamu harus merogoh kocek sekitar satu juta rupiah. Ini termasuk transportasi perahu, biaya sewa akomodasi dan biaya katering. Namun, jika Anda berasal dari luar wilayah Aceh, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih tinggi dari kisaran biaya sebelumnya.

Jam buka tempat wisata ini buka bebas selama 24 jam. Anda bisa bebas datang ke tempat wisata ini kapanpun Anda mau. Namun, sebaiknya perhatikan jam buka kapal menuju tempat wisata tersebut agar tidak terlambat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Rondo Pulau

Kegiatan menarik Pulau RondoKredit gambar: Facebook IIzzati Wan Nik

1. Ambil foto keren

Hal pertama yang dilakukan di Pulau Rondo adalah berfoto. Anda harus mengabadikan momen pulau dengan laut yang indah ini, hasil potret yang memukau akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan tak terlupakan. Di pulau ini terdapat berbagai spot foto menarik yang wajib kamu coba. Anda dapat membagikan pengalaman Anda di jejaring sosial untuk menarik pengunjung lain.

2. Berenang keliling pulau

Anda harus merasakan aktivitas berenang yang mendebarkan dengan segarnya air laut di sekitar pulau ini. Namun, Anda harus memperhatikan batasan area maksimal yang bisa dijangkau untuk berenang. Anda tidak perlu berenang terlalu jauh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini karena laut di pulau ini langsung masuk ke wilayah lautan yang luas.

3. Menyelam skuba

Aktivitas menarik di Pulau Rondo PulauKredit Gambar: Instagram Liburan Aceh & Sabang

Anda wajib mencoba aktivitas scuba diving di lokasi Pulau Rondo mengingat kedalaman laut yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tempat ini terlihat begitu indah dengan panorama bawah lautnya. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan scuba dive untuk merasakan sensasi bawah laut.Kegiatan ini dapat dilakukan bersama-sama bagi pengunjung yang belum pernah melakukan scuba dive.

4. Memancing

Anda bisa menaklukkan ikan-ikan yang hidup di perairan tersebut jika Anda memiliki hobi memancing. Anda bisa mempersiapkan diri untuk membawa alat pancing sebelum Anda pergi berlibur. Anda bisa memancing di perahu kecil di perairan pulau yang menawan ini. Liburan akan lebih bermanfaat dan menguntungkan ketika Anda berlibur sambil mendapatkan banyak ikan dari umpan Anda sendiri.

Penginapan termurah dekat lokasi

Penginapan termurah dekat lokasiKredit Gambar: Google Maps OYO 1512 Harley Hotel

1. OYO 1512 Harley Hotel

Hostel ini terletak cukup jauh dari tujuan wisata. Namun, termasuk di antara tiga penginapan terdekat mengingat Pulau Rondo tidak berpenghuni dan tidak ada penginapan di dalamnya. Hotel ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kamar hingga fasilitas AC. Biaya yang harus dibayar untuk hotel ini sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 untuk setiap malamnya.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Tarif untuk hostel ini sekitar Rp 300.000 hingga Rp 400.000 untuk setiap malamnya. Hostel ini memiliki restoran dan menyambut wisatawan 24 jam sehari. Selain kamar pada umumnya, hostel ini juga menawarkan fasilitas Wi-Fi gratis sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari jaringan internet.

3. Surga Pulau Weh

Pulau Weh Paradise adalah akomodasi yang paling dekat dengan tempat wisata. Jaraknya juga sama dengan jarak dari Pulau Weh ke tempat wisata. Selain itu, hostel Pulau Weh Paradise juga merupakan hostel termurah di dekat tempat wisata. Tarif untuk setiap malam hanya 200.000 rupee. Ada fasilitas catering dan jaringan wifi di hostel murah ini.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pulau Rondo PulauKredit gambar: Google Maps Farhil Mubaraq

Karena Pulau Rondo tidak berpenghuni, maka fasilitas yang tersedia di pulau ini masih belum lengkap. Namun, pemerintah setempat menyediakan fasilitas lain seperti alat untuk menyelam, memancing dan dukungan untuk kegiatan lainnya.

Fasilitas umum masih sulit didapat di tempat wisata ini karena belum adanya masyarakat yang menawarkan fasilitas penunjang untuk mengunjungi wisatawan. Mungkin perlu perhatian pemerintah untuk membenahinya agar wisatawan bisa lebih nyaman di pulau itu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata Pulau Rondo yang sangat indah dan unik. Anda wajib mengunjungi tempat wisata ini yang merupakan bagian dari keindahan laut Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengajak teman dan keluarga untuk menikmati alam yang indah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button