Sejarah, tempat, dan aktivitas menyenangkan - WisataHits
Jawa Tengah

Sejarah, tempat, dan aktivitas menyenangkan

Menjadi tempat wisata yang populer di Kota Lama Semarang dan menjadikannya sebagai tempat wisata Gereja Blenduk ramai dikunjungi wisatawan. Bangunan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, jadi jangan heran jika terlihat estetis dengan nuansa Antik-miliknya. Bangunan ini sangat menarik, banyak orang menggunakannya sebagai latar belakang foto, lho!

Gereja memiliki kubah merah bata, sangat kontras dengan bangunan serba putih. Keindahan ini menjadikan Gereja Blenduk sebagai salah satu maskot Kota Lama Semarang. Nah, jika Anda tertarik untuk datang ke sini, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Singkat Gereja Blenduk

Informasi Wisata Gereja Blenduk: sejarah, tempat dan hal menyenangkan untuk dilakukanPotret Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang (instagram.com/imam_hi)

Gereja Protestan di Indonesia Barat (GPIB) Immanuel atau Gereja Blenduk. pertama kali dibangun oleh Portugis pada tahun 1753. Dulu, desain bangunan ini terlihat sederhana, mirip dengan rumah panggung Jawa, dengan atap yang mengadaptasi arsitektur Jawa.

Menurut majalah Mengetahui Gereja Blenduk Sebagai Salah Satu Landmark Kota Semarang oleh Moedjiono dan Indriastjario, Gereja Blenduk diperbaiki oleh kekuasaan kolonial Belanda pada tahun 1894-1895.

Belanda melakukan perbaikan drastis dengan membangun dua menara. Atapnya berbentuk kubah setengah bola. Perubahan ini juga tercatat dalam prasasti di tiang gereja.

Prasasti tersebut menyebutkan bahwa W. Westmaas dan HPA De Wilde adalah arsitek dalam pembangunan gereja Blenduk. Oleh karena itu, gereja ini juga disebut Hervorm de Kerk (Gereja Reformed), Koepel Kerk (Gereja Kembar) dan Protestanche Kerk (Gereja Protestan).

Baca Juga: Pantai Marina Semarang: Lokasi, Harga Tiket, dan Hal Seru yang Bisa Dilakukan

Lokasi dan rute ke Gereja Blenduk

Informasi Wisata Gereja Blenduk: sejarah, tempat dan hal menyenangkan untuk dilakukanPotret Gereja Blenduk (instagram.com/eventsclick)

Destinasi wisata Gereja Blenduk terletak di Jalan Letjen Suprapto No. 32, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di tengah kota sehingga Anda bisa menuju ke sana dengan sepeda motor atau mobil.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Jika Anda memulai perjalanan dari Hongaria, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum. Naik bus nomor 2 dari Terminal Ungaran sampai tiba di Jalan Dokter Setiabudi. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus No. C10 dari Terminal Bus Rejomulyo lalu turun di halte di Jalan Gunung. Haryono 514. Terakhir, jalan kaki sekitar 10 menit ke Gereja Blenduk.

Aktivitas Wisata di Gereja Blenduk

Informasi Wisata Gereja Blenduk: sejarah, tempat dan hal menyenangkan untuk dilakukanGereja Blenduk (instagram.com/ivana_tanjung)

Hampir setiap akhir pekan, Kawasan Gereja Blenduk ramai dikunjungi wisatawan. Ini karena ada beberapa aktivitas seru di sini yang bisa kamu coba. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Berburu foto

Kegiatan yang sering dilakukan wisatawan di Gereja Blenduk adalah hunting foto. Pesona estetika bangunan dan antik jadi daya tarik. Apalagi di malam hari, tampilan gereja dengan background langit ini semakin indah matahari terbenam Si Cantik.

2. Bersepeda

Gereja Blenduk terletak di kompleks Kota Lama Semarang. Kawasan wisata ini bisa disebut luas, sekitar 3,1 hektar. Tak heran jika banyak wisatawan di sini, setelah puas, naik sepeda berburu Foto.

3. Naik becak

Nah, jika Anda tidak memiliki sepeda, Anda bisa menggunakan jasa becak untuk berkeliling kawasan dengan lebih mudah. Namun, sebelum melakukan ini, ada baiknya Anda bertanya tentang tarif becak agar Anda tidak terlalu mahal.

Demikian ulasan tentang Wisata Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang. Sebelum datang ke sini, pastikan untuk mengecek informasi wisata di atas agar tidak bingung harus melakukan apa.

Selain peringkat ini, Anda juga dapat menemukan informasi tentang objek wisata lainnya di waktu IDN yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca Juga: 6 Desa Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Semarang, Liburan Lebih Seru dan Tak Terlupakan

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button