Rumah Kerajaan Emha Irawan dan I Nengah Rata Artana di DIY dengan suksesnya Genta Nusantara II di DIY - WisataHits
Yogyakarta

Rumah Kerajaan Emha Irawan dan I Nengah Rata Artana di DIY dengan suksesnya Genta Nusantara II di DIY

YOGYAKARTA, sekilasmedia.com- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah daerah istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan penggabungan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan pulau Jawa, berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Dasar Hukum Pendirian : UU No. 3 Tahun 1950, UU No. 13 Maret 2012, berulang tahun pada tanggal 13 Maret 1755 atau akan berusia 268 tahun pada tanggal 13 Maret tahun 2023 mendatang. Dengan ibukota : Kota Yogyakarta. Tak heran, DIY sarat dengan nuansa seni dan budaya.

Genta Nusantara adalah acara seni budaya yang juga bertajuk Nada Nusantara. Tak heran, acara ini sukses digelar pada 19, 20, 21 Desember 2022 di DIY dengan menghadirkan berbagai jenis seni yakni seni tari, musik, sastra, seni visual, seni modern bahkan seni kuliner.

Seniman asal yang dipentaskan berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Bali, Sabang, Makasar, Toraja, Sunda, Klaten, Sangiran, Gunung Kidul, Yogyakarta dan lain-lain, tampil di panggung inklusif royalti Rumah Budaya di kawasan Gondang Legi, Sleman, DIY Yogyakarta , yang dimiliki dan dikelola oleh Emha Irawan.

Nama-nama peserta yang sudah mendapatkan undangan sebelumnya antara lain: Universal Batam, Kana Sabang Aceh, Komstrad Bandung, Soppeng Sulsel, Pariwisata Sulsel, Mabar NTT, ACCA Bali, Biak Papua, Kendari Sultra, Udansore Jokjakarta, Kota Batu Malang, Banjarmasin , Kendari, Surabaya, Pariwisata Makassar, Tulungagung, Pedati Palu, Gunung Kidul, Pekanbaru Riau, Bekasi. Bogor, ISI Surakarta, ISI Jogjakarta, ISI Denpasar, Andari Pontianak, Pawonjogan, SMK N 5 Jakarta, Wilayah Jawa Tengah khususnya dari Klaten, dan lain-lain.

Emha Irawan menjelaskan dalam pembukaan bahwa Keraton Genta Nusantara ini menjadi tempat pertemuan para seniman, pekerja budaya, penikmat seni dan masyarakat umum untuk bertukar pikiran, bersilaturahmi dan bertoleransi melalui kegiatan seni pertunjukan dan budaya.

Sementara itu, penggagas Genta Nusantara I Nengah Rata Artana, S.Sn., M.Sn, yang juga seorang akademisi, seniman dan jurnalis Bali, dalam sambutannya menyatakan bahwa visi Genta Nusantara adalah keluhuran nusantara. Sedangkan misinya adalah mewujudkan Indonesia yang toleran, damai dan harmonis melalui kegiatan seni, budaya, termasuk kegiatan pariwisata.

Terlepas dari itu, Bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Anak Agung Puspayoga/Puspayoga, red.), mantan Menteri Koperasi dan UKM, suami dari I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Puri Denpasar), yang lahir 24 November 1968, red. ) juga berpendapat sebagai masyarakat.

“Sebagai anggota masyarakat, saya sangat setuju bahwa seni budaya memang dapat dijadikan sebagai wahana silaturahmi antar masyarakat lokal bahkan dalam skala global/global,” ujar Puspayoga yang lahir di Denpasar, 7 Juli 1965.

Tim kerja GENTA NUSANTARA II 2022 juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung suksesnya acara tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan juga menjelang akhir tahun 2022 Selamat Natal 2022 dan Selamat Tahun Baru pada 1 Januari 2023. Sampai jumpa di GENTA NUSANTARA 2023, kata Genta Nusantara II Team 2022. Dari BJ/NR. Pendapat Anda? SMS atau WA disini = 081216271926 (Siswahyu).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button