Tantang adrenalin di Sungai Oyo Mangunan Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Tantang adrenalin di Sungai Oyo Mangunan Yogyakarta

komunitas detikTravel

Setelah hampir dua tahun tidak bisa jalan-jalan bersama, akhirnya kami bisa berlibur ke Yogyakarta. Cobain aktivitas adrenalin di Yogyakarta, seru juga!

Berbagai kegiatan hiburan dilakukan saat kedatangan, termasuk mengunjungi berbagai destinasi menarik di kota Gudeg. Semua kegiatan berlangsung di sekitar Yogya Selatan, khususnya di Kabupaten Bantul. Di hari kedua, saya dan teman-teman berkesempatan untuk menguji adrenalin kami dengan mengendarai jeep menyusuri Sungai Oyo yang deras.

Berbentuk seperti pinggul remaja yang menari, ngarai sungai muncul di kaki dua bukit, membuat dua tikungan lebar, lalu mengalir panjang. Sebelum hujan waktu itu, Yogya mendung, air sungai tampak menguning, bebatuan dan pasir membentuk endapan berwarna coklat susu, di beberapa tempat tampak membentuk delta.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Jembatan gantung berwarna kuning itu terlihat kecil dari jauh karena menghubungkan dua pemukiman kecil yang dipisahkan oleh sungai. Menjelajahi ngarai, lembah yang dalam, kelokan sungai, hamparan hijau dan desa-desa kecil memang memanjakan mata dengan keindahannya.

“Semua landmark ini bisa diabadikan sekaligus saat difoto dengan kamera fisheye,” kata pengemudi sambil mengemudikan Jeep-nya.

Di atas adalah area pengawasan berpagar semen yang cukup aman bagi wisatawan untuk mengamati keindahan Ngarai Sungai Oyo dari permukaan tanah. Dari sana terlihat kelokan panjang sungai, jembatan gantung berwarna kuning yang menghubungkan Desa Sri Harjo hingga Selopamioro.

Mas Driver mengatakan kekuatan panorama ngarai sungai bisa terlihat jelas saat diselimuti kabut putih. Untuk mencoba aktivitas ini, wisatawan bisa memilih beberapa paket yang ditawarkan pengelola. Ada empat paket yang bisa dipilih yaitu Paket Asyik, Paket Singkat, Paket Sedang dan Paket Panjang yang intinya ditentukan berdasarkan kedekatan lokasi masing-masing.

Setiap paket memiliki harga yang berbeda-beda mulai dari Rp 250.000 – Rp 750.000. Paket hobby menawarkan pengalaman yang berbeda sedangkan paket lainnya hanya mengantarkan wisatawan dari satu tempat ke tempat lain melalui Desa Mangunan. Paket Hobby lebih menantang karena mengajak pengunjung menjelajahi medan terjal dan terjal.

“Kalau hobi, itu memang (untuk) orang yang suka tantangan. Kami bawa mereka ke jalur yang tidak bisa dilalui mobil selain jip,” jelas Mas Driver. Wisatawan tidak diajak masuk ke tempat wisata di sekitar Mangunan.

Namun, wisatawan akan langsung menelusuri jalur ekstrim untuk turun ke kaki tebing tinggi tempat Sungai Oya berada.

“Misalnya dari Panguk (bukit) lagi ke selatan ada jurang dan di bawahnya ada sungai. Jadi kita akan turun ke sungai yang terlihat dari Panguk,” jelasnya.

Biasanya jip memulai dan mengakhiri perjalanan di hutan pinus Sari atau hutan pinus Mangunan. Anda juga dapat menentukan sendiri titik awal dan akhir yang diinginkan setelah berkonsultasi dengan pengemudi.

Sesampainya di area sungai, jeep akan beristirahat dan wisatawan bisa bersantai sejenak di sana. Karena air sungainya jernih, tidak jarang wisatawan bermain, berenang, dan berfoto bersamanya di dalam air.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button