Tanggal 17 Agustus 2022 akan dikibarkan bendera di tengah laut - WisataHits
Yogyakarta

Tanggal 17 Agustus 2022 akan dikibarkan bendera di tengah laut

KORANBERNAS.ID GUNUNGKIDUL – Setelah dua tahun vakum akibat pandemi, upacara memperingati Detik Proklamasi di Laut kembali digelar oleh SAR Satlinmas Wilayah 2 Yogyakarta di Pantai Baron, Gunungkidul.














Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 Marjono, upacara di laut merupakan program tahunan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

  • Siap-siap, Jogja bakal punya Techno Park
  • “Hanya saja dalam dua tahun pandemi Covid-19, upacara belum digelar di laut. Baru tahun ini kita bisa menyelenggarakannya, dan besok tanggal 17 upacara akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB,” kata Marjono, Sabtu (13/8/2022).







    Sebelum pengibaran bendera di tengah laut, seluruh peserta mengikuti upacara tepat di pinggir pantai bersama pasukan pengibar bendera.

    “Setelah upacara, petugas pengibaran bendera, yang terdiri dari seorang pembawa bendera dan dua penjaga bendera, akan berenang ke tengah laut. Ia akan diikuti oleh 17 perenang dan 45 perenang yang terdiri dari anggota SAR dan relawan,” jelasnya.







    Marjono menambahkan, bagi wisatawan atau peserta upacara yang ingin mengikuti kegiatan sea-rearing harus membawa dan memakai jaket pelampung.







    “Untuk keselamatan di laut, kami telah menyediakan sekitar 40 perahu jukung nelayan untuk kelancaran proses pengibaran bendera di laut. Jadi kalau tidak kuat berenang, segera naik perahu,” pintanya.

    Diharapkan pada saat pementasan, ombak laut akan tenang sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. “Sejauh ini kami terus memantau perkembangan cuaca, terutama gelombang dan angin,” kata Marjono.

    Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian memberikan penghormatan atas kegiatan SAR Satlinmas Wilayah 2 yang sempat mengibarkan bendera di laut. “Semoga acara ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke pantai selatan Gunungkidul,” kata Arif.

    Source: koranbernas.id

    Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Back to top button