Bendera merah putih sepanjang 400 meter dikibarkan di puncak Penanggungan - WisataHits
Jawa Timur

Bendera merah putih sepanjang 400 meter dikibarkan di puncak Penanggungan

MOJOKERTO, KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, ribuan pendaki gunung berencana menggelar upacara bendera merah putih di puncak Gunung Penanggungan Jawa Timur pada Rabu (17/8/2022).

Selain mengibarkan bendera, para pendaki juga akan membentangkan warna merah putih di ketinggian 400 meter di kawasan puncak Gunung Penanggungan.

Para pendaki yang akan terlibat dalam pengibaran karnaval merah putih dan bendera raksasa tersebut berasal dari Team Stress Adventure (TSA), Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Mojokerto dan Basarnas.

Baca Juga: Berkunjung ke Poetoek Soeko, Wisata Menghadap Gunung Penanggungan Yang Dikagumi Khofifah

Selain itu, ada pula relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto dan sejumlah komunitas pecinta alam akan hadir dalam acara tersebut.

Ketua tim Stress Adventure Anang Budi Prasetyo mengungkapkan, pengibaran bendera merah putih dan karnaval bendera raksasa di puncak Gunung Penanggungan merupakan agenda rutin memperingati HUT RI.

Baca Juga: Sahabat Ungkap Pembicaraan Terakhir Mahasiswa Ubaya yang Meninggal di Gunung Penanggungan Dijuluki ‘Ingin Menghilang’

Tahun ini, kata dia, bendera raksasa akan dikibarkan kembali setelah kegiatan 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19.

“Tahun lalu kami batalkan karena ada wabah Covid-19. Kalau tahun ini sukses, berarti sudah yang ketujuh kalinya,” kata Anang saat dikonfirmasi Kompas.comSelasa (16/8/2022).

Ia menjelaskan, upacara merah putih dan karnaval bendera raksasa akan melibatkan LMDH, Perhutani, Muspika dari Kabupaten Trawas serta ribuan pendaki.

Anang menambahkan, rombongannya mendapat izin dari penanggung jawab dan pengelola tebing untuk menggelar upacara merah putih dan karnaval bendera raksasa.

Kegiatan tersebut, kata Anang, bertujuan untuk menyebarkan semangat nasionalisme di kalangan pendaki, komunitas pecinta alam dan masyarakat luas.

4.000 pendaki

Sekretaris LMDH Sumber Lestari selaku pengelola kawasan pendakian Gunung Penanggungan Khoirul Anam mengatakan, dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, ada tiga tempat yang digelar upacara merah putih.

Ketiga lokasi tersebut adalah puncak Gunung Penanggungan, Puncak Bayangan dan puncak Gunung Bekel. Bendera setinggi 400 meter dikibarkan di puncak Gunung Penanggungan selain upacara pengibaran merah putih.

Baca Juga: Diduga Kelelahan, Mahasiswa Ubaya Meninggal Saat Mendaki Gunung Penanggungan, Ini Pernyataan Kampus

Anam mengatakan sekitar 4.000 pendaki akan memenuhi area pendakian Gunung Penanggungan untuk menghadiri upacara merah putih dan mengikuti karnaval bendera raksasa pada Rabu.

“Prediksi kami ada 4.000 pendaki yang akan ikut,” kata Anam saat dikonfirmasi Kompas.comSelasa.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kedatangan ribuan pendaki yang akan memperingati HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia, pihaknya sudah menyiapkan petugas. menyelamatkan dimulai dengan Pos 2, Pos 3, Pos 4, ditambah bagian atas bayangan dan di atas bagian atas bayangan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: surabaya.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button