Forum Pariwisata ASEAN, Rute Penerbangan Internasional ke Yogyakarta Didorong untuk ditambahkan - WisataHits
Yogyakarta

Forum Pariwisata ASEAN, Rute Penerbangan Internasional ke Yogyakarta Didorong untuk ditambahkan

Forum Pariwisata ASEAN, Rute Penerbangan Internasional ke Yogyakarta Didorong untuk ditambahkan

TEMPO.CO, Yogyakarta – Para pemangku kepentingan industri jasa pariwisata di Yogyakarta menilai bahwa perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 2-5 Februari 2023 harus menjadi pendorong bagi perluasan jalur udara internasional dari dan ke Yogyakarta.

Diharapkan perhelatan ATF yang akan dihadiri delegasi dari berbagai negara, baik perwakilan ASEAN maupun non-ASEAN ini, akan diikuti dengan perluasan rute penerbangan internasional melalui Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara YIA. “Event ATF ini sangat potensial untuk membuka jalan bagi kunjungan wisatawan mancanegara, sayangnya belum banyak maskapai yang membukanya penerbangan langsung ke Bandara YIA yaitu Malaysia dan Singapura,” kata Deddy Pranowo Eryono, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Yogyakarta Yogyakarta, pada Kamis, 12 Januari 2023.

Deddy mendorong pemerintah membuka lebih banyak jalur udara internasional dari dan ke Yogya untuk meningkatkan jumlah wisman yang tingkat kunjungannya relatif rendah. Sebab, menurut penelitian, salah satu faktor penyebab minimnya kunjungan wisatawan mancanegara adalah karena terbatasnya jadwal penerbangan langsung yang melayani Yogyakarta.

“Bahkan karena adanya event ATF 2023, kami perkirakan akan ada ribuan tamu yang menginap di Yogyakarta dengan sasaran warga negara asing,” kata Dedst.

Menurut informasi yang diterima PHRI, pemerintah pusat belum menunjukkan tanda-tanda membuka penuh kunjungan wisman di Indonesia hingga pencabutan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mencegah pandemi Covid-19 akhir tahun lalu. “Kami berharap pemerintah pusat dapat memfasilitasi akses penerbangan internasional di Bandara YIA,” kata Deddy.

Bahkan, menurut Deddy, beberapa maskapai dari berbagai negara sudah mengusulkan untuk memilikinya langsung Penerbangan antar negara. Misalnya, maskapai penerbangan dari Turki dan Thailand sebelumnya telah mengusulkan rute penerbangan langsung dari negaranya ke Bandara YIA di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Namun, meski pemerintah daerah DIY telah mendapat persetujuan, namun pelaksanaan rute penerbangan tersebut belum mendapat tanggapan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Perhubungan.

General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, PT Angkasa Pura I sedang menggarap rute penerbangan internasional baru, yakni Yogya-Thailand pada Januari 2023, untuk mendukung acara ASEAN Tourism Forum 2023. “Thailand berada di posisi yang baik untuk perkembangan penumpang , karena merupakan negara yang bisa dilewati oleh negara-negara ASEAN lainnya,” ujarnya.

Membaca: Asean Tourism Forum akan membebaskan biaya pengiriman untuk pembelian oleh-oleh khas Jogja ke negara-negara Asia

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button