Punthuk Setumbu, Sekilas Keindahan Alam dan Matahari Terbit di Magelang - WisataHits
wisatahits

Punthuk Setumbu, Sekilas Keindahan Alam dan Matahari Terbit di Magelang

Punchuk Setumbu merupakan salah satu tempat wisata alam Magelang yang menawan. Menampilkan pemandangan gunung dan panorama matahari terbit dengan latar belakang Candi Borobudur yang megah.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 04.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Nama tempat wisata Punthuk Setumbu semakin populer di kalangan wisatawan karena pernah menjadi salah satu lokasi syuting film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta). Tempat wisata di Magelang ini sempat viral sehingga wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan.

Wisata alam berupa bukit yang terletak di gugusan Bukit Menoreh ini terletak sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati eksotisme matahari terbit dengan panorama alam yang tiada duanya. Anda pasti akan dibuat takjub dengan panorama alam yang disuguhkan kepada Anda saat berada di puncak bukit.

Lanskap candi Borobudur yang mewakili 7 keajaiban dunia terlihat jelas dari atas bukit ini karena hanya berjarak sekitar 4 km dari candi terbesar di dunia. Punthuk Setumbu dikelola dengan sangat baik oleh warga sekitar dengan dibangunnya sejumlah fasilitas dan juga spot-spot cantik siap foto.

Objek wisata di Punchuk Setumbu

Daya Tarik Punthuk Setumbu MagelangKredit gambar: Google Maps Erly Faradisa

Meski berada di atas bukit, wisatawan domestik dan mancanegara rela melakukan trekking selama 15-20 menit untuk sampai ke puncak dan memiliki pemandangan yang menentramkan. Anda yang bosan dengan rutinitas kerja bisa mencoba kabur ke tempat ini sejenak saat akhir pekan agar pikiran bisa rileks kembali.

1. Dijuluki ‘Nirvana Sunrise’

Punthuk Setumbu dijuluki ‘Nirwana Sunrise’ atau ‘Surga Matahari Terbit’ karena pemandangan yang disuguhkan paling indah dibandingkan tempat lain saat matahari terbit. Anda akan menikmati panorama alam yang terlukis indah dari Pegunungan Menoreh, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, hingga Candi Borobudur yang terlihat megah dari atas bukit.

2. Lokasi Syuting AADC 2

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan film Ada Apa Dengan Cinta. Setelah jeda beberapa tahun, film ini muncul kembali dengan lokasi syuting yang menarik. Bukit ini dipilih sebagai salah satu lokasi syuting film tersebut. Adegan AADC 2 disini adalah saat Rangga (Nicholas Saputra) mengajak Cinta (Dian Sastrowardoyo) untuk berburu panorama matahari terbit sebelum berpisah.

3. Obyek wisata alam yang memiliki arti nama yang unik

Nama wisata alam ini berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti yang unik. Punthuk berarti gundukan atau perbukitan, sedangkan setumbu berarti tumbu atau mangkuk nasi yang dianyam. Jadi, objek wisata alam ini menandakan sebuah bukit yang berbentuk seperti sawah yang menganyam.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Punchuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu MagelangKredit gambar: Google Maps

Tempat wisata alam ini terletak di desa Karangrejo, tepatnya di kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ya, destinasi wisata ini tidak jauh dari tempat wisata populer Candi Borobudur.

Untuk menuju ke tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang berfungsi untuk mengantar Anda ke sana. Jalur yang akan Anda ambil terdiri dari meninggalkan jalan utama dan kemudian memasuki jalan kecil. Petunjuk arah disediakan sepanjang jalan menuju lokasi ini agar Anda tidak tersesat.

Anda bisa memilih mulai dari kota Yogyakarta atau kota Magelang, dengan titik utama candi Borobudur. Bagi Anda yang berencana untuk menikmati matahari terbit dari puncak bukit Punthuk Setumbu, disarankan untuk berangkat sebelum jam 5 pagi karena Anda harus berjalan kaki 15-20 menit ke puncak dan menghindari keramaian wisatawan lain yang berkunjung.

Jika Anda memulai dari kota Yogyakarta, perjalanan yang akan Anda tempuh adalah sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 44 km. Dari Candi Borobudur, Anda bisa mengikuti jalan lurus menuju perbukitan Menoreh. Setelah menemukan Hotel Manohara, Anda akan melihat papan bertuliskan “Borobudur Nirwana Sunrise”. Kemudian Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan.

Jika Anda memulai dari kota Magelang, Anda akan sampai di sana lebih cepat karena hanya berjarak 20 km dari pusat kota Magelang. Dari kota Magelang, Anda bisa mengambil jalan Tanjung. Sebelum sampai di candi Borobudur, Anda ambil jalan ke kanan setelah melihat hotel Plataran. Tidak jauh dari hotel Plataran, Anda akan tiba di tempat tujuan.

Harga tiket masuk Punthuk Setumbu Magelang

Harga Tiket Punchuk Setumbu MagelangKredit gambar: Google Maps Inasya P

Dijuluki sebagai “Nirwana Sunrise” yang menjadi daya tarik tersendiri, objek wisata ini dibuka untuk umum dari Senin hingga Jumat mulai pukul 04:00 hingga 17:00 WIB dan buka 24 jam setiap Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.

Biaya masuk ke objek wisata alam ini adalah Rp 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 per orang untuk wisatawan asing. Ada biaya parkir sebesar Rp 5000 jika membawa kendaraan roda empat dan Rp 2000 jika membawa kendaraan roda dua.

Semua fasilitas yang ada di objek wisata ini dipungut biaya Rp 5.000. Pengunjung yang ingin menikmati suasana bumi perkemahan dikenakan biaya Rp 30.000 per orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Punchuk Setumbu

Kegiatan Punthuk Setumbu MagelangKredit gambar: Google Maps Maruhal Mangasi

1. Trekking ke puncak bukit

Untuk menikmati keindahan panorama alam yang disuguhkan bukit ini, Anda harus mendaki sekitar 15 hingga 20 menit untuk mencapai puncak bukit. Disarankan untuk tiba di puncak bukit sekitar pukul 03:30-04:00 agar belum terlambat untuk menyaksikan matahari terbit. Bagi Anda yang tidak tahan dingin disarankan untuk membawa jaket tebal karena suhu udara di sini sangat dingin di pagi hari.

Anda harus berhati-hati karena kondisi jalan saat trekking berlumpur dan licin saat musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada musim kemarau sekitar Mei-Agustus karena kondisi jalan untuk trekking tidak berlumpur atau licin. Anda juga akan dapat menikmati pesona matahari terbit secara maksimal karena langit tidak berkabut atau mendung saat musim kemarau.

2. Nikmati pesona pesona matahari terbit

Perjuangan Anda selama trekking menuju puncak Bukit Punthuk Setumbu akan terbayar dengan eksotisme matahari terbit yang mempesona. Segala penat yang Anda rasakan akan hilang seketika saat melihat semburat warna indah di langit ditemani pesona matahari terbit. Selain itu, Anda juga akan melihat kemegahan Candi Borobudur dari atas bukit ini.

3. Menyaksikan matahari terbit sambil minum teh atau kopi

Sambil menyaksikan indahnya panorama matahari terbit, Anda juga bisa singgah di warung-warung yang ada di puncak bukit untuk menghangatkan diri dengan memesan secangkir teh atau kopi. Selain teh dan kopi, Anda juga bisa memesan berbagai jajanan dan makanan yang tersedia untuk mengisi perut setelah beberapa menit trekking.

Para pedagang di warung-warung ini tak lain adalah warga sekitar yang mencari nafkah dari tempat wisata alam yang indah ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan atau minuman karena kios-kios menjual berbagai jenis makanan, minuman bahkan jajanan yang bisa Anda pesan sesuai dengan uang yang Anda bawa.

4. Duduk dan nikmati pemandangannya

Di puncak bukit ini terdapat fasilitas berupa gazebo dan kursi kayu untuk Anda beristirahat. Anda bisa menikmati fasilitas ini sambil menikmati pesona matahari terbit. Fasilitas objek wisata ini dibayar Rp 5.000 per orang.

Di tempat ini Anda akan merasa tenang dan damai dengan segarnya udara. Di sini Anda tidak akan menemukan suara kendaraan bermotor, tetapi Anda hanya akan menemukan suara alam dengan kicauan burung liar yang menenangkan. Berwisata ke tempat ini sangat cocok bagi Anda yang bosan dengan segala padatnya rutinitas sehari-hari.

5. Abadikan momen matahari terbit dengan foto

Ingatlah untuk membawa kamera Anda saat berkunjung ke sini. Disarankan untuk membawa kamera mirrorless atau DSLR untuk hasil foto terbaik. Kamera ponsel umumnya tidak cocok untuk mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya. Anda juga harus membawa tripod saat mengambil foto agar foto Anda tidak terlihat buram atau tidak fokus.

6. Ambil foto di lokasi yang tersedia

Di puncak bukit Punthuk Setumbu terdapat fasilitas berupa berbagai spot foto. Jangan pernah melewatkan untuk mengambil foto di tempat-tempat ini karena pemandangannya sangat menakjubkan. Spot kekinian seperti pos pengamatan, rumah pohon, ayunan yang membentang di jurang siap menyambut Anda untuk melengkapi koleksi foto Anda. mengalir Instagram Anda.

7. Berkemah di Puncak Bukit

Pengelola objek wisata ini telah menyediakan bumi perkemahan bagi Anda yang ingin bermalam di sini. Anda harus membayar Rp 30.000 untuk menikmati suasana camping di tempat ini. Namun perlu diingat bahwa Anda harus membawa tenda sendiri karena tidak ada persewaan tenda di sini.

8. Tetap dekat dengan atraksi

Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata terdapat hostel yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda. Beberapa rumah penduduk yang dijadikan homestay mengenakan tarif kamar Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Tersedia juga akomodasi lainnya seperti hotel dan villa di sekitar tempat wisata dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di Punthuk Setumbu Magelang

Fasilitas Punthuk Setumbu MagelangKredit gambar: Google Maps Westi Kurnia

Pengelola objek wisata alam ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat Anda nikmati dengan baik. Fasilitas berupa kamar mandi, toilet dan mushola tersedia di bagian bawah bukit. Petugas yang merupakan warga sekitar akan membantu wisatawan mengarahkan kendaraan saat menuju ke lokasi kejadian dan mengawasi beberapa sudut jalan menuju puncak bukit.

Ada juga fasilitas berupa spot foto untuk menambah koleksi foto Anda, seperti tempat pengamatan, rumah pohon, dan ayunan langit yang membentang di atas jurang. Selain itu, pengelola juga menyediakan gazebo dan kursi kayu bagi Anda yang ingin beristirahat setelah mendaki ke puncak bukit.

Fasilitas lain juga tersedia di puncak bukit yang menjual berbagai macam makanan, minuman bahkan snack untuk mengisi kekosongan di perut Anda. Bagi Anda yang ingin bermalam, pengelola menyediakan camping ground, namun Anda harus membawa tenda sendiri karena tidak ada lokasi penyewaan tenda di objek wisata ini.

Objek wisata Punthuk Setumbu bisa menjadi pilihan tujuan liburan Anda karena menawarkan pemandangan lanskap kota Magelang yang menakjubkan. Dari atas bukit, Anda akan disuguhi panorama kemegahan candi Borobudur, pegunungan Merapi dan Merbabu serta pegunungan Menoreh. Ingatlah untuk membawa anggaran yang cukup ketika mengunjungi objek wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button