Ratusan wisatawan berdoa menyambut Imlek di klenteng tertua di Kota Pangkalpinang ini - WisataHits
Jawa Timur

Ratusan wisatawan berdoa menyambut Imlek di klenteng tertua di Kota Pangkalpinang ini

Ratusan wisatawan berdoa menyambut Imlek di klenteng tertua di Kota Pangkalpinang ini

TEMPO.CO, jakarta – Perayaan Imlek yang jatuh pada hari ini menarik perhatian ratusan wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk mengunjungi Klenteng Kwan Tie Miaw. Inilah klenteng tertua di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, tempat diadakannya ritual sembahyang Imlek 2023.

“Sekitar 800 wisatawan lainnya dari China, Singapura, Jakarta, Sumsel, dan daerah lain sedang melaksanakan salat Imlek,” kata juru kunci Klenteng Kwan Tie Miaw Pangkalpinang A Pao di Pangkalpinang, Minggu, 22 Januari 2023.

Baca: Imlek di Kota Depok, mandi di pemandian 7 sumur Vihara Gayatri

Dikatakannya, para turis ini tidak hanya memanjatkan doa Imlek untuk arwah leluhur, orang tua, dan kerabat, tetapi juga meneliti sejarah pembangunan Klenteng Kwan Tie Miaw pada 1797.

Selain itu, para wisatawan juga menyaksikan pertunjukan barongsai, pesta kembang api dan lain-lain yang digelar pada Sabtu malam, 21 Januari 2023 sebagai bentuk sorakan masyarakat menyambut dan merayakan Imlek tahun ini.

“Kami perkirakan jumlah pengunjung akan terus meningkat hingga minggu depan karena tempat ibadah ini memiliki nilai sejarah yang tinggi terkait langsung dengan nenek moyang para pengunjung tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, sejak 1293 warga keturunan Tionghoa mulai menetap di Pulau Bangka dan Belitung. Saat itu, rombongan kapal militer China yang berencana menyerang Kerajaan Singasari di Jawa Timur dihantam badai hebat hingga terdampar dan menetap di pulau penghasil timah ini.

“Kehadiran etnis Tionghoa secara besar-besaran dimulai tahun 1710 dengan menambang timah dan menjadi buruh kontrak di Bangka dan Belitung,” katanya.

Ia menambahkan, pelaksanaan ritual sembahyang Imlek tahun ini berlangsung aman, lancar, tertib dan semarak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang telah menjaga keamanan di sekitar pura sehingga pengunjung dapat beribadah dengan aman, nyaman dan tertib,” ujarnya.

Baca juga: Diperkirakan 771.144 kendaraan meninggalkan Jabotabek selama libur Imlek

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button