Tanda-tanda Pandemi Covid-19 Berakhir, WHO Keluarkan 6 Pedoman - WisataHits
Jawa Barat

Tanda-tanda Pandemi Covid-19 Berakhir, WHO Keluarkan 6 Pedoman

TEMPO.CO, jakarta – Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengindikasikan bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir.

“Kalau melihat yang kemarin diumumkan oleh WHO, di mana Dirjen WHO menyatakan ada tanda-tanda pandemi akan berakhir, itu sudah di depan mata,” kata Syahril dalam konferensi pers online, Jumat. 16 September 2022 .

Namun, ini masih merupakan tanda, dan semoga tidak lepas kendali jika Anda terlalu bersemangat. Syahril menegaskan kembali persyaratan WHO bahwa orang di seluruh dunia harus menjaga kondisi ini dengan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Selain itu, ada paket enam pedoman yang disampaikan oleh WHO. Semua negara diharapkan menjaga hal ini agar parameter tersebut dapat terwujud menjelang akhir pandemi. Keenam pedoman tersebut adalah:

  • Vaksinasi. Vaksinasi 100 persen untuk kelompok prioritas, termasuk petugas kesehatan dan lansia, harus memenuhi minimal 97 persen vaksin.
  • pengujian dan pengurutan. Pengujian dan pengurutan lebih lanjut untuk COVID-19, integrasi layanan pemantauan dan pengujian, juga untuk penyakit pernapasan lainnya seperti influenza.
  • sistem perawatan kesehatan. Memastikan ada sistem untuk memberikan layanan kepada pasien dan mengintegrasikan layanan Covid-19 ke dalam sistem perawatan kesehatan primer.
  • Persiapan lonjakan kasus. Mempersiapkan lonjakan kasus dan memastikan fasilitas dan tenaga kesehatan yang diperlukan.
  • pencegahan dan pengendalian. Tetap melakukan upaya pencegahan dan pengendalian infeksi untuk melindungi tenaga kesehatan dan pasien Covid-19 di fasilitas kesehatan.
  • transmisi informasi. Berkomunikasi secara jelas dengan publik tentang setiap perubahan kebijakan Covid-19, termasuk alasannya, dan latih petugas kesehatan untuk mengidentifikasi dan mengomunikasikan informasi ini serta mengembangkan informasi berkualitas tinggi dalam format digital.

Syahril mengingatkan, mimpi di depan matanya tidak akan terwujud jika tidak melakukan enam langkah ini. “Ingat, kita masih dalam situasi pandemi. Tidak semua parameter sangat rendah atau turun. Masih agak tinggi. Dan tentunya harus merata ke seluruh dunia,” kata Syahril.

Jika ada kemungkinan lonjakan kasus dalam perjalanan yang tiba-tiba berakhir, Syahril menjelaskan, pemerintah siap menghadapinya.

Membaca:
Covid-19: Thailand bersiap endemi, Indonesia masih dalam tren naik

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button