Danau Siombak, tujuan wisata populer di danau di kota Medan - WisataHits
wisatahits

Danau Siombak, tujuan wisata populer di danau di kota Medan

Danau Siombak adalah salah satu danau buatan terbesar yang layak dikunjungi di Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Danau ini berada di antara sungai Deli dan Air Terjun, menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan, wahana air dan tempat kuliner.

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 08.00-20.00, Alamat: Jl.Ps.Nippon No.Ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Danau Siombak adalah salah satu destinasi terpopuler di Medan, Sumatera Utara. Danau yang indah ini bahkan terkenal di manca negara karena panorama alamnya yang menakjubkan dan tiada duanya.

Wisata alam ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi di Medan karena begitu sampai di tempat ini pengunjung akan kesulitan untuk meninggalkannya. Pemandangan danau yang menjulang tinggi didukung dengan suasana yang asri menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat.

Selain dimanjakan dengan pesona alamnya, pengunjung yang datang ke Danau Siombak tidak akan kecewa karena tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhannya. Maka tak heran jika danau megah ini menjadi destinasi wisata saat perayaan akhir tahun tiba.

Atraksi Danau Siombak

Objek wisata milik Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Andri Jasman Daulay

1. Danau buatan yang luas

Berbeda dengan Danau Toba yang merupakan danau yang terbentuk dari aktivitas alam, Danau Siombak sebenarnya merupakan danau buatan yang terbentuk dari aktivitas penggalian. Namun, danau ini memiliki panorama dan ukuran yang tidak kalah dengan Danau Toba. Danau ini memiliki luas sekitar 40 hektar dan kedalaman danau sekitar 15 meter.

Konon sebelum terbentuknya danau, ada kegiatan ekskavasi pada tahun 80-an. Ekskavasi tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai jalan tol yang menghubungkan Belawan, Medan dan Tanjung Morawa. Namun ada juga mitos bahwa danau ini dulunya adalah lahan pertanian tetapi dihancurkan oleh pasukan Bekho dan genangan air menjadi danau.

2. Suasana alam selalu asri

Daya tarik sebenarnya dari objek wisata ini adalah suasananya yang asri dan tenang. Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Medan, danau ini memiliki kawasan yang sangat tenang dan asri, sehingga sangat cocok sebagai destinasi para pengunjung yang membutuhkan tempat untuk menenangkan pikiran.

Panorama pepohonan hijau dengan dahan yang tegak memberikan kesan bahwa tempat ini masih alami dan terjaga keasliannya. Belum lagi jika cuaca cerah, mendung dan sinar matahari yang terpantul di permukaan danau akan menghasilkan pemandangan yang berbeda. Maka tak heran jika tempat ini menjadi tujuan liburan baik untuk keluarga maupun teman.

3. Pemandangan yang menakjubkan

Pemandangan alam taman wisata ini menarik setiap pengunjung yang datang. Hamparan air danau yang luas akan menjadi pemandangan pertama saat Anda tiba di tempat yang indah ini. Ketika angin bertiup, air di danau menghasilkan gelombang kecil tetapi berjalan bersama-sama menuju pantai.

Belum lagi bukit-bukit yang mengelilingi danau ini yang terbentang begitu indah hingga terlihat seperti pagar alam. Akan sangat indah di sore hari atau saat matahari terbenam karena langit akan berubah menjadi jingga dan menjadi background yang sangat menawan. Oleh karena itu, pengunjung terkadang menyempatkan diri untuk menginap untuk menyaksikan momen tersebut.

4. Terletak di antara 2 sungai

Perlu diketahui bahwa Danau Siombak terletak di antara dua sungai utama, yaitu antara Sungai Deli dan Sungai Air Terjun. Kedua sungai tersebut dianggap muara karena memiliki aliran yang cukup tenang, dalam dan lebar. Dan karena letak sungainya yang membuat banyak pengunjung penasaran dan tertarik untuk melihatnya secara langsung saat berkunjung ke objek wisata ini.

Menariknya, muara memiliki air yang berbeda, meskipun jika dipelajari lebih detail, aliran airnya terasa sedikit asin dan payau, sehingga akan mempengaruhi makhluk hidup di sekitarnya. Namun, hal ini tidak berdampak pada tanaman mangrove di sekitarnya dan bahkan bertahan dan berkembang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Siombak

Alamat Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Fitria Panjang

Taman wisata danau ini terletak di Medan, Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Paya Pasir, Jalan Pasar Nippon No. Ujung, Kecamatan Medan Marelan. Tempat wisata alam ini letaknya sangat strategis karena mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor, roda dua dan roda empat. Jarak dari pusat kota ke danau sekitar 18 km dengan jarak tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Jalan menuju danau ini tidak terlalu sulit, Anda bisa mengikuti jalur utama dari Marelan Raya. Pilih jalan lurus sampai Anda mencapai jalan Pajak Marelan dan ikuti jalan sampai Anda menemukan gerbang museum kota yang megah dan cukup besar. Dari gerbang, Anda akan menemukan gerbang lain yang bertuliskan “Selamat Datang di Danau Siombak” di atasnya.

Setelah melewati gerbang selamat datang, akan ada dua jalan yang naik turun. Meskipun pertigaan atas menggunakan nama Siombak sebagai jalan, perlu diketahui bahwa jalan ini adalah jalan menuju Museum. Sedangkan jalur yang lebih rendah yaitu jalan Nippon merupakan jalan yang sebenarnya menuju danau.

Dari Jalan Nippon, lurus terus di Jalan Belawan dan Jalan Yos Sudarso hingga persimpangan. Pilih jalur kiri lalu lurus ke Nippon Market Street, lalu jalan lurus sampai ketemu lokasi danau dan parkir kendaraan di lokasi yang sudah ditentukan. Jika Anda kesulitan mengingat rute, Anda tidak perlu khawatir karena ada rambu-rambu menuju tempat wisata tersebut.

Harga tiket masuk Danau Siombak

Tiket Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Erlianto 123

Biaya masuk ke Taman Wisata Danau Siombak sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 2.000 per orang. Dengan membayar tiket masuk anda sudah bisa menikmati keindahan alam dan suasana danau yang asri.

Selama ini pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir. Tidak perlu khawatir karena tarif parkirnya sangat terjangkau begitu juga dengan tiket masuknya. Untuk parkir kendaraan roda dua cukup membayar Rp 2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000, namun harga dapat berubah tergantung kebijakan pengelola setempat.

Objek wisata ini buka setiap hari dan juga buka pada hari libur. Namun, mengingat kondisi pandemi saat ini, pengunjung yang datang dibatasi. Sementara itu, tempat wisata ini buka mulai pukul 08:00 hingga 20:00 WIB. Dengan waktu yang sangat lama ini, pengunjung bisa menikmati dan berlibur di kawasan danau sampai puas.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Siombak

Aktivitas di Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Andri Jasman Daulay

1. Nikmati pemandangannya

Kegiatan sederhana namun bermanfaat di taman wisata ini adalah menikmati pemandangan alam. Terdapat banyak kursi yang menghadap ke danau, dimana pengunjung dapat menikmati panorama alam dengan tenang dan leluasa. Kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang membutuhkan udara segar dan suasana baru.

2. Bersantai di gazebo

Bersantai di gazebo atau pondok adalah kegiatan yang direkomendasikan bagi pengunjung. Anda bisa bersantai sambil berbaring menikmati udara di sekitar danau tanpa khawatir terkena sinar matahari dan hujan karena gazebo telah dilapisi atap anti air di setiap sisinya.

Terdapat sejumlah gazebo di kawasan Danau Siombak yang secara sukarela disediakan oleh pengelola untuk meletakkan tas atau rest area bagi pengunjung. Namun, gazebo tersebut tidak gratis, karena Anda harus menyewanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Harga sewa per kios bervariasi antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

3. Perjalanan dengan kapal

Jika ingin aktivitas yang menyenangkan, pengunjung bisa naik perahu di danau. Ada banyak pilihan perahu yang bisa Anda kendarai dari perahu dayung, perahu motor, perahu pedal, speedboat dan bumper boat. Dengan pilihan yang beragam ini, pengunjung dapat menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhannya, misalnya berkendara sendiri, bersama anak, bersama keluarga atau teman.

4. Memancing

Di danau ini, pengunjung juga bisa memancing dan hasilnya bisa dinikmati. Ada dua jenis memancing untuk anak-anak dan orang dewasa. Sambil memancing, pengunjung bisa menikmati suasana dan pesona danau yang tenang ini.

5. Pergi bersepeda air

Lelah berperahu, pengunjung dapat menikmati wahana air termasuk bersepeda air. Wahana ini akan menawarkan pengalaman yang berbeda dan berkesan. Sebelum melakukan wahana ini, pastikan Anda berani dan tidak takut air atau ketinggian.

6. Wisata kuliner

Aktivitas di Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Peter Chandra Alam

Bosan bermain air, pengunjung bisa menikmati kuliner untuk mengisi perut dan menghilangkan dahaga. Sebagai destinasi wisata yang ramai dan banyak diminati masyarakat khususnya masyarakat Medan, danau ini memiliki sejumlah restoran atau warung yang menawarkan berbagai macam makanan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir membawa bekal dari rumah.

7. Ambil gambar

Tidak lengkap rasanya liburan jika tidak berfoto-foto, apalagi jika destinasi wisatanya adalah Danau Siombak. Ada banyak tempat menarik yang bisa dijadikan lokasi atau background foto, karena pengelola juga menambahkan ornamen lain sebagai pemanis di kawasan wisata tersebut.

8. Meninggalkan

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa mencoba olahraga yang menantang seperti outbond. Kegiatan ini cocok untuk semua kalangan, terutama anak-anak karena biasanya suka mencoba hal-hal baru. Olahraga outbound ini juga dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan, sehingga aman untuk dicoba.

9. Berenang

Meski wisata danau dengan ukuran yang cukup besar dan dalam bukan berarti pengunjung hanya bisa melihatnya saja. Bagi yang tertarik merasakan kesejukan air di bawah terik matahari, bisa berenang di kolam yang disediakan pengelola sehingga bisa berenang dengan aman.

10. Ride Comedy Play

Aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini adalah naik komidi putar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih lengkap dengan menaiki wahana yang berputar searah jarum jam ini.

Fasilitas yang tersedia di Danau Siombak Medan

Fasilitas di Danau SiombakKredit gambar: Google Maps Tacustomke

Danau Siombak tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga didukung dengan berbagai fasilitas. Fasilitasnya mulai dari berbagai wahana, lokasi persewaan perahu hingga kolam renang. Menariknya, fasilitas tersebut tidak hanya aman tetapi juga ramah anak.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung juga tersedia fasilitas lain berupa toilet, tempat pengintaian, tempat parkir, akomodasi dan restoran. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat menghabiskan liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Demikian informasi mengenai tempat wisata, alamat, harga tiket dan aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Wisata Danau Siombak. Tempat wisata alam ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas setiap pengunjung yang datang memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button