Terkait Al Jabbar, RK menyebut Pura Besakih dan Masjid Raya Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Terkait Al Jabbar, RK menyebut Pura Besakih dan Masjid Raya Jawa Tengah

Terkait Al Jabbar, RK menyebut Pura Besakih dan Masjid Raya Jawa Tengah

Jakarta, CNNIndonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menyinggung anggaran yang digunakan untuk pembangunan Pura Agung Besakih di Bali dan pembangunan Masjid Raya Jawa Tengah di Magelang.

RK menyoroti dua tempat ibadah tersebut saat menjelaskan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan tempat ibadah.

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Mengenai APBN atau APBD dalam membangun tempat ibadah sesuai dengan aspirasi atau urgensi atau kebutuhan masyarakat masing-masing. Silakan periksa dengan hati-hati. Hatur Nuhun,” kicau RK di akun Twitternya sambil mengunggah tangkapan layar dua pemberitaan pembangunan Pura Besakih dan Masjid Raya Jawa Tengah, dikutip Jumat (6/1).

Dari unggahan RK tersebut, anggaran pemerintah akan digunakan untuk pendirian Pura Agung Besakih dan pembangunan Masjid Raya di Jawa Tengah. Hal serupa juga dilakukan Pemprov Jabar dalam membangun Masjid Al-Jabbar yang akhir-akhir ini dikritik sejumlah kalangan.

RK menjadi sasaran kritik atas pembangunan Masjid Al-Jabbar yang menghabiskan dana sekitar Rp 1 triliun dari APBD. Namun, dalam keterangan sebelumnya, RK menyatakan penggunaan dana negara itu merupakan kesepakatan bersama.

Kesepakatan tersebut tentu terlebih dahulu dibahas melalui musyawarah dengan masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

RK juga menjelaskan, biaya sekitar Rp 1 triliun untuk membangun Masjid Al-Jabbar sudah termasuk sejumlah proyek di dalam kompleks masjid, mulai dari danau buatan hingga penahan banjir Bandung Timur, Masjid Raya hingga Rasulullah digital – dan Museum Islam kaya Nusantara atau Jawa Barat.

Ia juga menjelaskan, biaya diukur dari besar kecilnya bangunan. Al Jabbar yang dirinci RK memiliki kapasitas 50.000 jamaah.

Masjid Al Jabbar merupakan ikon baru provinsi Jawa Barat. Luas total masjid ini adalah 21.799,20 meter persegi.

Dalam peresmiannya, RK menyebut pembangunan masjid sudah dilakukan sejak 2017 dalam proses pengerjaan. terobosan di era Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Masjid rancangan RK ini populer dengan sebutan “Masjid Terapung” karena dikelilingi danau retensi untuk menampung air yang masuk dari utara ke selatan kawasan metropolitan Bandung.

Dikutip dari situs Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Jabar, Masjid Al Jabbar dirancang tidak hanya untuk salat, tetapi juga sebagai tempat merawat khazanah Islam dengan sentuhan konsep wisata.

(pop/wis)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button