Legislatif Golkar membantu pemerintah dalam mengoptimalkan fungsi hutan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat - WisataHits
Jawa Barat

Legislatif Golkar membantu pemerintah dalam mengoptimalkan fungsi hutan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat

telusur.co.id, Panggah Susanto, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar, mendukung upaya pemerintah mengoptimalkan fungsi hutan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Sebab, kata Panggah, banyak hal yang bisa dilakukan secara kolektif dan terpadu terkait fungsi hutan, mulai dari fungsi pariwisata, fungsi pengelolaan tanaman produktif, hingga fungsi pengelolaan hasil hutan.

“Saya kira banyak hal yang bisa dilakukan bersama, antara fungsi hutan itu sendiri dan fungsi ekonomi masyarakat sekitar,” kata Panggah saat kunjungan kerja khusus Komisi IV DPR RI ke Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). ) Kidang Jaya, lokasi wisata Kelompok Usaha Kehutanan Pelayanan Sosial (KUPS) Giriwening, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/4/2022).

Selain itu, lanjut Panggah, ada beberapa persoalan lain yang perlu menjadi perhatian bersama. Misalnya terkait dengan dukungan konsultan untuk pengembangan fungsi hutan dan pengelolaan hasil hutan menjadi produk olahan yang dapat dikonsumsi dan dijual di pasar.

“Bagaimana kalau kita juga melakukannya untuk pendampingan, misalnya untuk pengembangan pariwisata? Tidak mudah untuk maju. Jadi saya kira kita butuh dukungan pendampingan,” kata Panggah.

“Lalu, produk kopi dan lain-lain, bagaimana bisa dikelola dan diolah lebih lanjut menjadi kopi olahan? Tidak hanya dijual dalam bentuk bagasi. Kami butuh dukungan mesin untuk itu,” lanjut Panggah.

Karena itu, DPRD Jateng VI meminta kementerian terkait menyediakan anggaran yang bisa meningkatkan pengelolaan fungsi hutan.

Komisi IV, tegasnya, mendukung secara langsung, terutama untuk kepentingan masyarakat. Ia juga berharap permasalahan terkait hutan dapat diselesaikan secara optimal karena memiliki nilai manfaat.

“Pengelolaan ekonomi fungsi hutan harus diimbangi dengan pengelolaan konservasi,” kata Panggah.

Di sisi lain, ia berharap pemerintah daerah (Pemda) juga harus memperhatikan kelestarian fungsi hutan dan fungsi sosial ekonomi dapat berjalan secara seimbang.

“Ini menjadi tantangan bersama bagi kita, DPR RI dan pemerintah dan tentunya pemerintah daerah. Karena pemerintah daerah paling tahu situasi masing-masing daerah,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button