Tanaman jagung di sebelah barat Gunung Kemukus Sragen menjadi pilot project nasional - WisataHits
Yogyakarta

Tanaman jagung di sebelah barat Gunung Kemukus Sragen menjadi pilot project nasional

Tanaman jagung di sebelah barat Gunung Kemukus Sragen menjadi pilot project nasional

Tanaman jagung di sebelah barat Gunung Kemukus Sragen menjadi pilot project nasional

Baznas menjadikan Sragen sebagai pilot project pengembangan tanaman jagung. Keberhasilan pengembangan tanaman jagung di Desa Bagor, Kecamatan Kemiri, Sragen menjadi percontohan nasional.

SOLOPOS.SOLOPOS.SOLOPOS. “Program demplot ini juga menerapkan pola pemupukan berimbang dengan menggunakan produk unggulan Pupuk Kaltim yaitu Urea Daun Buah dan NPK Pelangi 16-16-16,” kata Agus dalam keterangannya, Minggu 29 Januari 2023.

COM – Petani memperlihatkan jagung siap panen di Dusun Genengsari, Desa Bagor, Kecamatan Miri, Sragen, Selasa (31/1/2023). (Solopos.Monday (30.1.2023.com/Tri Rahayu) Solopos.com/Tri Rahayu) Solopos.com, SRAGEN – Budidaya jagung di Dusun Genengsari, Desa Bagor, Kecamatan Miri, Sragen menjadi percontohan nasional pengembangan Jagung tanaman di bawah naungan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat.com, GUNUNGKIDUL – Truk bermuatan jagung dengan plat nomor AD 1395 JM menabrak jurang sedalam sepuluh meter di lereng Bundelan di Desa Jurangrejo, Ngawen, Minggu malam ( 29/01/2023). , Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta tanaman jagung diharapkan menjadi komoditas perdagangan terpenting kedua setelah beras di wilayah Bumi Sukowati sebagai Kabupaten Sragen. Bantuan diberikan mulai dari awal pengolahan dan penyiapan lahan. , termasuk pemilihan bibit yang tepat dan benar.

Dusun Genengsari berjarak 1 km sebelah barat Gunung Kemukus milik keluarga dan wisata religi Kapolres Ngawen AKP Harjiyanto mengatakan, kecelakaan hanya terjadi saat truk berisi jagung dikemudikan Daryono, 27, asal Sragen, Jawa Tengah. bersama Kernet-nya dalam perjalanan menuju Cawas, Klaten. Tanaman jagung yang ditanam pada 11 Oktober 2022 itu mendukung Baznas. Ada 76 petani Dukuh Genengsari yang menanam tanaman ini. Promo Menarik, Menginap Bersama Loa Living Solo New Kamu Bisa Nonton Netflix Sepuasnya! Kepala BAZNAS Prof Promosi Promo Menarik Menginap di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasnya! Namun upaya untuk menempuh jalan tersebut tidak berjalan mulus, Noor Achmad hadir langsung pada panen jagung seluas 50 hektar pada Selasa (31/01/2023) bersama Bupati Sragen dan petani setempat. bukan hamparan, melainkan gabungan, lahan milik 76 petani yang tersebar di beberapa tempat. Noor memutuskan membatalkan semua acara karena melihat keseriusan Bupati Kuzdinar Untung Yuni Sukowati dalam menyejahterakan petani Sragen.

“Ini merupakan panen jagung pertama yang diprakarsai oleh Baznas. Penanaman jagung seharusnya dilakukan di Sumatera dengan luas 500 hektar. Truk itu baru berhenti setelah menabrak pagar pembatas dan jatuh ke jurang sedalam 10 meter. Mudah-mudahan petani lebih memilih menanam jagung pada tahap kedua,” ujarnya. Namun negara belum siap di sana, sehingga program dialihkan ke Sragen. Jadi kalau hanya 50 hektar masih kecil, silakan tanya nanti. kata Noor. Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ia menjelaskan program panen pangan. Jagung ini bertujuan untuk kesejahteraan rakyat dan pengentasan kemiskinan. Saat itu harga jagung Rp 4 .

Dengan menanam jagung, Noor berharap petani bisa mencapai status muzaki (pemberi zakat) mustahil: “Hanya kerugian materi”. Jika harga jagung per kilogram Rp. Menurutnya, upaya evakuasi baru dilakukan Senin pagi. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan penggunaan bibit jagung yang sesuai dengan kondisi negara akan berdampak pada hasil panen yang maksimal Rp 5 juta hingga Rp 6 juta. jelas Noor. “Ya kejadiannya malam hari, jadi tidak bisa langsung dievakuasi.

Noor mengatakan panen jagung di desa Bagor akan ditingkatkan menjadi 100 hektare. Kurangnya pemanfaatan lahan yang tidak produktif ini secara optimal telah menyebabkan banyak kemiskinan. Ia berharap pengembangan jagung ini bisa menyebar ke daerah lain. Dibawa sembarangan sarat muatan di sepanjang jalur Bundelan yang dikenal memiliki tanjakan ekstrem. Pemkab Blora dan lainnya juga sudah mulai meminta BAZNAS turun tangan dalam pengembangan jagung. “Sragen sebenarnya satu-satunya proyek percontohan jagung BAZNAS,” katanya.Warga setempat penasaran ingin melihat seperti apa Jupriyanto, 43 tahun, petani jagung dari Desa Bagor, mengatakan Baznas memberikan bantuan untuk 50 hektar lahan milik petani yang Anggotanya Kelompok Tani (Poktan) Sejahtera 1 dan Sejahtera (Poktan) 2 memanen jagung ini tidak hanya di Bagor, t tetapi juga di desa-desa lain di kawasan Bengawan Solo bagian utara.

Dia ingin jagung menjadi barang dagangan kedua terpenting di Sragen, setelah padi.” Saat ini, dia masih dalam proses evakuasi.” Seorang petani setempat, Sriyadi, berterima kasih atas bantuan Baznas sehingga dia bisa panen. 1.500 meter persegi jagung dengan hasil 6 kwintal Baca juga.

“Petani menuntut benih diganti karena benih jagung yang diberikan tidak sesuai dengan lahan di Genengsari. Diharapkan tongkol jagung bisa diolah menjadi pakan ternak atau pupuk,” pintanya. Satu orang mengurus 76 Baznas Sragen memenuhi semua keinginan petani.

Baznas bahkan menjanjikan bantuan mesin pengering jagung jika program tanam jagung seluas 100 hektar berhasil.

Lanjut membaca:
Solopos » {{PageTitle}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Sebuah truk bermuatan jagung yang dikemudikan warga Sragen jatuh ke jurang GunungkidulTruk bermuatan jagung yang dikemudikan warga Sragen itu menabrak jurang Gunungkidul.

Jagung panen 50 ha di Sragen dengan dukungan Baznas, hasilnya mencapai Rp 1 miliarPetani asal Desa Bagor, Kecamatan Miri, Sragen memanen jagung dari baznas pusat seluas 50 hektar. Petani bisa memanen jagung sekitar 270 ton atau setara dengan Rp 1 miliar.

Bagaimana Pupuk Kaltim meningkatkan produktivitas jagung Pipil NunukanPT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) promosikan produktivitas pertanian nasional melalui program Demplot.

Melalui program percontohan, Pupuk Kaltim meningkatkan produktivitas jagung Pipil NunukanProgram percontohan di Kabupaten Nunukan selama ini dilakukan Pupuk Kaltim di dua lokasi, yakni di Kecamatan Nunukan Selatan dan Sebatik.

Produktivitas jagung yang ditingkatkan dengan metode ini dapat memanen 6,8 ton/haProduktivitas jagung pipilan di Desa Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara meningkat dengan program Demoplot (Demplot).

Sebuah truk bermuatan jagung memasuki tebing setinggi 10 meter di GunungkidulMenurut sopir, kecepatan truk di luar kendali saat melaju di Bundelan.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

{{judul halaman}}

Memuat berita…

Pesan tidak dapat dimuat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button