Taman Nostalgia, taman wisata dengan berbagai spot foto keren di Kupang - WisataHits
wisatahits

Taman Nostalgia, taman wisata dengan berbagai spot foto keren di Kupang

Taman Nostalgia, taman wisata dengan berbagai spot foto keren di Kupang
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Nostalgia Kupang dapat dijadikan tempat wisata alternatif bagi banyak kalangan. Tempat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan alun-alun yang pernah Anda jumpai di kota. Konsepnya sama, yaitu lapangan terbuka yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik sehingga pengunjung datang ke tempat tersebut.

Meski banyak tempat wisata di Kupang dengan segala pesonanya, namun faktanya tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Seakan-akan wisata berupa taman ini memenangkan persaingan dalam hal daya tarik. Ini tidak salah, apalagi untuk datang ke sini tidak perlu biaya masuk alias gratis.

Berbagai fasilitas disediakan demi kenyamanan wisatawan, baik fasilitas gratis maupun berbayar. Wisata alternatif ini juga memiliki ikon bernama Gong Perdamaian sebagai ciri khasnya. Selain itu, terdapat arena bermain untuk anak-anak, spot foto gratis, gazebo untuk bersantai dan bangku-bangku yang tersebar di beberapa tempat di taman ini.

Objek wisata yang memiliki Taman Nostalgia

Atraksi Taman NostalgiaFoto oleh johanes_r_prakoso di flickr.com

Daya tarik Taman Nostalgia tidak terlepas dari perpaduan konsep yang digunakan. Bukan hanya bangunan taman yang identik dengan bunga berwarna-warni. Selain itu, ada juga beberapa bangunan yang dibangun khusus.

✦ Gong Perdamaian

Gong Perdamaian adalah salah satu bangunan yang dimaksud dan sekaligus menjadi daya tariknya. Seperti namanya, gong ini dibangun sebagai simbol perdamaian di Indonesia, khususnya di kota Kupang. Dengan diameter sekitar 100 sentimeter dan berat 120 kilogram, gong ini diresmikan langsung oleh presiden saat menjabat, yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Peresmian Taman Nostalgia Kupang yang juga merupakan Gong Perdamaian ini dilakukan pada tahun 2011. Periode ini bertepatan dengan Hari Pers Nasional, 9 Februari. Gong yang merupakan alat musik tradisional ini diletakkan di atas bangunan yang memiliki pondasi setinggi 10 meter, di bawahnya terdapat tanda tangan presiden dengan tinta emas.

Namanya Gong Perdamaian ada, bisa dilihat dari lukisan di tengah. Ada 32 simbol di tengah yang menunjukkan semua provinsi di nusantara. Selain di titik tengah gong, terdapat simbol enam agama yang diakui di Indonesia.

✦ Taman bermain tersedia

Atraksi selanjutnya di Taman Nostalgia adalah taman bermain. Bagi para orang tua yang membawa anak berlibur, tempat ini memang cocok menjadi pilihan utama. Meski tidak terlalu lengkap, kehadiran perosotan, ayunan, dan jembatan gantung membuat liburan anak semakin berkesan.

Apalagi dengan menggunakan semua permainan yang ada disini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Sambil bermain, anak bisa belajar pentingnya menjaga keharmonisan satu sama lain. Hal ini merupakan salah satu keuntungan bagi para orang tua, dimana mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, namun tetap dapat mengajak anaknya bermain sambil belajar.

✦ Bersama keluarga

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Taman Nostalgia seperti taman hiburan untuk keluarga. Konsep wisatanya mirip dengan alun-alun kota, namun fasilitas dan permainannya sedikit lebih lengkap. Wisatawan bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu luangnya. Namun untuk mendapatkan suasana yang teduh, lebih baik datang pada pagi hari.

Pada umumnya yang datang pada pagi hari bertujuan untuk berolahraga. Di sini ada track khusus untuk yang ingin lari santai atau jogging. Sedangkan yang datang pada sore hari umumnya dari keluarga yang membawa serta anaknya. Para pemuda dan pemudi juga tidak mau ketinggalan mengunjungi tempat ini, biasanya mereka nongkrong kalau sudah larut malam.

✦ Tempat foto selfie

Adanya spot foto selfie semakin melengkapi daya tarik Taman Nostalgia Kupang. Anak muda yang aktif di jejaring sosial umumnya memanfaatkan spot ini untuk mengisi konten mereka. Memang tidak ada spot khusus yang dibangun untuk keperluan tersebut, namun beberapa bangunan ikonik cocok dijadikan latar foto.

Sebut saja Gong Perdamaian yang dibahas di atas, keunikan bangunannya sangat cocok sebagai venue utama. Selain itu, tertulis pula nama taman ini yang memanjang dengan warna merah. Di sisi lain, terdapat sebuah tempat yang menyuguhkan pemandangan hijau dari rimbunnya pepohonan yang tumbuh subur di sekitar lokasi, termasuk pohon cendana.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Taman NostalgiaKredit gambar: Google Maps Wishnu EW

Taman Nostalgia terletak di Desa Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tempatnya sangat strategis, jadi dijamin tidak akan kesulitan mencarinya. Bagi warga pribumi tentu tahu persis di mana sirkuit alternatif yang sering dikunjungi banyak keluarga ini berada.

Selain itu, jarak ke Alun-alun Kupang sangat dekat, hanya sekitar 3 kilometer. Untuk menempuh jarak tersebut, rata-rata waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 10 menit dengan kendaraan bermotor. Gunakan alun-alun sebagai landmark utama Anda agar tidak bingung, lalu menuju ke Jalan RA Kartini.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan SK Lerik, lalu belok kanan ke Jalan Frans Seda. Taman Nostalgia tidak jauh, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan sekitar 500 meter. Di titik ini terdapat papan petunjuk yang bisa digunakan, atau silahkan bertanya kepada warga sekitar jika masih ragu.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mengunjungi tempat wisata Kupang tidak dipungut biaya. Silakan cari tempat parkir yang aman dan nyaman, lalu Anda bisa langsung masuk ke area taman. Namun perlu diingat bahwa biaya parkir tetap berlaku di sini, jadi siapkan uang tunai tergantung kendaraan yang Anda bawa.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Taman Nostalgia yang MenarikKredit gambar: Google Maps Mahalakshmi El Trinity Nirvana

Sebagai tempat wisata alternatif yang cocok untuk semua kalangan, Taman Nostalgia menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Hampir semua aktivitas dijamin seru di sini, ini dia beberapa di antaranya!

1. Bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk

Banyak pengunjung datang ke sini hanya untuk menikmati suasana dan udara segar. Kalau dibilang suasananya tenang, tentu saja tidak, karena sirkuit ini selalu ramai pengunjung. Suasana yang dimaksud berasal dari semak belukar yang mengelilinginya, Anda bisa sambil bersantai untuk mendapatkan perasaan yang lebih sempurna.

2. Bermain di area khusus

Berasal dari keluarga yang membawa anak, umumnya mereka datang ke Taman Nostalgia dengan tujuan mengajak anaknya bermain. Fasilitas permainan yang sangat baik disediakan di sini. Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada perosotan, jungkat-jungkit, jungkat-jungkit, dll. yang memastikan bahwa anak-anak merasa di rumah.

3. Wisata kuliner

Kegiatan yang dijamin mendebarkan selanjutnya adalah wisata kuliner, terutama bagi mereka yang memang suka makan. Wisata di Kupang tidak hanya berupa taman yang dilengkapi dengan permainan dan icon Gong Perdamaian. Di sepanjang taman terdapat warung-warung yang menawarkan berbagai menu lezat, termasuk makanan khas setempat.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Taman NostalgiaKredit gambar: Google Maps Mahalakshmi El Trinity Nirvana

Taman Nostalgia gratis, semua orang bisa datang langsung gratis. Tapi kalau soal fasilitas, ada beberapa yang disediakan jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Di antara fasilitas wajib tersebut adalah tempat parkir, toilet, dan tempat ibadah. Ditambah lagi, fasilitas tambahan lainnya antara lain bangku taman, gazebo, area bermain anak, dan jalur sport tracking.

Tidak bisa dipungkiri bahwa traveling merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam keadaan tertentu. Kupang merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, baik berupa pegunungan maupun pantai. Jika Anda ingin mengunjungi tempat yang gratis namun tetap memenuhi tujuan Anda, Taman Nostalgia Kupang adalah tempat yang harus Anda masukkan ke dalam daftar liburan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button