Harga Tiket dan Atraksi Mata Air Panas Derek - WisataHits
wisatahits

Harga Tiket dan Atraksi Mata Air Panas Derek

Biaya masuk Pemandian Air Panas Derek: Rp 2.000Jam buka: 05.00 – 23.00 WIBTidak. Panggilan: Alamat: Desa Derek, Derek Timur, Pringapus, Pringapus, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50214

Pemandian Air Panas Derek salah satu situs pemandian air panas kuno di Semarang. Bahkan diklaim sudah ada sejak dinasti Sanjaya pada abad ke 8. Di tempat ini terdapat beberapa kolam air panas dengan suhu 32 hingga 36 derajat Celcius.

Biaya masuk untuk Pemandian Air Panas Derek

Berendam di sumber air panas tidak harus mahal. Beberapa ribu orang memanfaatkan panasnya kolam termal.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Derek
Tiket masuk Rp 2.000
Tiket mandi Rp5.000
Biaya parkir
Sepeda motor Rp 2.000
Mobil Rp3.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Brown Canyon Semarang

Jam buka

Area termal buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam buka
Setiap hari 05.00 – 23.00 WIB

Pemandian Air Panas Derek

Mata Air Panas Derek menawarkan beberapa jenis kolam. Terdiri dari kolam perempuan, laki-laki dan umum. Di bagian belakang objek wisata, aliran sungai cukup besar.

Sejarah Singkat Pemandian Air Panas Derek

Sumber Air Panas Derek adalah sumber air panas yang berusia ribuan tahun. Diketahui bahwa kawasan ini berasal dari abad ke-8 hingga abad ke-11 I pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya. Diperkirakan proses pembangunannya akan berlangsung bersamaan dengan Candi Ngempon. Sebuah tempat ibadah umat Hindu yang letaknya tidak jauh dari Petirtaan Derek.

Awalnya, kawasan ini merupakan tempat pemandian para bangsawan. Misalnya raja, ratu, pejabat negara dan terutama putri. Tujuannya sendiri adalah untuk menyucikan diri secara jasmani dan rohani sebelum memasuki area pura. Tradisi ini diwajibkan bagi umat Hindu pada masa lampau sebelum beribadah.

Penemuannya sendiri pertama kali ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 2009. Saat itu warga ingin membuat jalan menuju kolam renang wanita. Secara bertahap, banyak patung, dinding pemisah, tangga, dan saluran air ditemukan. Dan pada akhirnya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ikut melakukan penggalian.

Tamasya ini mencakup kolam mendayung dan 1 kolam besar yang sangat tua. Dilihat dari atas, Petirtaan Derek berbentuk persegi panjang dengan jalan menurun. Tepat di sebelah kolam terdapat ceruk kosong yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sesajian. Kemudian tepat di relung tersebut terdapat sebuah batu karang yang dipercaya sebagai tempat meditasi.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket & Beragam Kegiatan

Kolam renang untuk wanita

Kolam renang wanita terletak di sebelah kolam renang pria. Tepatnya di sisi kiri. Untuk mengakses kolam, pengunjung harus menuruni tangga yang agak curam. Harap berhati-hati karena permukaan tanah agak licin.

Ukuran kolam di pemandian ini tidak terlalu luas. Sehingga tidak mampu menampung pengunjung dalam jumlah besar. Di dalamnya ada tangki air dan kolam mendayung untuk kaki. Sedangkan posisi kolam berada tepat di tengah.

Pengelola menyarankan pengunjung untuk tidak berendam terlalu lama. Durasi maksimal yang disarankan hanya 1 jam. Karena air tambak mengandung uap belerang yang cukup kuat. Dan dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala mendadak.

Baca: Tiket Murah Umbul Songo Aneka Wahana Seru

Kolam renang untuk pria

Kolam Renang Pria Derek Hot Springs.Area mengayuh yang diperuntukkan bagi pria dikelilingi oleh tembok besar. Foto: Googlemap/Arief Said

Kolam renang pria terletak di sebelah kanan kolam renang wanita. Tampilan keduanya hampir sama. Tapi bedanya di sini tidak ada kolam kaki. Untuk menuju ke sana, pengunjung juga harus melewati beberapa anak tangga.

Kolam renang pria dibagi menjadi 2 kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Kolam atas hanya ukuran untuk orang dewasa. Sedangkan bagian bawahnya setinggi dada orang dewasa. Di setiap sisi kolam terdapat dinding beton yang bisa digunakan sebagai tempat bersandar.

Baca: Tiket dan Wahana Sumilir Valley Semarang

Kolam renang umum

Kolam termal untuk umum.Kolam campuran yang bisa dinikmati oleh anak-anak, remaja dan dewasa. Foto: Googlemap/yunaf retnadi

Sumber Air Panas Derek juga menawarkan kolam renang untuk umum. Kolam ini dapat digunakan oleh segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bentuknya persegi panjang dan memiliki ukuran yang lebih besar dari kolam renang pria maupun wanita.

Lokasinya tepat di bawah toko kecil. Pengunjung hanya perlu menuruni 6 anak tangga untuk mengakses kolam renang. Di tepi kolam, telah didirikan tempat berlindung dengan kursi geladak di bagian bawah. Pengunjung dapat menggunakannya sebagai tempat peristirahatan setelah mandi.

Baca: Tiket dan Aktivitas CANDI GEDONG SONGO

Mengunjungi Pura Ngempon

Pura Ngempon merupakan objek wisata yang tidak jauh dari Pemandian Air Panas DerekSelain mengunjungi Pemandian Air Panas Derek, sempatkanlah untuk mengunjungi Pura Ngempon yang tidak jauh dari lokasi Petirtaan. Foto: Google Maps/Arya si bajak laut sneakerhead

Di dekat pemandian air panas Derek ada wisata sejarah yaitu Pura Ngempon. Masyarakat percaya bahwa kawasan ini dulunya merupakan tempat latihan dan pendidikan para brahmana untuk menjadi master. Kemudian dari kata Empu inilah yang menjadi dasar penamaan pura Ngempon.

Kawasan candi Ngempon terbagi menjadi 9 bangunan dengan ukuran berbeda. Sayangnya, baru 4 candi yang berhasil dipugar oleh pemerintah. Sekilas, keempat candi ini memiliki bentuk yang hampir sama. Padahal sebenarnya hanya ada satu candi besar.

Sedangkan bangunan yang tidak dirawat masih berupa reruntuhan batu berupa alas candi. Posisinya berada di belakang empat candi yang telah direnovasi. Keindahan wisata ini semakin bertambah dengan adanya pepohonan hijau yang mengelilinginya. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang pura dan pemandangan alam yang mempesona.

Baca: Tiket CANDI CATHO dan 5 Objek Wisata

Fasilitas Pemandian Air Panas Derek

Pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk menunjang aktivitas pengunjung. Misalnya area parkir, toilet, ruang loker dan flushing room, serta mushola. Kemudian di sekitar pemandian terdapat warung makan untuk mengisi perut setelah berendam.

Lokasi Pemandian Air Panas Derek

Obyek wisata ini terletak di Jl To Derek Village, Derek Timur, Pringapus, Kec. Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50214. Dari kota Semarang jaraknya sekitar 27 kilometer arah selatan. Jika menggunakan kendaraan membutuhkan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button