Keindahan wisata alam Posong, tempat wisata kekinian di Temanggung - WisataHits
wisatahits

Keindahan wisata alam Posong, tempat wisata kekinian di Temanggung

Wisata Alam Posong salah satu tempat liburan terpopuler dan kekinian di Temanggung yang menawarkan keunikan pemandangan gunung, golden sunset dan berbagai wahana menarik.

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 04.00-17.00 WIB, Alamat: Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Wisata Alam Posong Kledung Temanggung, merupakan salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Temanggung sejak tahun 2020. Wisata ini memiliki keindahan yang istimewa dibandingkan dengan alam pegunungan yang dapat memanjakan mata. Karena letaknya yang sangat strategis yaitu di Padang Safana Kledung.

Padang Savana Kledung sendiri terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang mempesona. Apalagi dilihat dari kawasan wisata alam Posong. Kenapa tertarik dengan spot unggulan Temanggung ini?

Kata Posong untuk nama tempat wisata ini berarti Posko Kosong yang didirikan pada zaman penjajahan Belanda oleh Pangeran Diponegoro. Pos tersebut dibangun untuk memikat musuh agar menyerang pos yang sebenarnya kosong.

Tempat Wisata Alam Posong

Tempat wisata alam posongKredit gambar: Google Maps Nurlaela Mutmainah

1. Berbagai spot foto

Berfoto tentunya sudah menjadi kewajiban pokok bagi wisatawan saat ini. Wisata alam Posong, memiliki berbagai tempat untuk mendapatkan foto yang indah. wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang kitab suci posong dan gunung sindoro.

Kemudian wisatawan juga bisa mencoba spot foto berbentuk sayap kupu-kupu. Spot foto ini akan membuat foto terlihat lebih segar dan ceria. Oleh karena itu, jangan heran jika tempat ini ramai dikunjungi terutama oleh anak-anak.

Selain itu, pengunjung dapat berfoto di pos pengamatan yang berlatar belakang Gunung Sumbing dan panorama kota Temanggung. Sebagai catatan, spot foto ini menjadi spot paling populer bagi wisatawan yang ada di sana.

2. Matahari Terbit Emas

Jam buka wisata Posong mulai pukul 04:00 hingga 17:00. Jam buka yang sangat awal bertujuan untuk memberikan wisatawan pemandangan indah yang mampu menikmati matahari terbit keemasan. Karena jarak dari gerbang menuju titik sunset dan sunrise sekitar satu jam.

Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbit adalah pada pukul 06:00. Artinya wisatawan wajib masuk melalui pintu gerbang, paling lambat pukul 04:30. Usahakan membawa bekal berupa minuman panas dan makanan sendiri dari rumah sambil menunggu golden sunrise muncul.

Pukul 06:00, wisatawan akan menikmati dan merasakan keindahan golden sunrise. Jika keberuntungan berpihak padanya, dia akan melihat keindahan lautan awan dan pada siang hari akan melihat pemandangan alam yang bersih tanpa awan.

Dari puncak Puncak Posong, wisatawan akan dengan jelas melihat keindahan tujuh puncak sekaligus, yaitu Ungaran, Merapi, Telomoyo, Merbabu, Sumbing, Muria dan Sumbing.

Siapa sangka saat cuaca cerah, wisatawan bisa menyaksikan fenomena lautan awan dengan tujuh puncak gunung yang megah. Namun cuaca sedikit mendung, wisatawan masih akan dimanjakan dengan kabut yang bisa membuat suasana lebih tenang, dan udaranya sangat segar.

Tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat 3 gardu besar dimana terdapat gardu kecil yang dapat digunakan wisatawan untuk duduk, bersantai dan menikmati keindahan alam yang tercipta dari listrik.

Tak hanya matahari terbit yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu wisatawan. Pada sore hari, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama sunset yang indah. Sinar mentari menyinari daratan, seolah memisahkan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Alamat dan rute menuju lokasi wisata alam Posong

Alamat Wisata Alam PosongKredit gambar: Google Maps Diny Soe

Lokasi wisata alam ini terletak di kilometer sembilan Raya Parakan Wonosobo, tepatnya di kabupaten Temanggung, provinsi Jawa Tengah dengan kode pos 56264. Tempat ini juga terkenal dengan lokasinya yang berada di kaki Gunung Sindoro. Untuk rute, ada 3 rute jika memulai dari salah satu kota di Jawa Tengah berikut ini:

Jika anda memulai dari Yogyakarta kota yang harus anda lewati adalah Magelang, setelah sampai di Magelang anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Temanggung. kemudian sesampainya di Temanggung, lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Parakan.

Jalan menuju kecamatan ini sama dengan jalan menuju Wonosobo. yang merupakan tujuan wisata di Jawa Tengah. Sampai di Parakan, ikuti jalan menuju Wonosobo sekitar 5-7 kilometer dan sampailah di Gerbang Wisata Alam Posong yang ada di sebelah kanan jalan.

Jika Anda dari Semarang, Anda harus melewati kota Magelang terlebih dahulu. Jika memang sudah sampai di Magelang, maka sebaiknya ikuti panduan yang sama dengan penjelasan yang sudah diberikan di atas, yaitu melakukan perjalanan dengan mengambil rute dari Yogyakarta.

Jarak dari gerbang menuju kawasan wisata relatif jauh, saran saja jika anda tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa ojek di sekitar gerbang. Kondisi jalan menuju wisata ini juga belum beraspal dengan kontur jalan menanjak.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong Temanggung

Tiket Wisata Alam PosongKredit gambar: Google Maps layinatus syifa

Royalti dan tiket masuk objek wisata alam di Posong terletak di TPR. Harga tiketnya sangat terjangkau untuk semua orang yaitu hanya membayar Rp 7.000 per orang, biaya tersebut sudah termasuk biaya tiket dan parkir wisata.

Tempat wisata ini memiliki jam buka yaitu buka pada pukul 04:00 dan tutup pada pukul 17:00 WIB. Jadi kamu harus ke tempat ini pagi-pagi sekali agar puas berlibur.

Selain itu, pengunjung yang ingin memasuki area taman di dalam akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000. Di taman ini terdapat arena bermain yang bisa dinikmati oleh wisatawan seperti flying fox.

Selain itu, semua biaya masuk dan biaya parkir dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola wisata setempat. Ini juga berlaku untuk jam operasional, terutama dalam situasi saat ini.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Posong Temanggung

Kegiatan wisata alam di PosongKredit gambar: Google Maps layinatus syifa

1. Fotografi dan videografi

Pesona golden sunset yang megah dan bima sakti yang menghiasi langit-langit yang gelap, tentunya Anda harus menyiapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen ini. Karena itu, ini akan menjadi momen bersejarah dalam hidup Anda.

Apalagi dengan maraknya media sosial saat ini yang keberadaannya sangat banyak dan dapat dengan mudah dilakukan virus. pada dasarnya, sangat cocok untuk pembuat konten. Apalagi di bidang editing yang sangat menyukai panorama yang indah estetis.

Jadi media sosial Anda akan berwarna karena berisi foto dan video pemandangan Posong Temanggung. Terutama bagi Anda yang memiliki konten terkait pariwisata.

2. Lakukan pendakian ringan

Setelah wisatawan membeli tiket, wisatawan akan disarankan untuk melakukan pendakian ringan ke Taman Posong. Dari loket tiket, wisatawan menempuh perjalanan sekitar satu jam. Namun di sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi suasana pemandangan yang indah.

Sepanjang perjalanan yang mengesankan ini, wisatawan wisata alam Posong Temanggung dapat melihat puncak Gunung Sindoro dengan sangat jelas. Lahannya bercampur dengan hamparan kebun sayur dan buah yang ditanam mengikuti kontur lereng gunung. Panorama di tempat ini sangat damai, awan dan perbukitan di bawahnya akan membuat pengunjung terpesona.

3. Aktivitas luar ruangan yang menyenangkan

Bagi wisatawan yang menyukai permainan seru di luar ruangan, bisa mengunjungi wisata alam Posong ini. Pasalnya, kawasan ini telah menyediakan arena bermain yang seru seperti outbond, flying fox, camping dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, ada juga arena bermain untuk anak-anak. Tempat ini bisa menjamin si kecil senang dan bahagia.

Posong juga menyediakan area camping terbuka. Wisatawan yang ingin berkemah dapat menghubungi manajemen. Menginap di objek wisata ini memungkinkan wisatawan merasakan segarnya udara pegunungan

Pengunjung dapat menikmati keindahan “Bima Sakti” pada malam yang cerah. Jutaan bahkan milyaran bintang menghiasi langit malam di atas kepala kita. Taburan “Bima Sakti” di langit Posong akan memukau wisatawan. Tidak adanya polusi membuat galaksi Bima Sakti sangat jernih.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Alam Posong Temanggung

Fasilitas Wisata Alam PosongKredit gambar: Google Maps Bizmo Bapron

Seperti pariwisata pada umumnya, pengelola setempat telah menyiapkan beberapa sudut pandang untuk dimanfaatkan pengunjung. Hal ini ditujukan bagi wisatawan yang ingin bersantai dan berlama-lama menikmati indahnya pemandangan wisata Posong.

Tidak hanya gazebo, ada juga beberapa wahana menarik seperti flying fox di area sekitar yang dikunjungi. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati segarnya udara pegunungan yang memiliki dekorasi hijau di sekitarnya, yaitu perkebunan milik warga setempat. Ada juga toilet umum gratis di sini.

Posong Temanggung menawarkan keindahan yang unik berupa alam pegunungan. Wisatawan dari tempat ini dapat melihat lautan awan di pagi hari dan pada siang hari mendapatkan panorama 7 puncak gunung yang indah di sekitar wisata ini. Oleh karena itu, kita patut berbangga dengan wisata alam di Indonesia ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button