Taman Fathan Hambalang, tempat pertemuan yang indah di Bogor - WisataHits
wisatahits

Taman Fathan Hambalang, tempat pertemuan yang indah di Bogor

Namanya mengingatkan kita pada kasus mega korupsi sejumlah Tahun lalu. Taman Fathan di atas bukit Pagar adalah tempat nongkrong yang mencolok dengan pemandangan yang menakjubkan di Citeureup, Bogor.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 09.00-21.00 WIB Alamat: Hambalang, Kec. Citeureup, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Terletak di perbukitan, Taman Fathan Hambalang termasuk dalam bagian Agrowisata Villa Bukit Hambalang Bogor. Sebagian orang mungkin familiar dengan kosakata “Hambalang” dan mengidentikkannya dengan kasus korupsi yang fenomenal beberapa tahun lalu. Namun, pandangan Anda akan berubah 180 derajat saat berkunjung ke sini.

Didominasi oleh bangku-bangku putih dengan pemandangan yang menakjubkan untuk Anda nikmati di waktu luang Anda. Anda bisa melihat lereng gunung yang menjulang dengan bangga di kejauhan, hamparan pepohonan dalam nuansa hijau yang sejuk, hingga deretan awan yang seolah menggantung di atas kepala. Belum lagi, ada banyak sajian kuliner yang relatif ramah konsumen dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah.

Beragam aktivitas seru menanti Anda, tinggal pilih sesuka Anda. Baik memanjakan mata melalui panorama yang indah atau mencari kuliner untuk memenuhi hobi makan. Secara keseluruhan, pemandangan di Taman Fathan benar-benar menakjubkan. Mencampur gunung dan pohon di bawah bayangan langit yang sama.

Atraksi Taman Fathan Hambalang

Atraksi Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Eko Wibowo

1. Bukit dengan suasana sejuk

Berada di daerah pegunungan yang bercirikan batuan karst, kontur tanah di taman ini cenderung gersang. Memang karst memiliki ciri-ciri umum seperti drainase permukaan dan gua-gua berupa batugamping atau batugamping. Tidak mengherankan, para penambang bahan baku semen menyukai daerah sekitar sini dengan cara ini.

Namun suasana tetap terasa segar, sama sekali tidak berkurang dengan keadaan kontur medan. Pasalnya, Taman Fathan Hambalang berdiri gagah di dataran tinggi Kabupaten Bogor. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bogor dan sekitarnya menawarkan cuaca yang sejuk, sehingga sering dijadikan tempat liburan oleh wisatawan di Jabodetabek.

2. Atraksi Keluarga

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang memikat hati, objek wisata ini juga menjadikan fasilitas yang memadai sebagai daya tarik utama. Ada kursi dan meja dalam semua nuansa putih untuk menonjolkan nuansa klasik. Selain itu juga terdapat fasilitas penunjang seperti arena keluarMelacak joging, kolam renang, bahkan akomodasi eksklusif.

Di sudut lain taman Anda akan menemukan sejumlah gazebo. Sering digunakan pengunjung untuk duduk atau bersantai sambil mengagumi indahnya pemandangan yang diciptakan Sang Pencipta. Mungkin destinasi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menambah rasa syukur. Situasi seperti itu tentu memiliki keuntungan tersendiri jika Anda sedang merencanakan liburan keluarga.

3. Seperti negeri di atas awan

Saat berkunjung di pagi hari di hari yang cerah, Anda memiliki kesempatan besar untuk merasakan sensasi bermain di awan. Deretan awan putih seperti kumpulan kapas yang menggantung di langit. Sesuatu yang tidak akan dapat Anda nikmati jika Anda tinggal di ibu kota karena pemandangannya akan terhalang oleh gedung pencakar langit.

Namun, Anda harus pandai menentukan momentum, di mana perasaan hidup di atas awan tidak bisa dirasakan setiap saat. Saat berkunjung di hari hujan atau mendung, yang ada justru terlihat menyeramkan karena Anda berada di ketinggian yang langitnya tidak bersahabat. Waktu terbaik untuk dipertimbangkan hanya di pagi hari di tengah cuaca cerah yang relatif hangat.

4. Setiap saat pemandangannya indah dengan pesona yang berbeda

Daya tarik lain dari Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Rahayu Agustine

Datang pada pagi, siang, sore atau bahkan malam hari, pesona Taman Fathan Hambalang tetap luar biasa. Di pagi hari, Anda berkesempatan melihat kabut atau awan halus yang menjadi latar objek wisata ini. Pada siang hari, udara masih sejuk, meski pemandangannya mungkin sedikit menyilaukan karena teriknya sinar matahari.

Menjelang malam, langit mulai berubah menjadi merah-oranye, udara perlahan mendingin, dan lampu-lampu kota menyala. Saat malam tiba, udara menjadi lebih dingin jadi bawalah jaket untuk menghangatkan diri. Selain itu, pesona langit sudah tidak terlihat lagi, melainkan tergantikan oleh pancaran cahaya lampu kota jauh di bawah.

5. Luas dan penuh spot foto

Taman ini membentang di atas lahan seluas 150 hektar, selain menawarkan panorama yang menawan, juga menawarkan berbagai tempat Foto. Agaknya, pihak pengelola menyasar kalangan muda sebagai wisatawan utama. Mengingat hari ini, mengambil foto tampaknya menjadi bagian integral dari kehidupan media sosial.

Kursi dan bangkunya berjajar rapi, membujur dari kiri ke kanan. Sejauh mata memandang, kelompok usia muda akan mendominasi kawasan wisata. Pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan pekerjaan rumah, kekasih yang sedang berkencan atau sekelompok gadis yang bercanda, pemandangan seperti ini adalah sesuatu yang sangat umum ditemukan selama tinggal di sini.

Karena itu, suasananya segar, semarak, dan romantis. Di antara tempat Gambar-gambar yang paling laris adalah ayunan di sisi kanan taman dan berhadap-hadapan, panggung kecil di dekat pohon, dan bingkai buatan berbentuk menyukai. Sekilas memang terlihat biasa saja, namun pesonanya akan semakin kuat saat Anda memilih untuk menjelajahi semua area.

Tidak perlu khawatir dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi karena pihak pengelola telah memasang pagar pembatas di sekitar Taman Fathan. Kira-kira tingginya mencapai ketinggian orang dewasa. Namun, cobalah untuk menghindari bermain terlalu dekat dengan pagar, terutama jika Anda bepergian dengan anak kecil karena bisa berbahaya.

6. Bunga Hias yang Dipangkas Rapi dengan Batu Bulat

Selain itu, meskipun kontur tanahnya didominasi oleh material batuan karst, namun tidak terlalu menonjol karena telah dilapisi. paver. Selain itu, rumput dibiarkan menyebar di sana, dilengkapi dengan beberapa blok semen yang dapat berfungsi sebagai titik dukungan, terutama saat hujan. Masih belum cukup, pengelola juga merawat sejumlah tanaman hias.

Tanaman hias di sini juga cukup beragam, apakah daunnya hijau, merah cenderung ke ungu, atau lainnya. Dipangkas dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat artistik. Beberapa terletak di sekitar gazebo, tumbuh di dekat pagar, tersebar di antara bangku dan meja.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Taman Fathan

Alamat Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Eno Priyatno

Sekitar 20 km dari pusat kota Bogor, Jawa Barat, dibutuhkan setidaknya 30 menit untuk mencapai Taman Fathan. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan rute tertentu dengan memasukkan alamat Desa Hambalang, Citeureup, Bogor. Tempat ini dapat diakses dengan kendaraan umum atau pribadi, dengan mobil atau sepeda motor.

Biaya masuk yang dikenakan oleh sutradara cukup terjangkau mengingat keindahan dan fasilitas Taman Fathan. Anda hanya akan dikenakan biaya tiket Rp 5.000 dan tambahan Rp 3.000 jika membawa sepeda motor, sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Sambil menikmati pemandangan, ada beberapa menu yang ditawarkan, mulai dari sensasi dingin hingga sensasi panas.

Namun untuk mendapatkan fasilitas tambahan berupa atap Anda harus membayar tambahan Rp 10.000. Jam bukanya pun tak kalah variatif, Senin hingga Rabu mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Selama waktu tersebut hari kami adalah pukul 09.00-17.30 WIB, dan Sabtu-Minggu terakhir pukul 09.00-21.30 WIB. Dengan cara ini Anda memiliki banyak pilihan saat mengatur waktu keberangkatan Anda.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Taman Fathan

Aktivitas Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Tony SAC

1. Nikmati panorama yang eksotis

Taman Fathan seperti surga bagi pecinta fotografi atau sekedar wisatawan sekaligus pengguna media sosial yang aktif. Pertimbangan utama dan mungkin alasan sebagian besar wisatawan tertarik berkunjung ke sini adalah karena didasarkan pada tampilan yang eksotis. Pengunjung berkesempatan melihat berbagai panorama alam di satu tempat.

Lampu kota di malam hari, gunung di kejauhan, selimut awan tebal di langit dan banyak lagi. Pesona yang ditawarkan dapat bervariasi tergantung pada waktu kedatangan. Untuk alasan ini, sekadar menatap pemandangan eksotis adalah rekomendasi aktivitas yang paling penting untuk dicapai.

2. Mencicipi kuliner

Taman ini memiliki nama lain yaitu Cafe De’Kendor Hambalang. Tak heran jika berbagai kuliner tersaji di sini, terutama yang bernuansa kekinian. Menu-menu yang menarik untuk dicoba antara lain jagung bakar, bakso bakar, dan masih banyak lagi. Minuman menyajikan berbagai kopi, produk lokal dan asing, teh dan susu. Sesuaikan saja dengan selera pembeli.

Akan menyenangkan untuk berkunjung di malam hari sambil menyeruput minuman panas. Selain itu, ia juga aktif dalam percakapan dengan kerabatnya. Bagi yang ingin menyendiri pun tidak masalah, kafe ini cukup luas untuk menampung berbagai karakter pengunjung. Ada banyak pilihan tempat duduk, baik pengaturan lesehan maupun bangku panjang.

3. Kunjungi Wisma Atlet Mega Korupsi Museum

Pada dasarnya Bukit Hamlang tidak hanya menawarkan daya tarik wisata alam, tetapi juga memadukan berbagai hiburan dalam satu kawasan. Misalnya, Museum Wisma Atlet Mega Korupsi mengenang peristiwa mengejutkan beberapa tahun lalu.

Kasus suap harta benda atlet yang merugikan negara hingga miliaran rupiah itu kini dicabut. Meski bisa dibilang proyek gagal, tak ada salahnya melihat kondisi museum ini. Mungkin ini bisa menjadi pelajaran berharga dan mengingatkan Anda betapa buruknya perilaku korupsi dan turunannya. Selain wisata, bisa menjadi tempat refleksi.

Akomodasi murah dekat Taman Fathan

Akomodasi di Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Hôtel Lorin Sentul

1. Hotel Lorin Sentul

Hotel ini menawarkan fasilitas berupa sarapan gratis dan Wi-Fi 24 jam. Sekitar 4,32 km dari tujuan, sewa per malam diperkirakan mulai Rp 420.000.

2. Villa Bukit Hambalang

Harga yang ditetapkan bervariasi sesuai dengan pilihan paket Anda. Fasilitasnya sama, termasuk arena keluar, kolam ikan, kolam renang, dll. Letaknya tidak jauh dari Taman Fathan Hambalang.

3. Sirkuit RedDoorz dekat Sentul

Hostel ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat karena letaknya yang dekat. Berjarak 4,43 km dari Villa Bukit Hambalang, tarif per malamnya adalah Rp 299.000.

Fasilitas yang tersedia di Taman Fathan Hambalang Bogor

Fasilitas Taman Fathan HambalangKredit gambar: Google Maps Gung Si Respati

Fasilitas di taman keren ini antara lain mushola, kafe, Wi-Fi gratis, parkir, dan masih banyak lagi. Kebutuhan pengunjung yang berbeda-beda sudah diperhitungkan oleh pihak pengelola, agar pengunjung bisa lebih nyaman menikmati berbagai pesona keindahan yang dihadirkan.

Sangat disarankan untuk datang pada malam hari atau dini hari ke Taman Fathan Hambalang. Keduanya adalah momen paling spesial, di mana Anda berkesempatan memadukan panorama taman itu sendiri dengan hiruk pikuk aktivitas kota dari jauh. Sebaiknya datang bersama orang lain agar lebih menyenangkan dan berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button