Curug Leuwi Asih, wisata air terjun yang indah dan eksotis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Leuwi Asih, wisata air terjun yang indah dan eksotis di Bogor

Curug Leuwi Asih, wisata air terjun yang indah dan eksotis di Bogor
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl.Kp. Wangun landeuh, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Berwisata merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, biasanya ditujukan untuk melepas penat dengan mengunjungi tempat wisata di Bogor. Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang ingin menyejukkan diri di luar ruangan dengan segala pemandangan keindahan alamnya, seperti mengunjungi Curug Leuwi Asih di Bogor.

Wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun ini akan dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Di Wisata Curug ini wisatawan juga bisa mengajak keluarga dan anak-anaknya, karena di air terjun yang indah ini terdapat kolam renang yang sangat aman dan ramah untuk anak kecil, untuk memaksimalkan kesenangan. waktu berkualitas dengan keluarga.

Selain menikmati keindahan dan keasrian air terjun ini, wisatawan juga bisa menikmati salah satu destinasi wisata ini, terutama beraktifitas lintas alam. Trekking di Curug Leuwi Asih terkenal dengan medan yang sulit, sehingga sangat mengasyikkan bagi wisatawan yang menyukai hal-hal sulit untuk dinikmati.

Objek wisata Curug Leuwi Asih

Obyek wisata Curug Leuwi AsihFoto oleh Penyelenggara Wisata Alam Sentul Bogor di Facebook

✦ Air terjun tunggal

Wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun ini akan dimanjakan dengan keberadaan air terjun yang berbeda dengan air terjun lainnya. Di dalam rangkaian Curug Leuwi Asih ini terdapat sebuah air terjun yang airnya tidak mengalir dari tebing, melainkan berasal dari perbedaan ketinggian sungai yang terhalang oleh bebatuan besar.

Dengan adanya air terjun di air terjun ini, wisatawan juga bisa merasakan lembutnya air air terjun sambil bermain air, berenang atau bahkan mandi. Air terjun yang dihasilkan air terjun ini juga tergolong aman, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata dengan mengajak keluarga tercinta.

Keindahan curug dan air terjun yang ada sangat indah dan menarik, keindahan yang disuguhkan membuat wisatawan semakin betah untuk mengikuti wisata air terjun ini. Suhu yang sangat sejuk dan suasana yang sangat tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sirkuit ini.

✦ Tanah di Curug

Bagi wisatawan khususnya anak muda, wisata Curug Leuwi Asih sangat cocok untuk dikunjungi. Selain memiliki panorama keindahan alam yang sangat eksotik, sirkuit ini juga memiliki medan yang cukup sulit. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata air terjun ini hendaknya mempersiapkan tenaga dan kesehatan yang baik

Sebelum sampai ke wisata air terjun eksotis ini, wisatawan harus melewati medan yang cukup sulit. Yakni, wisatawan harus menyeberangi sungai, dan sawah milik warga. Tidak sampai disitu saja, setelah wisatawan melewati sungai dan persawahan, wisatawan juga harus melewati perbukitan dan menempuh jalan setapak.

Setelah wisatawan melintasi seluruh daratan, barulah wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun Leuwi Asih yang eksotik ini. Dengan medan yang cukup menantang, wisata ini sangat direkomendasikan bagi para pecinta alam yang menyenangi hal-hal yang menantang dan menguras tenaga.

Dalam dunia trekking juga dilarang sakit atau masih dalam tahap penyembuhan. Selain kesehatan wisatawan yang memilih jalur trekking, ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti pakaian olahraga yang memudahkan trekking, sepatu dan kaos kaki hiking, ransel pribadi, dan obat-obatan.

Salah satu keuntungan wisatawan yang memilih jalur trekking adalah dapat menikmati deretan keindahan alam sebelum memasuki kawasan wisata air terjun yang indah dan eksotik ini. Seperti melihat keindahan sungai dan persawahan yang luas, bukit-bukit yang tinggi dan indah serta menikmati jalan setapak.

✦ Keindahan bebatuan Curug

Selain menikmati keunikan air terjun dan medan yang cukup menantang, wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan bebatuan air terjun. Curug Leuwi Asih didominasi oleh bebatuan yang cukup besar sehingga menambah nilai keindahan dan keeksotisan kunjungan kali ini.

Adanya bebatuan yang cukup besar di sepanjang sungai juga dapat dimanfaatkan wisatawan untuk dijadikan sebagai spot foto atau sebagai penunjang untuk mendapatkan foto eksotis yang indah. Keindahan dan eksotisme wisata air terjun ini menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Keindahan bebatuan ini menjadi nilai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Adanya bebatuan yang cukup besar juga memudahkan wisatawan yang berkunjung untuk beraktivitas atau sekedar bermain air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug Leuwi AsihFoto oleh Andini Maheswari di Google Maps

Wisata Air Terjun Leuwi Asih yang indah dan eksotis ini berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tepatnya di Desa Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah. Wisatawan yang berjalan kaki dari Bogor bisa melalui jalur Gunung Pancar. Pintu depan tidak jauh dari Wisata Teras Mangun.

Kemudian wisatawan harus melalui jalan darat di kawasan Gunung Pancar. Jalan di kawasan Gunung Pancar cukup menanjak dan sempit. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena jalan ini sudah diaspal dan mulus sehingga memudahkan wisatawan untuk datang ke lokasi Air Terjun Leuwi Asih.

Wisatawan yang kesulitan mencari tempat wisata air terjun ini, wisatawan bisa mencari tempat wisata tanah hutan Sentul. Karena lokasi wisata air terjun ini tidak jauh dan berada di belakang lokasi wisata tanah hutan Sentul yang hanya berjarak 6 km. Untuk menuju tempat wisata air terjun, wisatawan bisa melalui dua pilihan yaitu menggunakan sepeda motor atau lintas alam.

Harga tiket masuk dan jam buka

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan melihat keindahan wisata Curug Leuwi Asih yang eksotis ini hanya dikenakan tarif mulai Rp 10.000 untuk anak-anak. Dan untuk orang dewasa hanya dikenakan biaya Rp 20.000, sangat murah bukan, untuk berkunjung bersama keluarga.

Dengan tarif tersebut, wisata ini tergolong wisata yang sangat murah. Semua orang bisa menikmati keindahan wisata air terjun ini, mulai dari kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi wisata air terjun cantik ini.

Harga tiket yang relatif murah juga menjadi keunggulan, sekaligus menjadi daya tarik dan minat wisatawan untuk mengunjungi wisata air terjun yang eksotik dan mempesona ini. Keunggulan tersebut menjadi perhitungan tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengajak keluarganya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Tempat Wisata di Curug Leuwi AsihFoto oleh Fardiah Nafisah Oemar di Google Maps

1. Mendaki

Sebelum sampai di wisata air terjun yang indah ini, wisatawan harus melintasi medan yang cukup sulit. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan tentunya memilih trekking untuk melintasi kawasan ini. Dengan memilih trekking, wisatawan bisa lebih puas menikmati setiap sudut keindahan yang disuguhkan kepada mereka.

Trekking yang harus dilalui wisatawan yaitu melalui medan naik turun melintasi sungai, kemudian persawahan warga sekitar. Setelah itu, wisatawan harus melintasi sebuah bukit yang cukup indah. Setelah melewati bukit tersebut, wisatawan juga harus menempuh jalan setapak, dimana jalan ini merupakan jalan terakhir untuk menuju air terjun Leuwi Asih yang indah ini.

Wisatawan yang memilih trekking harus mempersiapkan diri dan tenaga dengan baik, mulai dari kesehatan, tenaga dan persiapan perlengkapan seperti sepatu yang digunakan juga harus sesuai dan sesuai dengan medan. Sehingga keberadaan kawasan ini memberikan nuansa tersendiri bagi para wisatawan, khususnya yang menyukai dunia trekking.

2. Mainkan air

Selain menikmati medan trekking, wisatawan juga bisa menikmati airnya yang jernih dan sejuk, khususnya bagi wisatawan yang menyukai permainan air. Wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mandi, berenang, berendam, atau sekedar bermain di sungai.

Merasakan rasa dingin air terjun sangat menarik untuk dilakukan sambil berendam. Di sisi lain, wisatawan juga bisa menikmati kejernihan air terjun eksotis nan cantik ini. Kejernihan air air terjun cantik di Bogor ini bisa dinikmati wisatawan sambil berenang menyusuri sungai. Tentunya hal ini menjadi sensasi tersendiri bagi para pecinta olahraga renang.

Wisatawan yang mengajak anaknya mengunjungi eksotisme Air Terjun Leuwi Asih juga sangat direkomendasikan. Air terjun ini tergolong sangat aman dan ramah anak karena kedalaman sungai di air terjun ini juga relatif dangkal, sehingga sangat cocok dijadikan wisata air untuk anak kecil yang berkunjung.

3. Berburu Foto di Curug Leuwi Asih

Selain menikmati hiking dan bermain air, wisatawan juga bisa mengabadikan setiap momen wisata air terjun yang indah dan eksotik ini. Dengan panorama yang begitu indah dan eksotik sehingga wajib untuk mengabadikannya di smartphone masing-masing.

Saat ini, memang belum lengkap jika perjalanan tidak diberkahi dengan pelestarian momen. Nah, Air Terjun Leuwi Asih yang menawan ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang menyukai fotografer, apalagi dengan latar belakang keindahan alam.

Adanya keindahan di setiap sudut yang dihadirkan turut memperindah hasil foto yang didapat. Apalagi latar belakang bebatuan yang cukup besar dan air yang mengalir juga menambah nilai eksotis pada foto tersebut. Dengan mendapatkan foto cantik maksimal yang bisa diunggah ke akun media sosial masing-masing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curug Leuwi AsihFoto oleh Yudha Kurniawan Ok di Facebook

Selain memiliki keindahan dan hal yang menarik, wisata air terjun ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti keberadaan villa di sekitar kawasan air terjun. Dengan adanya fasilitas ini sangat memudahkan wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin menikmati suasana air terjun dalam waktu yang lama.

Villanya sendiri juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang ada. Serta letak villanya sendiri juga sangat strategis dan eksotik. Dimana villa ini terletak di deretan bantaran dimana air dapat terlihat langsung turun dari air terjun Leuwi Asih. Keindahan yang dihadirkan villa ini pun membuat wisatawan semakin betah dan enggan untuk pulang.

Selain memiliki vila, wisata air terjun yang indah dan mempesona ini juga dilengkapi dengan gazebo. Dimana gazebo ini bisa digunakan wisatawan untuk duduk sambil menikmati keindahan air terjun yang sangat indah ini. Selain itu, wisatawan juga bisa memesan makanan atau minuman yang ditawarkan.

Inilah wisata Curug Leuwi Asih di Sentul Bogor dengan segudang atraksi, beserta fasilitas yang disediakan. Oleh karena itu tur ini sangat sepadan untuk dijadikan tempat wisata melepas penat dengan mengunjungi wisata alam yang sangat eksotik ini bersama keluarga tercinta dan mengajak anak-anak anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button