Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 Kegiatan Pilihan - WisataHits
wisatahits

Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 Kegiatan Pilihan

Tiket Masuk Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) Purwakarta: Gratis Jam Buka: 17:30 – 21:00 Nomor Telepon: -Alamat: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41111

Taman Air Mancur Sri Baduga bisa dijadikan tujuan wisata saat berlibur di Purwakarta. Atraksi air menari yang dihiasi lampu warna-warni siap menghibur pengunjung yang datang ke sini. Terletak tidak jauh dari Alun-Alun Purwakarta, terdapat Situ Buleud yang merupakan tempat penampungan air.

Taman hijau yang telah ditata dengan luas tidak kurang dari 4 ha ini menawarkan berbagai aktivitas selain air mancur. Tak heran jika setiap akhir pekan taman hiburan ini selalu ramai dikunjungi. Baik oleh pengunjung lokal maupun wisatawan dari daerah sekitar seperti Bandung dan Jakarta.

Jam dan jadwal air mancur

Pertunjukan air mancur ditutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Taman Sri Baduga sendiri buka setiap hari karena merupakan fasilitas umum. Namun, pertunjukan air mancur hanya dapat dilihat setiap malam dalam seminggu.

Jam Buka Air Mancur Taman Sri Baduga
air mancur 17.30 – 21.00

Baca: Tiket Masuk Cikao Purwakarta Park dan 6 Aktivitasnya

Biaya masuk

Karena ini adalah taman kota dan ruang publik, tidak ada tiket masuk tetap untuk menikmati kawasan ini. Wisatawan datang untuk mencari tempat terbaik untuk mengagumi keindahan Air Mancur Buleud.

Atraksi dan Aktivitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Seperti namanya, daya tarik utama taman rekreasi keluarga ini adalah pertunjukan air mancur. Namun jangan salah, banyak aktivitas wisata yang masih bisa dilakukan di sini. Kunjungan kuliner hingga piknik dan relaksasi bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan

Atraksi Air Mancur

pertunjukan air mancur di Sri Baduga Purwakartapertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga Purwakarta. foto: googlemap/Johanes Jenito

Pertunjukan air mancur menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Menggabungkan pencahayaan dan pergerakan air mancur setinggi 6 meter, sangat menarik untuk diamati. Pertunjukan air mancur berlangsung setiap hari Sabtu. Pada hari ini, pengunjung dapat melihat pertunjukan air mancur sebanyak dua kali.

Pertunjukan air mancur berlangsung di malam hari. Yang pertama bisa dilihat pada pukul 19.30 WIB. Sedangkan pertunjukan kedua bisa dinikmati pada pukul 20.30 WIB. Tidak jarang pengunjung menjadi sangat ramai saat atraksi ini berlangsung.

Selamat menikmati Sate Maranggi

Taman Air Mancur Sate maranggi Sri BadugaSelain atraksi air mancur, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner sate maranggi di sekitar taman.

Sate Maranggi sendiri merupakan salah satu kuliner khas Purwakarta. Rasa sate ini dibedakan dengan bumbu yang digunakan sebelum dimasak. Setelah dibakar, sentuhan saus kacang menambah kenikmatan tersendiri.

Di sini, pengunjung bisa menikmati sate maranggi sambil melihat air mancur. Pasalnya, di seberang Situ Buleud terdapat Kampung Sate Maranggi. Kampong Sate Maranggi buka setiap hari Jumat dan Sabtu, jadi bisa jadi teman santai di Situ Beleud.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Jatiluhur Water World Purwakarta

Spot foto menarik

Patung Sri Baduga di malam hariPatung Sri Baduga Mahara menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung taman air mancur ini. Foto: Google Maps/Yoga Pratama

Taman hiburan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto, terutama pada malam hari. Pemandangan pertunjukan air mancur tidak bisa diabaikan untuk diabadikan. Selain di malam hari, banyak pengunjung juga yang berfoto di pagi/sore hari.

Misalnya di bagian depan terdapat tulisan “Taman Air Mancur Sri Baduga”. Atau berfoto dengan latar belakang patung Sri Baduga Mahara di tengah Situ Beleud.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Seru Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Piknik di Taman Air Mancur Sri Baduga

Pengunjung bisa bersantai di sekitar kawasan taman Sri Baduga. Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang nikmat atau sekedar duduk dan ngobrol. Selain itu, di kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang indah dengan banyak pepohonan dan patung.

Taman wisata ini juga cocok untuk piknik keluarga. Pengunjung dapat membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Sambil menikmati waktu bersama keluarga, Anda bisa mengajak anak-anak bermain, misalnya lari-lari di taman.

Pemandangan matahari terbit

Saksikan matahari terbit dari taman di pagi hariPak foto: instagram/purwakarta.pisan

Selain jogging, pengunjung yang datang pada pagi hari bisa menikmati matahari terbit. Rona kuning akan menambah keindahan Taman Sri Baduga. Sambil menikmati matahari terbit, pengunjung juga bisa bersantai. Misalnya, melakukan pemanasan atau yoga untuk kesehatan tubuh.

Latihan

Taman ini juga berfungsi sebagai fasilitas olahraga. Pengunjung yang datang terutama pada pagi hari bisa berjalan kaki atau jogging di jogging track. Tidak jarang di Sri Baduga juga ditemukan kelompok-kelompok yang menyelenggarakan latihan bersama.

Pengunjung juga bisa bersepeda di area taman. Namun, pengendara sepeda harus berhati-hati karena banyak pengunjung yang melakukan aktivitas lain. Salah satunya adalah dengan berlari, agar tidak merugikan pengunjung lain.

Fasilitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Di sekitar sana, Beleud dilengkapi dengan kursi untuk menonton pertunjukan. Fasilitas lainnya meliputi toilet, mushola dan pintu masuk khusus untuk lansia, difabel dan ibu hamil.

Meski belum ada ruang makan khusus yang dibangun oleh pemerintah, namun sudah banyak warung di kawasan wisata tersebut. Sedangkan untuk parkir, pengunjung harus siap memarkir kendaraannya di pinggir jalan karena area parkirnya tidak cukup luas.

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman hiburan ini terletak di kawasan Situ Beleud. Tepatnya di selatan negeri, Purawakarta, Nagri Selatan, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button