7 Tempat Wisata Dieng Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Inilah Spot Sunrise Terbaik di Asia Tenggara - WisataHits
Jawa Tengah

7 Tempat Wisata Dieng Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Inilah Spot Sunrise Terbaik di Asia Tenggara

Koranmemo.com – Kawasan sekitar Dieng menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Ada banyak rekomendasi wisata di Dieng, menyuguhkan pesona alam yang memukau dengan kawasan yang sejuk dan sejuk.

Selain itu, beberapa destinasi wisata Dieng juga dikemas dengan nilai sejarah dan budaya yang tentunya menambah daya tarik bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Dieng yang direkomendasikan dan populer, yang bisa menjadi rekomendasi liburan bersama teman atau keluarga.

Area Candi Dieng (Instagram/Desa Wisata Dieng)

Dieng menyimpan kekayaan sejarah dan budaya pada masa peradaban Hindu yang masih bertahan di kawasan kompleks candi Dieng, Banjarnegara.

Kompleks candi ini terdiri dari tiga kelompok candi yaitu Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Bima dan Candi Arjuna.

Pada acara-acara tertentu yang diadakan di kawasan Candi Arjuna setiap tahunnya, Anda dapat menyaksikan upacara Ruwatan anak-anak Bajang atau anak-anak Dieng yang berambut gimbal.

Telaga Varna (Instagram @jhoe.photograf)

Telaga Varna sangat populer di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan keunikan warna air danau yang seolah-olah berubah-ubah tergantung cuaca dan pembiasan cahaya.

Anda bisa melihat perubahan warna merah, putih, biru, ungu dan hijau di danau ini.

Tempat wisata Telaga Warna ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Danau Pengilon (Instagram/Andridiary)

Danau Pengilon berbatasan dengan Danau Warna, keduanya berada dalam satu areal yang sama, sehingga disebut Danau Kembar.

Meski terletak di sebelah Telaga Warna yang memiliki warna khas, Telaga Pengilon selalu jernih seperti kaca yang tidak berubah warna.

Jika Anda ingin spot terbaik untuk melihat Teliga Pengilon dan Telaga Varna, Anda bisa mendaki Batu Ratapan Angin yang berada di sebelah timur Telaga Varna.

Pesona Wisata Alam – Kawah Sikidang (instagram/@melmeel_09)

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata yang sedang populer saat ini. Wisata ini merupakan kawah gunung berapi dari letusan gunung berapi yang masih aktif.

Wisatawan dihimbau untuk menggunakan masker saat berkunjung ke Wisata Kawah Sikidang. Hal ini untuk menghindari menghirup gas beracun yang tampak seperti asap putih.

Di satu titik di kawah terdapat kolam air hangat tempat telur dapat direbus hanya dalam 5 menit. Dan yang menarik adalah kehadiran anak-anak berambut gimbal di tempat ini.

Batu Pemandangan Angin Melolong (Instagram/wonosobohitz)

Sebuah piramida dr batu kasar di bukit timur Telaga Varna. Batu Pandang Angin Ratapan merupakan tempat yang strategis untuk melihat pemandangan Telaga Varna dan Telaga Pengilon.

Di atas batu Anda bisa merasakan siulan atau gemerisik seperti deru angin yang bertiup melalui dedaunan.

Keunikan suara inilah yang membuat nama objek wisata tersebut bernama Batu Ratapan Angin. Disini kamu bisa berfoto dengan latar belakang panorama bukit yang indah.

6. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir (nrfarid_)

Para pecinta panorama sunrise tentunya tidak bisa menghindari untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Bukit Sikunir merupakan tempat terbaik dan paling strategis yang dipercaya sebagai tempat sunrise terindah di Asia Tenggara.

Berada di ketinggian sekitar 2.263 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir menjadi destinasi asik untuk menikmati pemandangan Dataran Tinggi Dieng, termasuk Danau Cebong.

Bukit ini terletak di sebelah timur Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

7. Museum Kaliasa

Museum Kaliasa (Instagram/Piknik Mendadak)

Selain liburan, Anda bisa menambah pengetahuan sejarah Dieng di Museum Kaliasa yang terletak di seberang kompleks Candi Dieng.

Ini dia rekomendasi tempat wisata di Dieng yang bisa kamu jadikan referensi liburan bersama keluarga dan teman-teman.***

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button