Taman Merapi - WisataHits
wisatahits

Taman Merapi

Taman Merapi

Merapi Park atau The World Landmark Merapi Park adalah salah satu dari tempat wisata di jogja yang mengusung konsep wisata edukasi dan taman rekreasi.

Selain menikmati keindahan bunga berwarna-warni, Anda juga dapat melihat dan mempelajari sejarah bangunan bersejarah dunia dan berfoto bersama bangunan tersebut.

Nah, apa serunya liburan di Taman Merapi Jogja dan apa yang dapat Anda lakukan? Yuk, ikuti penjelajahan kami salah satu tempat wisata paling keren dan favorit di Jogja ini.

taman-merapi-yogyakarta

Sekilas tentang Merapi Park Jogja

Tidak bisa dipungkiri Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Di kota yang dikenal dengan kota gudeg ini terdapat berbagai jenis tempat wisata mulai dari wisata alam hingga taman hiburan.

Mengingat hal tersebut, baru-baru ini, pada tanggal 25 Juni 2017, di Jogja dibuka sebuah taman bermain bertema objek wisata baru yang dilengkapi dengan taman bunga dan replika bangunan bersejarah di seluruh dunia sebagai daya tarik utama.

Merapi-parc-sleman

Menyasar para pengunjung milenial yang menyukai fotografi, tempat ini menawarkan berbagai spot foto yang tentunya sangat menarik untuk dicoba.

Alamat dan Rute Menuju Merapi Jogja Park

Lokasi atau alamat lengkap Merapi Park Jogja berada di Jalan Kaliurang KM.22, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini dari pusat kota Jojga, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 48 menit berkendara melalui Jalan Palagan Pelajar Tentara dengan jarak tempuh sekitar 23,3 kilometer.

Sementara itu mengenai akses jalan ke Merapi Jogja Park, Anda dapat menggunakan berbagai moda transportasi. Jalan yang Anda lewati cukup bagus, di mana semua jalurnya hangat.

Jalan Menuju Merapi Jogja Park

Merapi-park-2019

Adapun untuk rute menuju Merapi Park Jogja, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Jogja ke arah utara melalui Jalan Abu Bakar Ali.

Dari sana, lanjutkan perjalanan menuju bundaran Universitas Gajah Mada (UGM) melalui Jalan Cik Di Tiro.

Sampai di bundaran UGM, belok kiri lalu lanjutkan ke perempatan jalan lingkar dengan jalan Persatuan.

Nah dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan anda ke utara melalui Jalan Kaliurang sampai anda melewati Jalan Museum Gunung Merapi yang merupakan jalan terakhir untuk mencapai lokasi Merapi Jogja Park.

alamat-merapi-taman-jogja

Untuk memudahkan Anda dalam mencari rute terbaik menuju tempat wisata di The World Landmarks Merapi Park, Anda dapat mengakses rute tersebut melalui aplikasi Google Maps.

Untuk referensi, berikut ini Peta lokasi objek wisata Merapi Park Sleman yang kami ambil dari Google Maps:

Jam operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari pada hari biasa atau pada hari libur. Anda dapat melihat jam operasional di tabel Jam buka Taman Merapi berikut ini:

Hari Jam operasional
Senin-Jumat (kecuali Selasa) 08.30-17.00 WIB
Sabtu-Minggu dan hari libur nasional 09.00-16.30 WIB

Harga tiket

tiket-antar-merapi-taman

Bisa dikatakan harga tiket masuk Merapi Jogja Park cukup terjangkau dibandingkan dengan yang akan Anda temukan di dalamnya.

Detail harga tiket bisa kamu lihat di bawah ini:

Hari Harga tiket
Hari kerja Rp15.000 / Orang
Hari libur Rp 20.000 / Orang
Kendaraan Harga tiket
Taman air anak-anak Rp 10.000
Replika Taman Hewan Rp 10.000

Selain membayar tiket masuk dan tiket transportasi, Anda yang datang dengan kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus.

Fasilitas dan wahana

peralatan-merapi-taman

Fasilitas dan wahana wisata di The World Landmarks Merapi park tentunya cukup lengkap.

Selain instalasi berbayar, di sini juga disiapkan beberapa instalasi gratis seperti:

  • Tempat parkir
  • kabin liburan
  • kamar kecil
  • Belvedere
  • Tempat sampah
  • kopi

Kemudian untuk wahana wisata, di lokasi wisata Merapi Park Jogja terdapat berbagai jenis wahana yang bisa dijelajahi pengunjung, seperti spot foto berupa bangunan atau replika monumen terkenal dunia, lazy bench, taman bunga, jempringan, replika taman hewan dan taman air untuk anak-anak.

Spot foto di Merapi Jogja Park

Meskipun Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti di tempat wisata romantis di Jogja ini, lokasi yang tersedia di tempat-tempat wisata di Merapi Park sebenarnya lebih cocok untuk wisata fotografi. Memang, objek wisata tersebut memang lebih menyasar kalangan anak muda yang gemar berbagi foto di jejaring sosial.

Berikut beberapa spot foto menarik di Merapi Park Jogja:

1. Gerbang Brandenburg

Merapi-park-Brandenburg Gate

Spot foto pertama yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Merapi Park Jogja adalah spot Brandenburg Gate. Tempat ini berupa gapura yang terletak di pintu masuk objek wisata Merapi Park.

Ternyata, wahana atau spot ini merupakan miniatur dari monumen sejarah terkenal yang bentuk aslinya ada di Jerman sana.

Sebelum atau sesudah membeli tiket, Anda bisa mampir sejenak di tempat ini untuk mengambil beberapa foto.

2. Menara Pisa

Merapi-taman-menara-pisa

Siapa yang tidak kenal dengan tugu ikonik yang bernama Menara Pisa?

Jika selama ini hanya bisa dilihat di film-film yang syuting di Italia atau melalui gambar di media cetak dan online, kini Anda bisa berpose dengan latar belakang miniatur Menara Miring Pisa di Merapi Park Jogja.

Meski hanya berupa miniatur, replika Menara Miring Pisa di taman The World Landmark Merapi ini akan membuat foto Anda unik dan indah.

3. Menara Eiffel

Merapi-park-eiffel-tower

Monumen ini hampir setenar Menara Pisa. Anda juga tahu dan ingin berfoto di dekat menara yang hanya ada di Prancis ini, bukan?

Nah, kabar baiknya menara ini juga memiliki miniatur atau replikanya di Merapi Park, jadi kamu juga bisa berfoto dengan gaya apapun dengan miniatur Menara Eiffel ini jika berkunjung ke sana.

4. Patung Liberty

Mérapi-patung-taman-kebebasan

Monumen paling terkenal dan salah satu monumen nasional Amerika Serikat, juga ada miniaturnya di lokasi wisata Merapi Park Jogja. Bahkan miniatur Patung Liberty ini sangat mirip dengan aslinya sehingga mungkin tidak ada yang akan mengira bahwa Patung Liberty yang ada bersama Anda dalam gambar hanyalah replika.

5. Kincir Angin Belanda

taman-merapi-belanda-kincir angin

Ini adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan untuk digunakan sebagai latar belakang foto. Di sekelilingnya juga telah disiapkan dekorasi berupa bunga tulip untuk memberi warna pada foto yang Anda dapatkan di tempat ini.

Uniknya, bunga tulip ini juga bukan bunga asli melainkan hanya hiasan foto.

6. Kotak PO London dan Bilik Telepon

merapi-taman-Phone-Box-London

Meski tidak memuat cerita sejarah, namun kedua benda ini sangat terkenal dan merupakan benda ikonik di Inggris.

Bagi Anda yang penasaran dengan kedua objek ini dan ingin berfoto dekat dengannya, kini Anda bisa menemukan replikanya di lokasi-lokasi wisata di Merapi Park.

7. Burj Al Arab

taman-merapi-burj-al-arab

Wahana atau spot ini merupakan spot foto terbaru yang dibangun untuk menambah pilihan spot foto bagi pengunjung.

Jika Anda tidak tahu, Burj Al Arab adalah hotel tertinggi ke-3 di dunia, yang terletak di Dubai.

Nah, jika ke Dubai tidak memungkinkan, maka datang saja ke tempat wisata Merapi Park dan berfoto-foto di tempat miniatur Burj Al Arab ini.

Selain tujuh spot di atas, di lokasi wisata The World Landmarks Merapi park masih ada beberapa spot foto lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Spot yang dimaksud antara lain Indian Village, Big Ben London, Pagoda, New York Love, Masha and Bear Cartoon Characters, Fountains and Love Frame Spots.

merapi-taman-view

Baca Juga : Tempat Wisata Di Jogja

Bagaimana ? cukup lengkap dan menarik, di sebelah kanan, wahana yang ada di tempat wisata Merapi Park Jogja ini. Oleh karena itu, yuk segera atur jadwal dan ajak teman atau keluarga kamu untuk berlibur di The World Landmarks Merapi Park.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button