Shopee bersama KLHK menanam bibit pohon kopi dan mendukung potensi ekowisata Desa Ciwaluh, Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Shopee bersama KLHK menanam bibit pohon kopi dan mendukung potensi ekowisata Desa Ciwaluh, Jawa Barat

INFORMASI BISNIS – Shopee bermitra dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) dan masyarakat lingkungan Sangga Buana menanam 1.500 bibit pohon kopi di Desa Ciwaluh di kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui program Shopee Menanam Hutan Indonesia. Bibit pohon kopi ini merupakan hasil transformasi dari panen virtual game populer Shopee Tanam, yang berlangsung dari 30 Juli hingga 5 Agustus 2022, yang merupakan terobosan baru dalam kegiatan perlindungan lingkungan melalui penggunaan teknologi digital.

“Kami mengapresiasi upaya Shopee dalam program Shopee Menanam Hutan Indonesia tahap kedua,” kata Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. orang Irlandia Bambang Supriyanto, M.Si.

Program ini, lanjutnya, merupakan contoh sinergi yang baik antara pemerintah, swasta dan masyarakat.kemitraan publik-swasta) untuk mempercepat kebijakan kehutanan di Indonesia yang dapat memberikan nilai tambah tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi kesejahteraan masyarakat. “Kami berharap di masa depan kita dapat bekerja sama lebih baik untuk melindungi lingkungan sekaligus menambah nilai ekonomi hijau.”

Shopee Planting Hutan Indonesia tahap kedua melibatkan beberapa mitra dari SgopeeFood dan Shopee Xpress.

Pengurus Komunitas Lingkungan Sangga Buana dan konservasionis Aryo Salaka menjelaskan manfaat pohon kopi sebagai tanaman konservasi yang bernilai ekonomi tinggi. “Pohon kopi itu seperti primadona tanaman. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tanaman kopi memiliki fungsi konservasi yang mirip dengan tanaman hutan, yaitu dapat melindungi tanah dan mencegah erosi. Tidak hanya itu, pohon kopi merupakan tanaman produktif karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ujarnya.

Tidak hanya biji kopi sebagai komoditas, tetapi juga daun, batang dan akar dapat membawa manfaat ekonomi yang besar. Program Shopee Tanam Hutan Indonesia menyentuh kedua aspek tersebut dan dapat dijadikan contoh dalam mengambil pendekatan berkelanjutan dan menciptakan dampak positif yang lebih besar,” ujarnya.

Sandi, salah satu petani lokal di Desa Ciwaluh, mengatakan kampanye penanaman pohon kopi yang digagas Shopee merupakan salah satu promosi untuk memperkenalkan ekowisata di Desa Ciwaluh. “Kami sangat berterima kasih atas penanaman 1.500 bibit kopi di Desa Ciwaluh kami.

Penanaman pohon kopi tidak hanya membantu menjaga kelestarian lingkungan khususnya di kawasan Sungai Cisadane agar tetap asri, tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pengenalan Desa Ciwaluh sebagai destinasi ekowisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat yang ingin berobat di alam,” ujarnya.

Ade Mulya, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, mengatakan: “Shopee Menanam Hutan Indonesia tahap kedua merupakan bentuk komitmen jangka panjang. #ShopeeAdaForIndonesia. “Dengan menanam 1.500 bibit pohon kopi, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan di Desa Ciwaluh dan berdampak positif bagi wilayah aliran Sungai Cisadane. Selain itu, kami berharap warga Desa Cisadane yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi dapat memanfaatkan tanaman kopi ini untuk meningkatkan kesejahteraan mereka di masa mendatang.”

Menurutnya, program ini sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung program pemerintah, khususnya terkait percepatan pengelolaan hutan berbasis ekologi, sosial dan ekonomi. “Kami berterima kasih kepada para pengguna yang berpartisipasi dalam permainan Shopee Tanam dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas dukungannya dalam upaya perlindungan lingkungan dengan menggunakan teknologi ini,” kata Ade.

Bekerja sama kembali dengan Komunitas Sangga Buana, Shopee ingin mendukung pelestarian alam dan kesejahteraan petani lokal di Desa Ciwaluh dengan menanam 1.500 bibit pohon kopi.

Shopee Planting Hutan Indonesia tahap kedua melibatkan sejumlah ride partner ShopeeFood dan kurir Shopee Xpress. Puluhan peserta turut ambil bagian dalam acara penanaman pohon ini, antara lain mitra ride ShopeeFood dan kurir Shopee Xpress. “Kami sangat senang dengan antusiasme para driver, partner dan kurir kami yang mengikuti kegiatan penanaman hari ini.”

kampanye #ShopeeTanamHutanIndonesia merupakan inovasi baru yang memadukan teknologi digital berupa game Shopee Tanam untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Bibit Pohon Konservasi yang dipilih oleh pengguna Shopee Tanam dalam game akan diubah menjadi Bibit Pohon Kopi untuk ditanam di Desa Ciwaluh. gerakan sebelumnya #ShopeeTanamHutanIndonesia juga berhasil dilakukan di Hutan Kota Jakarta April lalu dengan penanaman lebih dari 2.000 bibit pohon.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button