Ridwan Kamil menyebut Situ Gede Istimewa, bisa menjadi tempat wisata - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil menyebut Situ Gede Istimewa, bisa menjadi tempat wisata

Ridwan Kamil menyebut Situ Gede Istimewa, bisa menjadi tempat wisata

Membelah


tweet

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, BOGOR – Gubernur Jawa Barat pada Kamis (19/1/2023) meresmikan revitalisasi Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Revitalisasi Situ Gede didukung dari anggaran Provinsi Jawa Barat Rp 7 miliar.

Dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadikan Situ Gede sebagai destinasi wisata, konservasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Ada dua hal yang harus saya lakukan di Kota Bogor tercinta, peresmian IGD (Blok I) senilai Rp50 miliar dari dana provinsi dan kali ini peresmian revitalisasi Situ Gede senilai Rp7 miliar. Tempat ini spesial,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya, Kamis (19/1/2023).

Kang Emil berharap Situ Gede menjadi daya tarik destinasi wisata di kota Bogor. Selain itu, ia juga yakin tempat ini akan ramai pengunjung.

“Tentunya diharapkan ini menjadi daya tarik, karena masyarakat yang ke Kota Bogor memiliki minat kuliner dan wisata. Sekarang dengan fasilitas yang lebih baik, ada jogging track, rest area, saya rasa tidak banyak kota di Jabar yang padat penduduknya memiliki danau khusus ini,” katanya.

Ia mengungkapkan, Situ Gede merupakan danau alami di kawasan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (PUSLITBANG), sebagai pengelola cagar alam yang dikelola sebagai objek wisata lokal.

Menurutnya, masih banyak danau atau danau di Jabar yang perlu diperkuat fungsional dan potensi lainnya. Ia berharap peresmian Situ Gede dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia pun berpesan kepada Walikota Bogor untuk memperkuat dan meningkatkan potensi wisata di Situ Gede.

“Titipkan ke wali, aktifkan, hidupkan kembali kegiatan Agustus, Cap Go Meh, semua yang berhubungan dengan air perahu naga dan lain-lain. Saya rasa itu akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa karena airnya,” ujarnya.

“Turut amanahkan kebersihan dan ketertiban serta sampaikan kepada warga tahun terakhir saya sebagai gubernur Jawa Barat, kurang lebihnya mohon maaf, tetapi kemudian di mana ada kesempatan, saya akan terus mengembangkan kota Bogor sesuai aspirasi masyarakat dan walikota,” imbuhnya.

Sementara itu, Dicky Ahmad Sidik, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, mengatakan dengan langkah antisipasi tersebut, Pemprov Jabar yakin kawasan itu bisa meningkatkan jumlah wisatawan.

Menurut Dicky, karena lokasi Situ Gede dekat dengan kota, maka kawasan pendidikan seperti IPB University dan pintu masuk juga mudah dijangkau.

Dijelaskannya, Situ Gede merupakan gabungan dari danau-danau di sekitarnya yang terletak di Desa Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Diantaranya adalah Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya penghematan sumber daya air dan pengendalian banjir.

“Ruang lingkup pekerjaan TA 2021 di lokasi ini meliputi pekerjaan persiapan, tempat parkir, jalur pejalan kaki, plaza, jogging track, gerbang, landscape, shelter, toilet, mushola, tempat swafoto, sumber air (perbaikan lereng situ dan pengerukan/normalisasi jalan). Situ Gede),” tutupnya. [] ricky

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button