Sumenep Putzen menyajikan puluhan destinasi wisata, ada yang terbaik kedua di dunia lho.. - WisataHits
Jawa Timur

Sumenep Putzen menyajikan puluhan destinasi wisata, ada yang terbaik kedua di dunia lho..

KEINDAHAN SUMENEP : Salah satu pantai terindah di Kabupaten Sumenep, destinasi wisata baru di Jawa Timur.  |  Foto: ISTKEINDAHAN SUMENEP : Salah satu pantai terindah di Kabupaten Sumenep, destinasi wisata baru di Jawa Timur. | Foto: IST

– Iklan –

SURABAYABarometerjatim.com – Achmad Fauzi, Bupati Sumenep, optimistis kabupaten yang dipimpinnya akan menjadi destinasi wisata baru di Jawa Timur, bahkan berskala nasional.

Pasalnya, kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini memiliki berbagai tempat wisata menarik, seperti pantai, Desa Wisata Keris di Aeng Tongtong, hingga Pulau Giliyang yang memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania.

“Kami yakin Sumenep memiliki pesona tersendiri. Beberapa tujuan kami bukan hanya laut, tapi ada warisan, laut alami dan buatan. Ini yang membuat kami yakin Sumenep akan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Jawa Timur,” ujarnya di Surabaya, Minggu (20/11/2022).

Politisi PDIP itu menjelaskan, total ada 17 destinasi wisata di Sumenep. Bahkan, beberapa wisata unggulan di kawasan ini sudah diakui secara nasional.

Desa Aeng Tongtong, misalnya, berhasil memecahkan rekor MURI sebagai desa dengan empu keris terbanyak di dunia. Selain itu, Desa Aeng Tongtong juga dinobatkan sebagai juara 1 ADWI 2022 untuk kategori atraksi pengunjung.

“Contohnya kemarin kita juara 1 hutan mangrove dari kementerian desa. Selain itu, ada Desa Wisata Keris di Aeng Tongtong yang produk Kerisnya menjadi cinderamata resmi KTT G20 Bali, sehingga meyakinkan kita bahwa Sumenep akan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi,” imbuhnya.

Bersiaplah untuk tur kota

Bupati yang gemar memakai blangkon ini mengatakan, untuk para penggemar snorkeling dan Menyelam bisa menyelam di Pulau Gili Labak yang menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah.

“Ada Gili Labak kalau mau Menyelam dan snorkeling yang menurut kami tidak kalah dengan Bunaken. Lalu ada Pantai Sembilan, Pantai Salopeng, Pantai Lombang dan Pantai Kasogi yang akan kita kerjakan nanti wisata kota,” dia menambahkan.

Untuk mendorong pengunjung, Pemkab Sumenep akan segeraMulailah Kalender wisata di akhir tahun 2022. Ini termasuk Sepeda Menyenangkan Pulau Oksigen dan Pantai Marathon.

“Ada juga Festival Tong Tong karena merupakan warisan budaya tak benda milik Sumenep. Kemudian ada Budaya Sumenep, Busana Adat Sumenep, Batik Sumenep dan Festival UMKM,” imbuhnya.

Menurut dia, diperkirakan akan ada 20 event dalam setahun untuk mendongkrak pariwisata di Sumenep. Berbagai hal terus dilakukan, termasuk pembangunan infrastruktur pendukung yang terus dikebut untuk memudahkan akses wisatawan.

Melihat beragamnya potensi wisata yang dimiliki Sumenep, Fauzi mengatakan tak heran jika bisnis perhotelan di Sumenep mulai berkembang pesat. Hotel bintang empat sudah dalam pembangunan.

“Sudah ada dua hotel bintang tiga plus, sedangkan hotel bintang empat masih dalam tahap pembangunan,” jelasnya.

Karena itu, Fauzi optimis kunjungan wisatawan ke Sumenep akan kembali normal pada 2023 seperti sebelum pandemi Covid-19.

kehendak Tuhanmulai tahun depan jumlah wisata Sumenep akan kembali bahkan meningkat dibandingkan sebelum Covid-19,” harapnya.

  • DESTINASI PARIWISATA DI SUMENEP
    1. Pantai Lombang
    2. Pantai Slopeng
    3. Gua Soekarno
    4. Pulau Giliyang
    5. Pulau Gili Labak
    6. Sembilan Pantai
    7. Pantai E-Kashogi
    8. Hutan bakau
    9. Bukit Tawaf
    10. Desa Keris
    11. Wisata Buah Gading
    12. Istana
    13. Asta Tinggi
    14. Bukit Tinggi
    15. Taman Tektona
    16. Gumuk Pasir Slopeng
    17. Kasur pasir

» Baca berita terkait pariwisata. Baca juga tulisan terukur Rofiq Kurdi lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button