Wow! Video Anak Rusa Terluka di Taman Balekambang Solo Beredar di WA - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Wow! Video Anak Rusa Terluka di Taman Balekambang Solo Beredar di WA – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tangkapan layar video seekor rusa di Taman Balekambang, Solo, yang menderita cedera kaki kiri, terlihat duduk lemas. (Spesial)

Solopos.com, SOLO – Sebuah video yang memperlihatkan seekor anak sapi dalam kondisi mengenaskan akibat cedera kaki di Taman Balekambang Solo baru-baru ini beredar melalui pesan WhatsApp (WA).

pemantauan Solopos.comPada Kamis (28 Juli 2022) video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan kondisi seekor anak rusa yang sedang duduk di tanah. Video tersebut menunjukkan bahwa kaki kiri rusa terluka.

Promosi Gabung JKN, BPJS Kesehatan Boyolali: Banyak Keuntungan Bagi Perusahaan Taat

Anak sapi itu terlihat bersama seekor rusa dewasa yang mungkin adalah induknya. Video tersebut diduga direkam atau didokumentasikan oleh pengunjung. “Oh Solo bagaimana dengan Solo kalau ada yang sakit mereka tidak peduli,” ujar suara dalam video tersebut.

Saat dimintai tanggapannya, Kepala UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang Solo Sumeh membenarkan bahwa video rusa yang terluka itu memang diambil di Taman Balekambang Solo. Dia juga mengkonfirmasi bahwa salah satu rusa mengalami cedera atau sakit di kakinya.

Menurutnya, usia rusa tersebut kurang dari sebulan. “[Umur anak rusa yang sakit] Sudah sekitar satu bulan dan tidak ada,” jelasnya Sumeh memperkirakan video itu diambil pekan lalu.

Baca Juga: Balekambang Solo Direvitalisasi, Ketoprak – Di Mana Pertunjukan Balet?

Sudah dirawat

Namun dia tidak mengetahui siapa yang mengambil video tersebut dan mengunggahnya ke media sosial atau mengirimkannya melalui pesan WA. Menurutnya, yang pasti kondisi anak rusa sudah mulai membaik meski belum sepenuhnya pulih.

“Kami rutin melakukan pengecekan. Kami bawa ke Puskeswan untuk diperiksa dan dimasukkan ke kandang juga,” imbuhnya. Anak rusa juga mendapat asupan makanan tambahan dari minum susu dan makanan lainnya.

Sumeh berharap pengunjung tidak mempersoalkan komitmen UPT kawasan wisata Balekambang Solo dalam memelihara rusa dan satwa lainnya di taman tersebut. “Agar pengunjung tidak perlu meragukan komitmen kita terhadap hewan dan tumbuhan,” harapnya.

Baca juga: Taman Balekambang Solo Dianggap Keramat, Pengunjung Kesurupan

Adapun penyebab luka anak sapi tersebut, Sumeh menduga hal itu karena seekor rusa jantan dewasa mengamuk saat sedang berahi. Karena saat ini, menurutnya, kancil sedang berahi.

“Biasanya kancil marah-marah kalau kepanasan. Ini adalah bulan-bulan rusa panas. Rusa jantan ganas dalam panas. Kadang-kadang bahkan pohon-pohon marah, ”jelasnya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button