BMKG memprakirakan hujan ringan hingga sedang pada Malam Tahun Baru untuk wilayah Jabodetabek - WisataHits
Jawa Barat

BMKG memprakirakan hujan ringan hingga sedang pada Malam Tahun Baru untuk wilayah Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca yang akan melanda wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menjelang perayaan tahun baru pada 31 Desember 2022.

Koordinator Prakiraan dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin menjelaskan, prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek bukanlah badai, melainkan cuaca ekstrem yang kemungkinan akan melanda wilayah tersebut pada pergantian tahun.

“Yang perlu diperjelas, fenomena cuaca yang terjadi di Jabodetabek, khususnya pada periode Nataru 2022/2023, bukanlah badai, melainkan potensi cuaca ekstrem,” kata Miming dalam keterangan yang diperoleh merdeka. com, Rabu (28/12/2022).

Miming mengatakan, cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Selain itu juga berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, genangan, tanah longsor dan gelombang tinggi.

Sementara itu, berdasarkan hasil prakiraan cuaca BMKG periode 2022 lalu, Jabodetabek berpotensi hujan ringan hingga sedang.

“Kami asumsikan pada 31 Desember 2022 di wilayah Jabodetabek intensitas hujan ringan hingga sedang masih mungkin terjadi,” ujarnya.

Berikut daftar prakiraan cuaca 31 Desember 2022 untuk Jabodetabek:

– Potensi hujan intensitas rendah di sebagian wilayah Tangerang, Depok, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Bekasi Pusat.

– Potensi hujan sedang ada di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, dan Bekasi Selatan. Potensi hujan lebat di Kep. Seribu dan Bekasi utara.

-Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat potensi hujan sedang terjadi di sebagian besar Jawa Barat. Potensi hujan lebat berada di Jawa Barat bagian tengah. Kemudian Jawa Tengah Potensi hujan ada di bagian utara.

Reporter: Bakhtiarudin Alam/Merdeka.com

Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan BNPB mengantisipasi banjir di awal tahun 2023. Langkah ini diambil dengan latar belakang hujan lebat yang mengguyur DKI Jakarta pada akhir tahun 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button