Kebun Raya Purwodadi, nikmati serunya berwisata sambil belajar di Kota Pasuruan, Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kebun Raya Purwodadi, nikmati serunya berwisata sambil belajar di Kota Pasuruan, Jawa Timur

Kebun Raya Purwodadi, nikmati serunya berwisata sambil belajar di Kota Pasuruan, Jawa Timur

JURNALACEH.COM- Taman Rya Purwodadi merupakan tempat konservasi berbagai jenis tumbuhan, yang juga digunakan sebagai tempat penelitian dan wisata alam yang bernilai edukasi.

Tempat ini memiliki luas sekitar 85 hektar dan berada di ketinggian 300 m dpl. Ada lebih dari 2.000 spesies tumbuhan dengan total 11.000 spesies menghuni kebun raya ini. Koleksi pohon dan tumbuhan disini antara lain kacang-kacangan, anggrek, palem, bambu, paku, tanaman obat dan lain-lain.

Kebun Raya Purwodadi atau dikenal juga dengan nama Hortus Ilkim Kering Porwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking, salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Bogor. Dua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bali.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Binjai Terbaru dan Populer 2023

Awalnya Kebun Raya Purwodadi digunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan, kemudian pada tahun 1954 mulai menerapkan dasar-dasar berkebun dengan mulai membentuk koleksi tanaman.

Kebun Raya Purwodadi pertama dibuka untuk umum pada 10 Maret 1963. Usai peresmian pembukaan untuk umum, pembangunan fasilitas di kebun raya ini semakin digalakkan. Melengkapi koleksi, menambah koleksi hingga menukarkan bibit merupakan program selanjutnya bagi pengelola Kebun Raya Purwodadi.

Harga tiketnya sendiri cukup murah yaitu Rp 15.500 di hari biasa dan Rp 25.500 di akhir pekan. Tiket ini berlaku untuk pengunjung domestik dan mancanegara.

Ada beberapa taman yang bisa anda kunjungi di Kebun Raya Purwodadi diantaranya :

1. Anggrek rumah kaca

Baca Juga: 6 Daftar Wisata Bandung Terbaru Paling Banyak Dikunjungi Tahun 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button