Pariwisata di 4 wilayah di Jawa Timur siap dikembangkan, ada Pacitan dan Ngawi - WisataHits
Yogyakarta

Pariwisata di 4 wilayah di Jawa Timur siap dikembangkan, ada Pacitan dan Ngawi

MALANG, KOMPAS.com – Badan Pelaksana Otoritas Borobudur atau BPOB saat ini sedang memperluas pengembangan pariwisata di Jawa Timur. Tujuannya adalah pemerataan destinasi wisata.

Presiden BPOB Indah Juanita mengatakan ada empat wilayah kota/pemerintahan di Jawa Timur yang sedang dikembangkan pariwisatanya, yaitu Ngawi, Magetan, Ponorogo dan Pacitan.

Baca Juga: 13 Pantai Dengan Sunset Terindah Di Jawa Timur

Ada beberapa hal yang telah dilakukan dalam mengembangkan kawasan pariwisata di Jawa Timur. Di Pacitan misalnya, BPOB berusaha membuat konten kreatif yang bisa dijadikan bagian dari pemasaran pariwisata.

“Di Pacitan kita memperkaya konten, kita bawa fotografer, setelah kita buat mereka serahkan ke Disparity (biro pariwisata) sebagai bahan promosi,” kata Indah dalam wawancara di Universitas Brawijaya, Rabu (24/8/2022).

Beberapa destinasi wisata di Pacitan dinilai berpotensi lebih berkembang, seperti Goa Gong dengan berbagai stalaktit dan stalagmitnya serta Sungai Maron yang sering dikatakan mirip dengan Sungai Amazon di Amerika Serikat.

Keindahan bebatuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna lampu depannya.  Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang akan dikembangkan.Nicholas Ryan Aditya Keindahan bebatuan di Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur dengan warna-warni lampu sorot. Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang akan dikembangkan.

Selain itu, ada beberapa destinasi, misalnya di Kabupaten Ngawi yang juga dinilai mampu dikembangkan, seperti Benteng Pendem atau Benteng Van den Bosch yang sedang direvitalisasi.

Baca Juga: Benteng Ngawi Pendem Dipercantik dengan Wisata Air

Revitalisasi Benteng Pendem kini hampir rampung. Pekerjaan tersebut harus selesai paling lambat Januari 2023.

“Demikian pula, ada situs menarik di Ngawi yang sedang kami kembangkan. Karena di Ngawi juga ada Benteng Pendem Belanda yang menjadi icon baru,” ujarnya.

Pengembangan kawasan pariwisata di Jawa Timur dilakukan berdasarkan amanat Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2017 tentang Kewenangan Pengelolaan Kawasan Wisata Borobudur.

Baca Juga: 6 Tempat Glamping di Jawa Timur yang Cocok untuk Akhir Pekan

Indah menjelaskan, BPOB memiliki peran koordinasi untuk mensinkronisasi dan mendukung pengembangan pariwisata di 30 kota/kabupaten.

Wilayah koordinasi tersebut berada di tiga destinasi pariwisata nasional, yaitu Yogyakarta-Borobudur, Semarang-Karimunjawa dan Solo-Sangiran.

“Empat kabupaten/kota Jawa Timur (yang menjadi fokus pembangunan) berada di Solo-Sangiran, yaitu Solo Raya, Salatiga, Boyolali, Karanganyar, Gunungkidul, Ponorogo, Ngawi, Pacitan dan Magetan,” kata Indah.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button