Air Terjun Coban Talun di Batu sedang dirombak, disiapkan Rp 5 miliar - WisataHits
Jawa Timur

Air Terjun Coban Talun di Batu sedang dirombak, disiapkan Rp 5 miliar

STEIN, KOMPAS.com – Kawasan wisata Air Terjun Coban Talun di Desa Tulungrejo Kota Batu akan direnovasi oleh pemerintah desa setempat. Tujuannya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Kepala Desa Tulungrejo Suliono mengatakan, pihaknya masih menyiapkan konsep rencana dan anggaran perbaikan air terjun yang tingginya sekitar 50 hingga 60 meter itu.

Berbagai hal direncanakan akan diperbaiki, mulai dari taman bunga, permainan anak, pasar wisata, tempat parkir hingga sistem air panas di toilet.

Baca juga: Taman Rekreasi Selecta Kota Batu: Jam Buka, Tiket, Aktivitas

“Mulai 2023 konsepnya tetap wisata alam dan tidak mengubah apapun, hanya menambah minat masyarakat untuk berkunjung,” kata Suliono. Kompas.comSenin (19/12/2022).

Menurutnya, kawasan Coban Talun penting untuk segera dibenahi karena kalah bersaing dengan wisata air terjun lainnya.

Rp 5 miliar untuk memperbaiki Coban Talun

Rencananya, anggaran sebesar Rp 5 miliar akan disiapkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) selama tiga tahun.

“Sudah banyak wisata alam di sekitar Batu dengan kondisi yang lebih baik, seperti Coban Rondo dan Coban Rais yang fasilitasnya lebih banyak, jadi lebih baik kita tingkatkan pelayanan untuk wisatawan juga,” kata Suliono.

Baca Juga: 10 Wisata Kota Batu dan Malang Saat Berkunjung Saat Libur Nataru

Sementara itu, Sugeng Priyanto, pengelola konstruksi Coban Talun, mengatakan saat ini rata-rata pengunjung di hari kerja sekitar 100 orang. Pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, 400 orang dapat dihubungi setiap hari.

Pengunjung yang datang saat ini masih didominasi dari Malang Raya dan daerah Jawa Timur lainnya. Ia berharap menjelang akhir tahun jumlah wisatawan bisa meningkat dibanding hari-hari biasanya.

Kawasan Wisata Air Terjun Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu.Dermaga. Pengawas Situs Coban Talun di Kawasan Wisata Air Terjun Coban Talun di Desa Tulungrejo Kota Batu.

“Memang meningkat dibanding dua tahun terakhir pandemi Covid-19, tapi belum signifikan, masih berkisar 10 sampai 20 persen,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button