Sosialisasi Kebijakan Penyesuaian Harga BBM, Forkopimda Rohul Berikan FGD - Kuliah - WisataHits
Jawa Timur

Sosialisasi Kebijakan Penyesuaian Harga BBM, Forkopimda Rohul Berikan FGD – Kuliah

ROH (BERBICARA) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rokan Hulu menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kebijakan Pengalihan BBM di Aula Kongres Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu, Jumat (9/9/2022).

Kegiatan dibuka oleh Sekda Rohul Muhamad Zaki dan dihadiri Kapolres Rohul AKBP Pangutter Priyo Soegito dan Kajari Rokan Hulu Fajar Haryowimbuko SH MH.

FGD kebijakan penyesuaian harga BBM ini dihadiri oleh pengurus dari organisasi kemahasiswaan, organisasi buruh dan transportasi. Sedangkan narasumber berasal dari kalangan akademisi, kepala dinas sosial PPPA, kepala perindustrian dan perdagangan, dan ketua DPMPD Rohul.

Kapolsek Rohul AKBP Pangutter Priyo Soegito mengatakan, REA ini sebagai upaya untuk menyampaikan kepada masyarakat apa sebenarnya alasan pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM dan upaya apa yang telah dilakukan untuk mengurangi dampak kenaikan harga tersebut.

“Kita harus bereaksi terhadap penyesuaian harga BBM bersubsidi. Bagaimana menjelaskan mengapa pemerintah mengambil kebijakan pengurangan subsidi BBM? Jika ini terus berlanjut akan mengganggu keuangan negara,” kata Kapolres AKBP Pang.

Selain itu, alasan lain kenaikan harga BBM adalah karena banyak subsidi BBM yang tidak tepat sasaran dan tidak dimanfaatkan oleh orang kaya.

“Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan pengalihan subsidi BBM dengan bantuan langsung sebesar Rp 12,4 triliun dan sudah mulai disalurkan kepada keluarga penerima manfaat melalui pos,” katanya.

Selain memberikan bantuan langsung kepada masyarakat kurang mampu, pemerintah juga memberikan subsidi upah sebesar Rp9,6 triliun, dengan 916.000 penerima upah di Provinsi Riau menerima BSU.

“Kami berharap informasi ini dapat dibagikan oleh organisasi kemahasiswaan, tenaga kerja dan transportasi. Dan kami berharap organisasi ini menjadi corong untuk menyampaikan pengertian kepada para terpidana,” kata Kapolres.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rohul Muhamad Zaki dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Rokan Hulu melakukan berbagai upaya untuk mengamankan kebijakan pemerintah pusat, salah satunya mengawasi penyaluran bantuan langsung tunai pemerintah pusat yang digunakan di kantor pos tersebut. kantor.

Untuk mengatasi inflasi dan kelangkaan pangan, pemerintah juga telah menyurati pegawainya hingga ke tingkat desa untuk mendorong pemanfaatan lahan pertanian dan lahan kosong untuk menanam tanaman pemicu inflasi, seperti cabai, bawang merah, sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya.

“Kami juga terus berkoordinasi erat dengan Pemprov Riau untuk melakukan operasi pasar di Rohul karena pemda tidak memiliki kewenangan untuk melakukan operasi pasar,” tambah Sekda.

Selain itu, lanjut Sekda, pemerintah sejuta Rohul telah merealokasi anggaran DAU dan DBH sebesar 2 persen sesuai arahan kebijakan jaring pengaman sosial pemerintah pusat.

“Sudah kami hitung Pemkab Rohul memiliki total inventaris Rp 4 miliar dan saat ini kami sedang menyusun program kegiatan dalam APBD-P 2022 dan menargetkan pembahasan selesai paling lambat 30 September 2022”, dikatakan.

Nantinya, redistribusi 2 persen dari DAU dan DBH akan diarahkan dalam bentuk program jaminan sosial bagi masyarakat, yang tidak tercakup oleh dukungan federal dan negara bagian.

“Termasuk dukungan kepada pemangku kepentingan transportasi, kami juga akan mencari formula dengan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi bagaimana membantu pemangku kepentingan transportasi,” pungkasnya.***

Untuk saran dan informasi tentang CAKAPLAH.com, silahkan email: [email protected]

Source: www.cakaplah.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button