SMP Negeri 1 Payakumbuh, Jambore Pembangunan Karakter Bangsa - WisataHits
Jawa Barat

SMP Negeri 1 Payakumbuh, Jambore Pembangunan Karakter Bangsa

MEMBERI DUKUNGAN: Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Dr. Dasril S.Pd, M.Pd beserta peserta jambore nasional dari Kota Rendang.(IST)

Jambore merupakan rekreasi outdoor edukatif berupa grand pra-kampanye
Penggalang depan di seluruh Indonesia. Sebagai sarana memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengembangkan diri secara mental, intelektual, spiritual dan sosial. Jambore Nasional juga mengajarkan berbagai keterampilan kepramukaan dan mengajarkan cara bersosialisasi.

SMPN 1 Payakumbuh merupakan salah satu peserta pengiriman terbesar kontingen Payakumbuh pada Jambore Nasional XI yang bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur. Para peserta Jambore Nasional Payakumbuh khususnya SMPN 1 Payakumbuh mendapat dukungan penuh dari Pemko Payakumbuh yang diwakili oleh Dr. Dasril, M.Pd, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Peserta Jambore Nasional terpilih dari SMPN 1 Payakumbuh terdiri dari 5 orang yaitu Hasan Fikriy Fadhullah dari Kelas IX.3, Miftahul Jannah dari Kelas IX.3, Alaika Mulki Izzati dari Kelas IX.10, Najwa Raisah Purwana dari Kelas IX. 2 dan Azzahwa Nayla Marfin Kelas VII.1.

Pada tanggal 8 Agustus 2022, peserta Jambore SMPN 1 Payakumbuh melakukan pelepasan lapangan SMPN 1 Payakumbuh yang dipimpin oleh Bapak Defi Marlitra, M.Pd. Kemudian, pada 10 Agustus 2022 pukul 08:00 WIB, para kontestan juga dibubarkan oleh kakak Ka Kwarcap di Balai Kota Payakumbuh. Pukul 10.00 WIB, peserta jambore berangkat dari SMPN 1 Payakumbuh menggunakan bus NPM.

Selama perjalanan kami menghabiskan waktu 3 hari 2 malam. Sesampainya di Buperta, kami segera menurunkan barang-barang kami dan membawanya ke perkemahan. Pada tanggal 12 dan 13 Agustus, seluruh peserta Jamnas mendirikan camping ground dan mendekorasi campsite.

Pada tanggal 14 Agustus, kegiatan pertama bagi seluruh peserta Jambore Nasional adalah upacara pembukaan dan peringatan Hari Pramuka ke-61. Jambore Nasional ini diresmikan oleh Ketua Kwarnas, Budi Waseso.

Di sela-sela acara, seluruh peserta jambore nasional menyaksikan penampilan Saka Dirgantara, sepeda motor terbang modifikasi bertuliskan “11. Jambore Nasional 2022” dan tulisan “Saka Dirgantara” berdiri.

Usai upacara, seluruh peserta Jamnas menyaksikan pentas seni dari daerah Jawa Tengah, dilanjutkan dengan penampilan marching band AKABRI. Seluruh peserta Jamnas menikmati penampilan yang disuguhkan pada acara pembukaan Jambore Nasional yang sangat spektakuler ini.

Usai menyaksikan peserta Jamnas berfoto bersama Ka Kwarnas dan Audy Joinaldy, peserta Jamnas kembali ke bumi perkemahan. Kegiatan peserta selanjutnya adalah fraternity game, dimana peserta meneriakkan yel-yel dan bermain game yang menumbuhkan rasa kebersamaan.

Disini peserta lebih dulu mengenal teman dari berbagai daerah dan bertukar badge. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB di subkamp 3. Malam hari jam 19.00 sd 22.00 WIB ada malam selamat datang dan doa lintas agama, doa lintas agama ini menampilkan doa-doa tentang semua agama yang ada di Indonesia, dalam kegiatan ini peserta dapat mengetahui macam-macam doa dari berbagai agama lain.

Pada hari kedua, 15 Agustus 2022, mulai pukul 07:30 hingga 12:00 WIB, seluruh peserta Jambore Nasional mengikuti kegiatan water adventure di kolam renang Wira Kartika. Di sana peserta dibagi menjadi dua kegiatan yaitu water challenge dan water games, perwakilan dari SMPN 1 Payakumbuh mendapatkan water sport.

Dalam olahraga air kita belajar menyelam, menyelam dan berenang. Selain itu pada kegiatan GDV (Global Defolament Village) pada kegiatan GDV, seluruh peserta Jambore Nasional mendengarkan materi dari beberapa stand, salah satu stand yang menarik adalah stand Save From Harm (SFH).

Di sini para peserta mendapatkan materi tentang bullying, kekerasan, pelecehan seksual dan eksploitasi anak. Peserta Jambore Nasional akan mendapatkan kuis dan yang dapat menjawab akan mendapatkan hadiah. Peserta jambore kemudian mempresentasikan materi yang disampaikan kepada peserta lainnya.

Di akhir kegiatan, peserta akan mendapatkan souvenir dan snack serta dipersilahkan untuk meninggalkan pesan dan kesan selama melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di desa GDV mulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Pada malam harinya, para peserta menyaksikan pertunjukan seni dari berbagai daerah.

Pertunjukan seni Sumbar dihadirkan hari ini, diwakili oleh kontingen kota Solok. Penampilan Kota Solok dan daerah lainnya sangat menakjubkan dan sangat spektakuler. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB di lapangan utama.

Pada 16 Agustus, seluruh peserta Jambore Nasional melakukan wisata edukasi. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kegiatan ini bergilir, tim putri mendapat bagian pendidikan di Korps Brimob. Di sini para peserta diperlihatkan pameran senjata dan pakaian perang.

Setelah itu para peserta diperlihatkan demo simulasi, tawuran antar pelajar dan cara menghadapi perpisahan, para peserta sangat menikmati tayangan simulasi tersebut. Pukul 12.00 seluruh peserta melanjutkan perjalanan pendidikannya di Ocean Dream Ancol. Semua peserta mendapatkan tiket dan semua peserta bebas memilih wahana dan permainan yang ada.

Setelah puas mengelilingi Ancol, seluruh peserta berkumpul di parkiran untuk kembali ke Buperta Cibubur. Pada malam hari, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB, ada pertunjukan seni dari berbagai daerah. Pada 17 Agustus 2022, pukul 08:00 WIB, seluruh peserta Jambore menghadiri Peringatan Kemerdekaan RI ke-77.

Beberapa peserta mengenakan pakaian adatnya masing-masing, setelah upacara, para peserta melihat pameran pakaian adat dari 34 provinsi. Di sini peserta dapat melihat dan mengenal pakaian adat dari daerah lain.

Usai kegiatan ini, seluruh peserta mengikuti pertandingan nasional pada pukul 13.30 WIB yang digelar di subkamp 3. Permainan termasuk tarik tambang, balap karung, kelereng, bakiak dan egrang. Dalam kompetisi ini, peserta dari SMPN 1 Payakumbuh berhasil memenangkan lomba tarik tambang dan lomba karung dengan membawa pulang hadiah ke camp.

Jumat 19 Agustus 2022, peserta mengenakan seragam pramuka lengkap dan diarahkan ke peloton untuk mengikuti kegiatan keterampilan pramuka. Peserta diberikan area Ecoprint dimana kami membuat tie-dye dari daun.

Di sela-sela kegiatan, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo, datang melihat situasi kamp. Salah satu peserta Jambore Payakumbuh berkesempatan berfoto dan berbincang singkat dengan Jokowi, dan salah satu peserta Jambore Nasional sempat mewawancarai Jokowi.

Sabtu, 20 Agustus 2022, mulai pukul 09.00 WIB, dilanjutkan dengan kegiatan pesta kuliner. Setiap daerah menyiapkan dan menyajikan 3 piring makanan lokal, setiap peserta dapat mencicipi makanan dari daerah lain. Sore harinya, seluruh peserta mengikuti upacara penutupan Jambore Nasional XI 2022 di peloton.

Upacara dilanjutkan dengan penampilan kontingen Jawa Barat. Pada malam hari, bentuk aktivitasnya adalah hamburan bintang. “Menyebarkan Bintang” merupakan kegiatan yang menampilkan bakat peserta jambore dan XI. Menutup Jambore Nasional 2022 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

Ini adalah rangkaian kegiatan jambore di SMPN 1 Payakumbuh. Melalui kegiatan ini, peserta dapat mengambil pelajaran dan memaknai makna disiplin, ketertiban, tanggung jawab, toleransi, kemandirian, dan lainnya. Kakak-kakak peminat Pramuka hendaknya memperdalam ilmu Pramuka agar dapat mengikuti XII. Jambore Nasional 2027.(***)

Source: padek.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button