Situs Bersejarah UNESCO George Town, Kota Bersejarah Warisan Multikultural di Malaysia - WisataHits
Jawa Tengah

Situs Bersejarah UNESCO George Town, Kota Bersejarah Warisan Multikultural di Malaysia

TEMPO.CO, jakarta – Malaysia menawarkan berbagai peluang wisata menarik pasca pandemi Covid-19. Salah satunya adalah situs bersejarah UNESCO George Town di Penang.

George Town adalah salah satu kota inti bersejarah di Malaysia. Kota pelabuhan yang sudah ada sejak abad ke-17 ini menjadi titik temu berbagai suku dan budaya yang masih hidup bersama hingga saat ini.

“Kota ini adalah lanskap kota arsitektur dan budaya yang unik. George Town, Situs Warisan Dunia UNESCO, menampilkan arsitektur tradisional terbaik Malaysia yang dipugar dan diadaptasi, serta kekayaan warisan, perdagangan, dan seni,” kata Manager Penang Global Tourism Sdn. Bhd, Pauline Yoon, Minggu 30 Oktober 2022.

Kehidupan di Penang dikatakan sebagai hasil perpaduan pengaruh Melayu, Cina dan India yang ditemukan di situs bersejarah UNESCO Georgetown. “Pengaruh Asia dan Eropa telah menganugerahkan kota-kota dengan warisan multikultural berwujud dan tidak berwujud tertentu. George Town mewakili era Inggris akhir abad ke-18 dengan bangunan tempat tinggal dan komersialnya,” kata Pauline.

George Town juga menjadi saksi sejarah Perang Dunia II dan kemerdekaan Malaya serta berdirinya Federasi Malaysia. Wisatawan yang datang ke sana bisa melihat berbagai bangunan dengan arsitektur unik sambil hiking, bersepeda atau naik becak.

Ada lebih dari 1.700 bangunan bersejarah di zona inti ini, berjajar di empat jalan utama Las Pengkalan, Lebuh Pantai, Jalan Masjid Kapitan Keling dan Lorong Cinta. Ada juga hamparan laut di sekitar pelabuhan yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah Malaysia membuka kembali pintunya, situs bersejarah UNESCO Georgetown menjadi salah satu tujuan wisata yang dikunjungi kembali oleh wisatawan. Oleh karena itu, Tourism Malaysia mengadakan program tur pencarian fakta (fam trip) untuk sejumlah wartawan dan biro perjalanan dari Indonesia.

Baca juga: Malaysia Luncurkan Visa Pengembara .Wisatawan Digital

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button