Liburan bermanfaat, inilah deretan museum gratis di Surabaya - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan bermanfaat, inilah deretan museum gratis di Surabaya

Liburan bermanfaat, inilah deretan museum gratis di Surabaya

TEMPO.CO, jakarta – Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi museum bisa sangat menguntungkan. Selain kesempatan untuk menambah ilmu, berwisata ke museum sangat ramah kantong. Bahkan beberapa museum di Surabaya tidak memungut biaya pengunjung alias gratis.

Seperti namanya, Surabaya kota pahlawan juga memiliki sejumlah tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Berikut daftar museum gratis di Surabaya yang bisa kamu kunjungi kapan saja Liburan:

1. dr Museum Soetomo

Membaca: Kenali Museum Sihir, museum paling menakutkan di kota Surabaya

Kutipan oleh bappeko.surabaya.go.id, dr Museum Soetomo terletak di anjungan Gedung Nasional Indonesia (GNI) yaitu Jalan Bubutan No. 85 – 87, Surabaya, Jawa Timur. Di dalamnya terdapat 328 koleksi alat kesehatan dan juga foto-foto yang tak terlupakan. Di sebelahnya adalah makam Dr. Soetomo.

Museum ini didirikan untuk mengenang jasa Dr. Soetomo, museum ini menampilkan kisah hidup Dr. Soetomo sebagai tokoh pergerakan dan pendiri organisasi Boedi Oetomo. Museum ini diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Risma Harini pada November 2017. Anda bisa mengunjungi museum ini pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB tanpa biaya masuk, namun Anda perlu melakukan registrasi tiket secara online di tiketwisatasurabaya.go.id.

2. Museum HOS Tjokroaminoto

Museum HOS Tjokroaminoto pernah menjadi tempat tinggal sang pahlawan semasa hidupnya. Kemudian rumah ini dijadikan museum untuk mengenang jasa dan perjuangan beliau dan diresmikan pada tanggal 27 November 2017.

Museum HOS Tjokroaminoto terletak di Jalan Paneleh Gang VII Surabaya. Selain sebagai tempat tinggal HOS Tjokroaminoto, rumah ini juga digunakan sebagai tempat tinggal tokoh lain seperti Samaoen, Alimin, Darsono, Tan Malaka dan Soekarno. Anda bisa mengunjungi museum ini pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB tanpa biaya masuk, namun Anda perlu melakukan registrasi tiket secara online di tiketwisatasurabaya.go.id.

3. Museum Pendidikan

Museum pendidikan ini terletak di Jl. Genteng Kali No. 10, museum ini merupakan museum tematik yang didirikan dengan tujuan melestarikan budaya dan sejarah bangsa serta pendidikan, penelitian dan rekreasi di kota Surabaya. Di museum ini terdapat materi kesaksian pendidikan pada masa pra sastra, klasik, kolonial, dan kemerdekaan. Museum buka pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WIB. Anda harus mendaftar untuk tiket online di tiketwisatasurabaya.go.id pertama jika Anda ingin mengunjungi museum ini.

4. Museum Surabaya (Gedung Siola)

Museum ini diresmikan oleh Walikota Surabaya pada tanggal 3 Mei 2015. Museum Surabaya terletak di Jl. Tunjungan #1-3. Di dalamnya banyak koleksi sosial budaya kota Surabaya. Bangunan ini juga merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang dulu bernama Whiteaway Laidlaw Building. untuk mengunjungi museum Surabaya Tidak perlu pesan tiket dan langsung jalan ke tempat tanpa biaya.

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Membaca: Museum 10 November Surabaya meraih Penghargaan Terbaik

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button