Bulan November meriah, Kota Batu dibanjiri berbagai acara kemeriahan - WisataHits
Jawa Timur

Bulan November meriah, Kota Batu dibanjiri berbagai acara kemeriahan

Berbagai rangkaian acara memperingati HUT Kota Batu ke-21 digelar sepanjang November ini. (MVoice/Disparta Kota Batu)

SUARA WARNA – November ini, Kota Batu lebih semarak dari sebelumnya. Hal ini bertepatan dengan rangkaian acara untuk memeriahkan HUT Kota Batu ke-21.

Kemeriahan tersebut tentunya diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan yang ditargetkan mencapai 7 juta wisatawan pada tahun 2022.

Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu juga mendukung sejumlah acara yang dipersembahkan dalam rangka HUT Kota Batu. Beberapa di antaranya adalah Batu Street Food Festival yang berlangsung pada 11-13 November di pelataran Balai Kota Among Tani.

Berbagai sajian kuliner tingkat hotel berbintang dihadirkan dalam acara tersebut. Meski begitu, harganya tetap ramah di kantong.

Kepala Biro Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan kuliner merupakan bagian dari subsektor industri kreatif. Sehingga melekat pada sektor pariwisata, karena akan menarik belanja wisatawan dan meningkatkan nilai daerah.

“Kuliner merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi dan menarik minat belanja wisatawan serta melengkapi kebutuhan wisatawan untuk menikmati perjalanannya,” kata Arief.

Baca juga: Kemeriahan HUT kota Batu diundur ke bulan depan

Baca juga: Chef Olivia menyajikan masakan di Batu Street Food & Culinary Festival 2021

Baca juga: Kane Lop! Disparta Kota Batu kembali hadirkan Batu Street Food Festival 2021

Baca juga: Penasihat Asing Berikan Saran kepada Arema untuk Percepat Pemulihan Pasca Tragedi Kanjuruhan

Selanjutnya pada 14-16 November akan diadakan acara berupa upaya pelestarian budaya tradisional. Salah satunya adalah pagelaran Macapat Idol 2022 yang digelar di Pelataran Kejari Kota Batu. Pameran Keris juga digelar di Balai Kota Graha Pancasila Antara Tani pada hari yang sama.

Kemudian pada tanggal 16 ada pagelaran wayang kulit lakon “Semar Mbangun Khayangan”. Pertunjukan wayang kulit ini terasa begitu istimewa. Lakon tersebut akan dibawakan langsung oleh Supriyanto, mantan kajari Kota Batu yang kini telah berganti tugas sebagai asisten pengawas kejaksaan di Yogyakarta.

“Komitmen kami adalah memperkuat pariwisata berbasis budaya Kota Batu. Mengutamakan kearifan lokal dan kekhasannya,” tambah Arief.

Baca juga: Berkas penyidikan tersangka Tragedi Kanjuruhan dikembalikan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur

Baca juga: Kerugian Pemerintah dalam Penipuan BPHTB-PBB 2020 Sisa Rp 77,3 Juta

Baca juga: Iklan ilegal menjatuhkan pajak daerah

Pecinta motor trail juga tidak boleh melewatkan KWB Super Adventure 5 Indonesia yang berlangsung pada 19-20 November. Dijuluki “Let’s Rock the Ground,” acara ini ditunggu-tunggu oleh para pengendara motor trail. Diperkirakan 8000 pengendara dari seluruh wilayah akan ambil bagian. Selain dari dalam negeri, ajang ini diikuti oleh puluhan pembalap dari luar negeri. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Rumania, Belgia, dan Hong Kong.

Baca juga: Turut berduka cita, KWB Super Adventure 5 ditunda

Baca juga: KWB Super Adventure 5 Dimeriahkan oleh puluhan pengendara dari 6 negara, pariwisata kota Batu bergema di luar negeri

Baca juga: KWB Super Adventure 5 membawa manfaat ganda untuk Kota Batu

Pengendara diajak menjajal serunya dozing course yang menantang lereng Gunung Arjuno. Anda akan melewati rute sepanjang 60 kilometer yang nantinya akan melintasi destinasi wisata semi alam berbasis potensi desa. Acara ini memacu adrenalin para pengendara saat mereka menjelajahi jalur yang menantang. Selain itu, bagi yang beruntung bisa membawa pulang sejumlah hadiah utama yang disediakan oleh panitia penyelenggara.

“Ada beberapa hadiah utama yaitu 2 unit mobil Ayla, 1 unit motor trail, 1 unit motor ATV, 10 unit Super Scooter. Jadi jangan sampai ketinggalan event besar yang akan memukau kalian semua. Daftar sekarang juga jangan sampai ketinggalan. Ikuti tantangannya, dapatkan hadiahnya,” kata Arief.

Selanjutnya adalah Karnaval Bunga Seni Batu pada 27 November. Acara berlangsung di Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu. Dalam kegiatan ini, berbagai bunga berwarna-warni dieksplorasi dan dirancang menyerupai gaun.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button