Simpang Lima Semarang: sejarah, pariwisata dan kuliner - WisataHits
Jawa Tengah

Simpang Lima Semarang: sejarah, pariwisata dan kuliner

semarang

Simpang Lima Semarang adalah pusat komersial dan perhotelan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Di Simpang Lima Semarang Anda bisa menemukan berbagai toko oleh-oleh, jajanan khas Semarang. Di malam hari Anda juga bisa mencoba berbagai kuliner tradisional yang nikmat. Berikut ulasan lengkapnya Detik Jawa Tengah tentang Simpang Lima Semarang, dari sejarah hingga saat ini.

Sejarah Simpang Lima Semarang

Tahukah Anda bahwa pusat Kota Semarang telah berubah? Di dalam buku Kota Semarang dalam kenangan Karya Jongkie Tio (Sinar Indonesia, 2002) menyebutkan bahwa pada tahun 1965 pusat kota Semarang mulai mengalami pergeseran ke arah selatan dari kawasan Aloon-aloon ke kaki candi.

Pergeseran pusat kota dimulai ketika Presiden Sukarno mengatakan Kota Semarang perlu menemukan Aloon baru setelah yang lama terdesak oleh perkembangan pesat.

Menurut penelitian saat itu, Aloon baru di ujung Jalan Veteran (sekarang Jalan Gajahmada) di kaki Bukit Candi paling cocok. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang masih luas dengan persawahan dan hanya ada satu perlintasan.

Singkat cerita, proyek ini dimulai pada tahun 1965-1969 dan diberi nama Simpang Lima Semarang. Karena di simpang lama ada jalan tambahan bernama Jalan KH Achmad Dahlan.

Lokasi Simpang Lima Semarang

Tidak sulit untuk menemukan Simpang Lima Semarang. Karena simpang lima berada di pusat kota Semarang. Simpang Lima Semarang merupakan pertemuan lima ujung jalan yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan.

Di tengah Simpang Lima Semarang kini menjadi Lapangan Pancasila atau Taman Simpanglima Landmark.

Wisata Simpang Lima Semarang

Baru-baru ini, Pemerintah Kota Semarang merenovasi landmark Lapangan Simpanglima Pancasila. Landmark Simpanglima Semarang telah dihiasi dengan berbagai jenis tanaman. Selain tanaman untuk penghijauan, landmark yang menjadi ikon wisata Kota Semarang ini juga ditanami berbagai tanaman hias.

Sarana dan prasarana Landmark Simpanglima Semarang juga telah dibenahi dan diperbaiki, demikian menurut situs resmi Pemerintah Kota Semarang, Jumat (22/7/2022). Antara lain lapangan olah raga untuk anak muda, wahana permainan anak, dan lapangan untuk manula.

Kuliner Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang bisa dibilang surganya pecinta kuliner. Dikutip dari laman visitjawatengah, di kawasan Simpang Lima Semarang Anda akan menemukan toko oleh-oleh yang menjual jajanan khas Semarang seperti Spikoe, Lapis Legit dan Bakso Tahu.

Di Simpang Lima Semarang, Anda juga bisa mencoba berbagai kuliner tradisional yang nikmat di malam hari, seperti nasi pecel, tahu petis, nasi ayam, tahu gimbal, dan lain-lain.
Selain itu, Anda juga bisa menyewa kereta hias atau sepeda tandem hias untuk mengelilingi Lapangan Pancasila atau landmark Simpanglima Semarang.

Saksikan video “Momen Evakuasi Pekerja Jatuh di Menara Gereja Kota Tua Semarang”.
[Gambas:Video 20detik]
(dil/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button