Pesona Pantai Mawi, pantai indah tersembunyi di tengah Lombok - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Mawi, pantai indah tersembunyi di tengah Lombok

Pesona Pantai Mawi, pantai indah tersembunyi di tengah Lombok

Pantai Mawi di Lombok Tengah memiliki banyak daya tarik bagi wisatawan. Dari tempat selancar hingga bukit dengan melihat menawan. Ingin menghabiskan liburan di sana?

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Pantai Mawi, Seulg Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki salah satu pantai tersembunyi dengan melihat si Cantik. Namanya Pantai Mawi yang akhir-akhir ini menjadi idola para traveller. Bukan hanya karena lokasinya, tapi juga karena banyaknya atraksi istimewa yang siap dijelajahi pengunjung.

Bagi yang merindukan pantai-pantai populer NTB, pantai mungil ini bisa Anda jadikan alternatif tempat liburan. Ingin menyendiri, bersama keluarga, dalam komunitas atau dengan rekan kerja adalah hal yang sempurna. Apalagi saat sepi pengunjung, pantai ini seperti milik pribadi.

Penasaran ingin tahu seperti apa pantai eksotis yang baru dikenal beberapa tahun belakangan ini? Berikut informasi selengkapnya untuk disimak, jika ingin menikmati liburan tahun ini di pantai yang berbeda dengan keindahan yang berbeda dan belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Mawi

Atraksi Pantai MawiKredit gambar: Google Maps Gabor Kristofcsak

Pantai yang letaknya berhubungan dengan pantai sepanjang Belanak ini memang lebih kecil dari segi ukuran dibanding pantai-pantai lainnya. Tapi jangan salah, seperti istilah cabai rawit ternyata menyimpan banyak pesona yang mempesona. Ingin tahu apa saja atraksinya? Berikut penjelasan lengkapnya hanya untuk pengunjung yang penasaran dengan keindahannya.

✦ Pasir putih super bersih

Sesampainya di pantai menawan ini, wisatawan langsung disuguhi hamparan pasir putih di sepanjang pantai yang masih sangat bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan karena pengunjungnya masih terbatas, apalagi jika Anda tidak datang berlibur, akan lebih menyenangkan.

✦ Gelombang tinggi

Ombak yang muncul di Pantai Mawi tergolong sedang hingga tinggi. Wajar saja karena posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak besar tersebut. Uniknya, ombak tinggi yang memukau hanya ada sampai tengah.

Di pantai, ombak secara alami akan lebih rendah dan tenang hingga menabrak pantai. Jika melihat karakteristik ombaknya yang mirip dengan beberapa tempat surfing di Indonesia, wajar jika pantai unik ini menjadi incaran para surfer nasional maupun internasional.

✦ Air jernih dan perbukitan hijau

Air lautnya juga sangat jernih, dari ketinggian Anda bisa melihat dengan jelas birunya air laut. Kalaupun beruntung, pengunjung bisa langsung melihat flora dan fauna laut yang aktif di dalam air, mereka masih sangat bebas karena habitatnya tidak terganggu oleh aktivitas buruk manusia.

✦ Bukit dengan Melihat Luar biasa

Mendaki bukit di sisi kiri atau kanan pantai di tengah Lombok, dari atas bukit wisatawan bisa menikmati perpaduannya melihat laut biru dan bukit-bukit dan langit. Menjadi campuran memanjakan mata, sehingga Anda akan betah menikmatinya dalam waktu yang lama.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai MawiKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

Pantai Mawi yang banyak bebatuannya berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menjadi salah satu tempat wisata andalan yang terus ditingkatkan, sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung kapan pun ada waktu luang.

Rute perjalanan yang dapat dipilih, dapat disesuaikan dengan lokasi saat ini. Jika Anda ingin berkendara langsung dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, jaraknya 16 km atau kurang lebih 1 jam dengan mobil. Anda juga bisa menggunakan sepeda motor tentunya dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

Ada juga rute dari pusat kota Lombok yang memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan melalui Jalan Raya Batunyala menuju Jalanselong Belanak. Berwisata dengan jalur ini cukup menyenangkan, dimana wisatawan bisa melihat keindahan alam Lombok tengah dari dekat karena sangat terjaga.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Hanya dengan menyediakan Rp 5.000 per orang, semua orang bisa menikmati keindahan Pantai Mawi di waktu senggangnya. Tidak membuat tas jebol meski datang berombongan. Namun, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Selain uang tiket yang perlu disiapkan, jika Anda datang dengan kendaraan pribadi atau rental, Anda juga perlu menyiapkan biaya parkir tergantung jenis kendaraannya. Umumnya antara Rp2.000 dan Rp10.000 untuk satu kendaraan. Selain kedua biaya tersebut, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun selama berada di pantai pasir putih.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai MawiKredit gambar: Google Maps oleh Jacky Linton

Ada beberapa aktivitas terbaik yang bisa dilakukan di Pantai Mawi. Entah itu untuk para peselancar, ingin menggelapkan kulit, atau sekedar bersantai melihat pemandangan alam. Berikut beberapa pilihan aktivitas yang paling sering dilakukan wisatawan saat berada di sana.

1. Berselancar

Dengan ombak yang cukup tinggi di tengahnya menjadi daya tarik bagi para peselancar untuk menaklukkannya. Pengunjung dapat membawa papan selancar sendiri atau menyewanya dari tempat persewaan terdekat dengan harga yang terjangkau. Biasanya ombak besar muncul di pagi atau sore hari, jadi jangan lewatkan momen terbaiknya.

2. Berjemur di Pantai Mawi

Saat cuaca sedang bagus, berjemur adalah aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Anda tinggal memilih posisi terbaik untuk berjemur di pantai kemudian menikmati sinar matahari yang maksimal sambil bersantai atau sekedar membaca buku favorit.

3. Permainan pasir

Ingin membawa keluarga dan anak tercinta? Jangan khawatir, karena wisatawan bisa menawarkan anak-anak kesempatan bermain pasir sepuasnya. Jangan takut kotor karena pasirnya bersih dan bisa dibentuk sesuai keinginan. Jadi jangan lupa untuk membawa peralatan sandplay Anda!

4. Nikmati keindahan alam

Jika ingin sedikit menguji adrenalin, pengunjung bisa menaiki bukit di pinggir pantai hingga ke puncak. Kemudian dari atas nikmati pemandangan air laut yang jernih dan perbukitan hijau sepuasnya. Dapat menjadi obat pemantau alami tanpa biaya sedikitpun.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MawiKredit gambar: Google Maps Danang Priambodo

Liburan akan semakin menyenangkan jika didukung dengan fasilitas yang memadai.Di Pantai Mawi Anda akan disuguhi berbagai fasilitas penunjang menarik yang bisa dimanfaatkan. Ini beberapa.

1. Restorasi

Ada sejumlah restoran yang menawarkan beragam menu mulai dari favorit asli Nusa Tenggara Barat hingga makanan khas Indonesia lainnya. Tentunya dengan harga yang terjangkau sehingga tidak perlu membawa bekal yang banyak karena Anda bisa memilih menu terbaik sesuai selera saat makan.

2. Area perkemahan

Ingin merasakan perasaan berkemah di luar ruangan dengan pantai sebagai satu kesatuan melihat dia? Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas camping di salah satu sudut Pantai Mawi dimana wisatawan bisa membawa perlengkapan camping sendiri. Ingatlah untuk menjaga kebersihan lokasi agar tetap terlihat bagus dan aman dari kerusakan.

3. Area parkir

Tempat parkir yang cukup luas disediakan bagi pengunjung, baik yang membawa mobil maupun motor sendiri. Sewa parkir murah, keamanan terjaga dan posisi parkir strategis bisa dipilih.

4. Punjung

Bagi yang ingin menikmati keindahan pantai sambil bersantai, Anda bisa memanfaatkan fasilitas gazebo. Terbuat dari kayu dengan desain tradisional, sehingga terkesan sebagai tempat peristirahatan.

5. Toilet

Tersedia toilet dan kamar mandi terpisah untuk wanita dan pria, lokasi mudah diakses. Jadi setelah selesai berenang, surfing atau bermain pasir, tinggal mandi di toilet.

Tak ada salahnya menjadikan Pantai Mawi sebagai tempat liburan tahun ini. Ajaklah orang-orang tersayang untuk menikmati keindahannya bersama, pastinya akan menjadi salah satu liburan terindah dan menyenangkan yang pernah Anda alami.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button