SIG berpartisipasi dalam layanan BUMN untuk Mandalika | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

SIG berpartisipasi dalam layanan BUMN untuk Mandalika | RADAR BOGOR

JAKARTA RADAR BOGOR: Mandalika kini ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Wisata Prioritas (DPSP) oleh pemerintah. Sebanyak 35 BUMN atau Badan Usaha Milik Negara telah diterjunkan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan dilaksanakan melalui layanan BUMN untuk Mandalika. Salah satu BUMN yang berkontribusi dalam pengembangan Mandalika adalah PT Semen Indonesia Group (SIG) Tbk.

BACA JUGA: Tarif Ekspor Bebas Kelapa Sawit Hingga Akhir Tahun

General Manager CSR PT Semen Indonesia Group Tbk Edy Saraya mengatakan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dengan memberikan dukungan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“GIS bekerja sama dengan 34 BUMN lainnya terlibat dalam mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Madalika, khususnya dalam mengembangkan potensi wisata di sana. Langkah ini dimaksudkan untuk mendongkrak perekonomian di Mandalika,” kata Edy Saraya.

Program yang dilaksanakan di Mandalika ini sejalan dengan tiga program CSR prioritas Departemen BUMN, yang fokus pada tiga bidang prioritas, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMC, serta menjawab kebutuhan masyarakat Mandalika.

BACA JUGA: Airlangga Tunjuk Kader Golkar Bantu Korban Kanjuruhan

Salah satu program pengabdian BUMN yang dilaksanakan adalah pembinaan budaya yang bertujuan mendukung pendidikan dengan memberikan dukungan di desa Rengganis yaitu Sekolah Adat Rengganis. Selain itu, dukungan yang diberikan oleh BUMN adalah pembangunan balai adat, museum/art shop, gapura, toilet, tempat parkir dan pelataran, 8 PJU solar cell, pojok literasi dan seragam tari tradisional.

Di bidang lingkungan, GIS juga bekerja sama dengan 35 BUMN dalam pengembangan desa Rengganis ini, yaitu pemanfaatan FABA. Limbah dari PLTU Batubara digunakan sebagai bahan baku pembuatan paving stone yang digunakan di desa. Selain itu, di bidang pendidikan, pengabdian BUMN untuk Mandalika dilakukan di SD Negeri 01 Kuta Mandalika. Dukungan yang diberikan berupa fasilitas pendidikan yaitu Gedung Lab Komputer, 10 set komputer, meja, kursi, in-focus dan AC.

“Pelaksanaan program pengabdian BUMN di Mandalika merupakan program kerjasama yang terjalin baik antara 35 BUMN dengan berbagai pihak terkait, termasuk SIG. Untuk itu, GIS tetap berkomitmen mendukung kerjasama BUMN dalam program Bakti BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sehingga tujuan program bina lingkungan dapat tercapai,” pungkas Edy Saraya.(jpg)

Penerbit: Yosep/Ridwan PPL.

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button