Share Rawa Pening dengan KA Ambarawa - Tuntang Classic Tour, cek jadwal Desember 2022! - WisataHits
Jawa Tengah

Share Rawa Pening dengan KA Ambarawa – Tuntang Classic Tour, cek jadwal Desember 2022!

Cianjurpedia.com – Museum Kereta Api Ambarawa menawarkan perjalanan khusus jalur Ambarawa – Tuntang dengan kereta wisata yang ditarik oleh lokomotif diesel klasik.

Jalur kereta wisata Ambarawa – Tuntang merupakan jalur jalur pertama yang dibangun untuk keperluan militer oleh pemerintah Hindia Belanda.

Kereta wisata berangkat dari Stasiun Ambarawa, melewati Danau Rawapening, dan berakhir di Stasiun Tuntang. Kemudian kereta kembali ke Stasiun Ambarawa dengan rute yang sama. Total waktu selama perjalanan adalah 60 menit.

Selain pesona Danau Rawapening yang indah, penumpang juga dapat menikmati keindahan Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu.

Kereta wisata berkapasitas 116 kursi ini diangkut dengan lokomotif D301 24. Tak kalah bersejarah dengan jalur Ambarawa – Tuntang, lokomotif diesel ini juga menyimpan banyak cerita masa lalu.

Baca Juga: Jadwal Vaksin Booster Kota Semarang Hari Ini Sabtu 3 Desember 2022 Tersedia di 12 Lokasi

Seperti dilansir dari website heritage.kai.id, lokomotif D301 merupakan lokomotif diesel hidrolik dari pabrik Krupp di Jerman yang mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1962. Lokomotif ini diperkenalkan untuk mengisi peran lokomotif uap kecil seperti C11, C12, lokomotif uap, C13, C14 dan C15.

Sering digunakan untuk pekerjaan shunting, lokomotif ini pernah digunakan untuk mengangkut kereta penumpang dan gerbong barang di jalur Semarang – Demak – Rembang – Blora, Demak – Purwodadi – Gambringan, Yogyakarta – Magelang, Yogyakarta – Bantul dan Solo Purwosari – Wonogiri.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button