Bukit Cinta Rawa Pening, Pesona Rawa dan Keindahan Perbukitan di Ambarawa - WisataHits
wisatahits

Bukit Cinta Rawa Pening, Pesona Rawa dan Keindahan Perbukitan di Ambarawa

Bukit Cinta Ambarawa, tempat menarik untuk menikmati keindahan Rawa Pening dan Gunung Brawijaya. tujuan perjalanan yang terbaik yang menyajikan panorama tempat foto alam dan keren di Semarang.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Bukit Cinta Rawa Pening adalah salah satu tempat wisata di Semrang yang paling populer. Tempat wisata ini dibangun lebih modern sehingga tidak hanya melayani wisata rawa. Memberikan tampilan yang lebih segar dan menarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Pengelola menawarkan berbagai fasilitas yang baik untuk memanjakan setiap pengunjung. Wisatawan juga bisa menikmati liburan di Bukit Cinta Ambarawa dengan lebih nyaman. Tempat wisata ini cocok untuk liburan, baik bersama teman, pasangan ataupun keluarga tercinta.

Wisata Bukit Cinta Rawa Pening menawarkan banyak pesona dan keindahan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan suasana yang begitu tenang. Apalagi wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas wisata yang modern dan lengkap.

Atraksi Cinta Perbukitan Rawa Pening

Objek Wisata Bukit Cinta Rawa PeningKredit Gambar: Instagram Julianapratiwiasti

1. Pemandangan rawa

Daya tarik utama dari wisata Bukit Cinta ini adalah pemandangan rawa yang indah. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan langsung disambut hamparan rawa yang indah dengan beberapa tanaman eceng gondok.

Rawa Pening dikenal sebagai salah satu rawa yang ditumbuhi daun eceng gondok. Kini, dengan pengelolaan yang lebih modern, rawa ini telah disulap menjadi rawa yang lebih indah dan terawat. Beberapa eceng gondok memang tertinggal di rawa-rawa namun tidak menutupi seluruh permukaan air.

2. Pemandangan Bukit

Selain rawa, daya tarik Bukit Cinta Rawa Pening adalah pemandangan indah yang mengelilinginya. Rawa Pening dikelilingi oleh deretan perbukitan yang terlihat hijau dan sejuk. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan Gunung Brawijaya yang semakin menambah pesona keindahan objek wisata Bukit Cinta.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini juga bisa melihat pegunungan. Selain Bukit Brawijaya, wisatawan dapat melihat Gunung Merbabu, Telomoto dan Gajah Mungkur dari kejauhan. Pegunungan dan perbukitan di sekitarnya memberikan latar belakang yang indah bagi wisatawan.

3. Tempat Selfie

Bukit Cinta Rawa Pening tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya. Tempat wisata ini juga dilengkapi tempat wisata yang lebih modern dengan banyak spot selfie. Perkembangan kawasan wisata ini membuat wisata Rawa Pening lebih keren dari sebelumnya yang hanya sebatas menikmati rawa.

Bangunan dan beberapa fasilitas di tempat ini memang didesain dengan desain yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Bukit Cinta Ambarawa kini terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang Instagramable. Maka tak heran jika banyak anak muda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Atraksi Bukit Cinta Rawa PeningKredit gambar: Twitter Pesona Kabupaten Semarang

4. Mitos

Tempat wisata ini juga selalu menarik dengan mitos yang melingkupi kawasan Rawa Pening. Salah satunya adalah mitos bahwa naga menjaga rawa. Menurut cerita masyarakat, ular itu sedang menunggu ibu untuk pengakuan yang sayangnya tidak terjadi karena ular itu mati.

Mitos ular naga inilah yang membuat tempat wisata ini dibangun dengan bangunan bergambar naga. Bangunan ini berada di pintu masuk, kepala ular adalah bangunan untuk loket masuk. Sedangkan ekor ular berada di depan kepalanya, sehingga terlihat seperti sedang mengelilingi kawasan Rawa Pening.

Selain mitos ular naga, tempat wisata ini juga menarik dengan mitos lainnya. Menurut mitos yang tersebar luas di masyarakat, Rawa Pening adalah zona terlarang bagi semua pasangan. Jika Anda datang ke rawa ini, mitosnya adalah pasangan akan berpisah.

Namun, mitos ini tidak menyurutkan pasangan muda untuk mengunjungi tempat wisata Bukit Cinta Rawa Pening. Sebagian besar pengunjung yang datang adalah anak muda yang membawa pasangannya masing-masing.

5. Suasana sejuk

Daya tarik lain dari tempat wisata populer ini adalah suasananya yang sejuk dan tenang. Pemandangan alam yang tersaji di Bukit Cinta menawarkan suasana damai dan alam yang begitu asri. Udara segar juga bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang menghabiskan waktu di bukit cinta ini.

6. Tempat yang mudah diakses

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Bukit Cinta terletak dekat dengan jalan raya sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukannya. Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Alamat dan Arah Lokasi Bukit Cinta Rawa Pening

Alamat Bukit Cinta Rawa PeningKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Salah satu sirkuit utama di Ambarawa terletak di pinggir jalan. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan spot cantik di Bukit Cinta ini. Bagi Anda yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah, dapat menuju ke arah Ambarawa melalui Bawen.

Kemudian arahkan kendaraan ke Monumen Palagan Ambarawa dan belok kiri. Ikuti rambu ke Rawa Pening. Lokasi Bukit Cinta Rawa Pening tidak begitu sulit untuk diakses. Anda bisa langsung melihatnya karena berada tepat di pinggir jalan.

Anda dapat memarkir kendaraan Anda di tempat yang disediakan. Setelah itu pengunjung bisa memasuki kawasan Bukit Cinta yang sudah terlihat modern dengan fasilitas yang lengkap tersebut. Wisatawan akan langsung disambut dengan bangunan unik yang dibuat seperti naga.

Harga tiket masuk Bukit Cinta Rawa Pening

Harga Tiket Bukit Cinta Rawa PeningKredit gambar: Google Maps Gilang Primada

Bukit ini kini terlihat baru dan lebih modern. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dan fasilitas wisata yang lengkap. Pengunjung bisa menikmati tempat wisata ini yang buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 hanya dengan membayar tiket di loket masuk. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar Rp 10.000.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda bisa membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Setelah membayar biaya parkir dan tiket masuk, Anda bisa langsung masuk untuk menikmati liburan seru dan menyenangkan di bukit ini.

Semua fasilitas di objek wisata ini disediakan secara gratis sehingga pengunjung tidak perlu membayar lagi. Namun, bagi pengunjung yang ingin naik perahu harus membayar sewa perahu sekitar Rp100.000 untuk 7 orang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Love Hill

Hal yang Dapat Dilakukan di Bukit CintaKredit gambar: Instagram mimie_femisafitri

1. Ambil gambar

Kegiatan yang menarik dan wajib bagi wisatawan yang datang ke Bukit Cinta Rawa Pening adalah berfoto. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen liburan di tempat yang menawarkan panorama alam yang indah ini.

Selain pemandangan rawa dan perbukitan, wisatawan juga bisa berfoto di spot-spot selfie yang ada di tempat ini. Kamu bisa menemukan tempat-tempat menarik yang pastinya Instagrammable.

2. Perjalanan dengan kapal

Menyusuri rawa yang ditumbuhi tanaman eceng gondok bisa menjadi pengalaman seru untuk dicoba. Wisatawan yang berkunjung ke rawa ini bisa mencoba naik perahu untuk menjelajahi rawa ini. Sensasi memasuki kumpulan daun eceng gondok tentu membuat kegiatan ini sangat menarik.

Pengunjung yang ingin naik perahu juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Setiap penumpang di kapal akan diberikan jaket pelampung untuk dipakai sebelum mulai menjelajahi rawa.

3. Bersantai

Bukit Cinta Ambarawa dibangun dengan jembatan kayu yang menghubungkan semua titik tempat wisata alam ini. Pengunjung dapat mengakses semua tempat dan fasilitas dengan melintasi jembatan kayu.

Jembatan ini juga dibangun dengan baik yang bagus untuk mengambil gambar. Bagi wisatawan yang ingin bersantai, berjalan kaki di jembatan ini bisa menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

4. Piknik

Liburan keluarga kurang lengkap jika tidak makan. Anda dan rombongan bisa memanfaatkan area yang luas dari kawasan wisata ini sebagai tempat makan. Nikmati makanan yang dibawa dari rumah sambil menikmati indahnya pemandangan dan suasana kawasan wisata Rawa Pening ini.

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal makan siang tetap bisa piknik di Bukit Cinta Rawa Pening dengan membeli makanan dari tempat wisata ini. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dan tidak membuang sisa kemasan makanan sembarangan agar tidak mengurangi keindahan tempat wisata ini.

5. Belanja oleh-oleh

Bagi pengunjung yang datang ke wisata Bukit Cinta juga bisa berburu oleh-oleh. Beberapa toko suvenir dan suvenir dapat ditemukan di tempat wisata ini. Toko-toko ini banyak menjual oleh-oleh, seperti makanan khas Banyubiru, Ambarawa.

Souvenir yang bisa dibawa pulang antara lain keripik ikan, keripik udang, keripik kulit ikan, dan lain-lain. Anda juga bisa membeli suvenir cantik untuk dijadikan oleh-oleh liburan.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Cinta Rawa Pening

Fasilitas di Bukit Cinta Rawa PeningKredit Gambar: Facebook Pariwisata Jawa Tengah

Bukit Cinta telah dikelola dengan sangat baik dan memiliki fasilitas yang memadai. Salah satunya dengan menyediakan tempat parkir yang cukup bagi wisatawan. Parkir pinggir jalan dapat menampung kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti bus wisata.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukit Cinta Rawa Pening bisa dengan nyaman menikmati liburannya. Fasilitas sanitasi untuk tempat ibadah telah didirikan di lokasi wisata ini. Toiletnya juga cukup bersih dan nyaman.

Fasilitas penunjang lainnya yang disediakan di tempat wisata ini adalah beberapa spot selfie. Pengunjung akan menemukan beberapa bangunan dengan desain unik, seperti bentuk ular naga, menarik untuk dijadikan sebagai spot foto. Jembatan menuju tempat peristirahatan bagi pengunjung juga dibangun dengan baik, sehingga lebih baik untuk berfoto.

Selain beberapa spot selfie, pengelola bukit cantik ini juga menawarkan jasa sewa perahu. Pengunjung bisa menikmati keindahan rawa ini dengan menaiki perahu bersama rombongan. Selain itu, fasilitas berupa pelampung juga disediakan untuk keselamatan wisatawan yang hendak beraktivitas di sekitar rawa.

Fasilitas lainnya adalah toko atau pusat oleh-oleh. Beberapa toko telah dibangun untuk menawarkan berbagai oleh-oleh khas Banyubiru. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh makanan sebagai oleh-oleh untuk liburan Bukit Cinta.

Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan warung makan. Jadi bagi wisatawan yang tidak membawa makanan sendiri, tidak perlu khawatir karena mereka bisa membelinya dari warung-warung yang ada di sini.

Berikut beberapa fakta menarik tentang tempat wisata Bukit Cinta Rawa Pening yang kini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler dan populer. Tempat wisata dengan infrastruktur yang lengkap dan akses yang mudah ini bisa menjadi alternatif liburan Anda bersama teman, keluarga atau rekan kerja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button