Inovasi Layanan, Kota Pasuruan memperkenalkan LAMPIRAN KOTA dan WADAH - WisataHits
Jawa Tengah

Inovasi Layanan, Kota Pasuruan memperkenalkan LAMPIRAN KOTA dan WADAH

Inovasi Layanan, Kota Pasuruan memperkenalkan LAMPIRAN KOTA dan WADAH

LENTERA GRAVES dan PETI KEMAS merupakan layanan perintis untuk mempercepat kepemilikan akta kematian dan perubahan kartu keluarga (KK) bagi warga yang meninggal di rumah sakit.

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Kota Pasuruan (Pemkot) terus meningkatkan pelayanan kota dengan inovasi terbaru. Untuk itu, Pemkot Pasuruan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan meluncurkan LENTERA MAKAM (Pelayanan Terpadu Pengelolaan Kependudukan dengan Pemakaman) dan PETI KEMAS (Pelayanan Terpadu Akta Kematian dengan Rumah Sakit) di Gedung Gradika pada Selasa (11/10/2022). .

Lentera dan wadah pemakaman ini merupakan terobosan layanan untuk mempercepat penerbitan akta kematian dan perubahan kartu keluarga (KK) bagi warga yang meninggal di rumah sakit. Ahli waris hanya tinggal menunggu akta kematian dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp

Walikota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap program ini mampu meningkatkan pelayanan terkait penerbitan akta kematian dan pergantian kartu keluarga bagi warga yang meninggal dunia di Kota Pasuruan.

BACA JUGA: Kota Pasuruan Kembangkan Potensi Wisata Pesisir Melalui Skema Penanaman Mangrove

“Dengan adanya CEMARY LATERNS dan CONTAINER ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akta kematian. Saya harap pelayanan terus meningkatkan fasilitas, kecanggihan, dan sosialisasi sehingga bermanfaat dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya berharap.

Gus Ipul juga mengatakan, kepemilikan akta kematian masih menjadi kendala bagi ahli waris. Dengan layanan ini, pemkot dapat segera menindaklanjuti pengurusan akta kematian.

“Akta kematian masih menjadi masalah, banyak keluarga yang mungkin tidak melacak akta kematian. Dengan upaya ini, kami berharap masalah kependudukan ini menjadi lebih baik dan masyarakat merasa lebih terurus, ”kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengarahkan seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Menciptakan inovasi baru yang berbeda dengan inovasi sebelumnya.

“Mari tingkatkan pelayanan. Saya akui sektor Dukcapil sudah banyak melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan. Saya harap inovasi pelayanan bisa mengikuti di daerah lain juga,” kata Gus Ipul.

Di tempat yang sama, Plt. Dispendukcapil Kota Pasuruan Siti Mariyam, S.Sos, MM mengatakan LENTERA MAKAM didirikan untuk meningkatkan kinerja aparatur negara dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

BACA JUGA: Donasikan Santunan, Wali Kota Pasuruan Sampaikan Belasungkawa Kepada Keluarga Korban Kecelakaan Tol Semarang

“Tentu ada semacam pemotongan birokrasi, tapi kami tetap berpegang pada aturan yang ada dan bagaimana kami menyenangkan masyarakat, khususnya terkait dengan pemberian dokumen kependudukan dan catatan sipil terkait kematian penduduk,” kata Maryam.

Maryam mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan untuk warga yang meninggal di rumah sakit, datanya segera dikloning, sehingga data kependudukan bisa segera ditutup dan tidak membebani APBD Kota Pasuruan.

“Saya berterima kasih kepada BPJS Kesehatan untuk warga yang meninggal di rumah sakit, langsung dicoblos. Dengan adanya informasi tentang LENTERA MAKAM, data kependudukan dapat segera dimatikan sehingga tidak membebani APBD,” jelas Maryam.

Selanjutnya LENTERA KERAMIK dan KONTAINER KONTAINER secara simbolis diresmikan langsung oleh Gus Ipul yang juga didampingi Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibwo, Sekda Rudianto, Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki dan Pj Dispendukcapil Siti Maryam. (oni/lna)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button