Pantai Tembeling, pantai unik dengan mata air alami di Klungkung Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Tembeling, pantai unik dengan mata air alami di Klungkung Bali

Pantai Tembeling, pantai unik dengan mata air alami di Klungkung Bali

Tembel Pantai merupakan salah satu pantai eksotis di Kabupaten Klungkung. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sambil berenang di kolam yang jernih.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Ingin menjauh dari hiruk pikuk kota, salah satu solusinya adalah berlibur ke pantai yang jauh dari hiruk pikuk. Di Bali ada pantai tersembunyi dengan mata air jernih bernama Tembeling Pantai. Daya tariknya menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Bali memang sangat terkenal dengan pantai-pantainya yang tersebar di berbagai tempat, sebagian besar pantai ini mudah diakses. Saat ini telah dikelola dan dipoles secara maksimal, menjadikannya sebagai ikon Bali yang membedakannya dari daerah lain. Sama dengan pantai tersembunyi di Nusa Penida ini.

Bagi wisatawan yang hanya mengenal nama Pantai Kuta, Sanur, Seminyak, dan Ubud, sepertinya harus menambahkan Pantai Tembeling ke dalam daftar wisata pantai yang akan dikunjungi. Seperti apa keindahannya dan fasilitas apa saja yang tersedia untuk memanjakan para pelancong yang datang?

Objek Wisata Pantai Tembeling Tawarkan

Objek Wisata Pantai TembelingKredit gambar: Google Maps Goranjan Mane

Yang penting tahu dulu apa saja daya tarik pantai eksotik ini sebelum ke sana. Berbeda dengan pantai lainnya, setidaknya ada empat hal menarik yang membuat wisatawan penasaran untuk datang langsung ke sini. Berikut penjelasan lengkapnya.

✦ Bersihkan Musim Semi

Selain pantainya yang indah, terdapat mata air yang sangat jernih di a tempat Tembel. Sering disebut sebagai mata air Tembeling yang selalu mengalir dan memiliki air yang sangat jernih. Sehingga siapapun bisa langsung melihat dasar sumbernya tanpa harus mandi di dalamnya.

Mata air ini mengalir ke kolam yang terbentuk secara alami, terbagi menjadi kolam khusus pria dan kolam khusus wanita. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin menikmati kesejukan air dan kejernihannya, karena jarak antar kolam juga dipisahkan dengan baik untuk menjaga privasi.

✦ Air yang tidak tercemar dan dapat diminum

Air yang mengalir ke kolam mata air ini berasal dari sumber air alami yang selalu bersih. Jadi, selain sebagai tempat mandi, tetesan air yang berasal langsung dari sumbernya juga bisa langsung diminum. Ketika Anda merasa haus setelah melintasi perjalanan menuju tempat tersebut, minum saja airnya dan rasakan kesejukannya.

✦ Wisata Religi Hindu

Dekat lokasi Tembeling Pantai, ada beberapa pura yang bisa digunakan umat Hindu di Bali untuk beribadah. Wisatawan juga dapat mengunjungi satu atau lebih candi tersebut. seperti Pura Taman Panca Gangga, Pura Pancuhan Tembeling. Candi Batu Berlubang dan Candi Persimpangan Ratu Kanjeng.

✦ Lihat bukti cerita rakyat secara langsung

Dulu dikisahkan ada seorang ibu hamil yang kehilangan ternaknya, ketika hamil ia berusaha mencari ternaknya hingga berada di hutan. Hingga akhirnya ia menemukan sumbernya, maka asal muasal nama Tembeling adalah beling yang dalam bahasa Bali berarti hamil.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai TembelingKredit gambar: Google Maps Harshitha Shankar

Pantai tersembunyi dengan kolam mata air yang indah ini terletak di kawasan Batumadeg, kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, provinsi Bali. Tempat ini cukup terpencil, sehingga tidak mudah untuk sampai kesana, perlu sedikit berebut untuk menikmati suasana liburan yang santai.

Salah satu rute yang bisa diteruskan ke Pantai Tembeling adalah dengan perahu atau perahu kapal cepat melalui pelabuhan Kusamba Klungkung, Padang Bai atau Sanur. Perjalanan dari salah satu pelabuhan tersebut ke Nusa Penida memakan waktu antara 30 menit dan 45 menit. Tergantung pelabuhan yang ingin dilabuhkan wisatawan.

Selanjutnya memilih singgah di Pelabuhan Toyapakeh, untuk melanjutkan perjalanan darat ke beri kristal. Setelah itu anda tinggal mengikuti jalan dan petunjuk arah menuju tempat wisata tersebut, dimana waktu tempuh yang dibutuhkan biasanya sekitar 40 menit, tergantung tempat yang ingin anda kunjungi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Jika ingin masuk Tembeling Pantai, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk dengan jumlah tertentu. Namun, disarankan untuk membayar biaya donasi yang diwajibkan di pintu masuk kolam utama. Berapa pun uang yang disumbangkan akan diterima, biasanya digunakan untuk menjalankan dan memelihara lokasi.

Namun bagi wisatawan yang membawa kendaraan seperti sepeda motor atau mobil pribadi atau sewaan memang akan dikenakan biaya parkir di pintu masuk pantai. Siapkan biaya parkir sekitar Rp 10.000 untuk satu kendaraan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai TembelingKredit gambar: Google Maps Julie Terry

Apa saja kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Tembeling Pantai? Tentu hal ini akan membuat penasaran, terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Keempat pilihan aktivitas ini bisa dijadikan alternatif menghabiskan waktu selama liburan di pantai indah tersembunyi ini.

1. Berenang ke Pantai Tembeling

Berenang merupakan kegiatan wajib, sangat disarankan untuk membawa baju renang yang sesuai dan baju ganti. Dengan demikian, semua orang bisa puas menikmati sejuknya air pantai atau kolam renang Tembeling, baik pagi, siang, maupun sore hari. Dijamin seru karena privasi terjaga, apalagi kolam renang pria dan wanita dibagi untuk pengunjung.

2. Menikmati pemandangan pantai

Setelah selesai dan puas berenang, Anda juga bisa melanjutkan aktivitas menikmati pemandangan pantai. Temukan tempat teduh di bawah pohon di kawasan pantai tersembunyi ini, lalu istirahatlah sambil menunggu matahari mulai terbenam dan tidak terlalu terik lagi.

Pemandangan yang ditampilkan berupa perbukitan di kiri dan kanan pantai, dengan tebing-tebing yang memiliki pahatan alam tersendiri. Lalu pemandangan laut lepas dengan deburan ombak dan guratan awan putih di langit sebagai pelengkap.

3. Wisata religi

Jika ingin melihat tempat ibadah umat Hindu di Bali, beberapa di antaranya ada di sekitar pantai. Pada waktu-waktu tertentu, warga akan datang untuk berdoa dan melakukan kegiatan keagamaan di sana. Jika beruntung, Anda bisa menghadiri upacara keagamaan yang diadakan di sana.

4. Mendaki

Untuk pertama kalinya mengunjungi Tembeling Pantaidapat menyewa satu kendaraan sekaligus Driver sambil menikmati sensasinya lintas alam sepanjang perjalanan yang membutuhkan perjuangan tingkat tinggi. Di beberapa bagian jalur, pengunjung harus melintasi jurang dan jalanan yang terjal, sehingga harus ekstra hati-hati.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai TembelingKredit gambar: Google Maps Amy Unsworth

Empat fasilitas berikut ini disediakan pihak pengelola pantai menawan ini, agar wisatawan semakin betah menghabiskan waktu di sana. Memang dari segi jarak dari keramaian cukup jauh, namun dengan akomodasi berikut ini, berbagai kebutuhan bisa diminimalkan.

1. Toilet

Terdapat kamar mandi pria dan wanita yang berlokasi strategis, dapat digunakan untuk mandi setelah berenang atau sekadar berendam di Kolam Tembeling. Air yang mengalir di toilet ini juga berasal dari mata air sehingga terasa segar dan sejuk saat menyentuh kulit tubuh.

2. Akomodasi

Sejumlah penginapan juga tersedia di sekitar pantai dengan pemandangan yang indah ini, wisatawan tinggal memilih mau menginap di mana jika memang ingin melanjutkan kunjungannya keesokan harinya. Tarif akomodasi juga sangat masuk akal dan murah, sehingga Anda tetap bisa bepergian sepuasnya.

Kunjungi Tembeling pantai, karena anda akan menikmati sensasi berendam di kolam Tembeling dengan air yang sejuk sambil memandangi laut yang biru. Setelahnya, pantai tersembunyi ini tentunya akan menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu menyendiri jauh dari keramaian.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button