Serangkaian perayaan HUT RI ke-77 di Kota Pahlawan yang warganya diajak untuk ikut memeriahkan - WisataHits
Jawa Timur

Serangkaian perayaan HUT RI ke-77 di Kota Pahlawan yang warganya diajak untuk ikut memeriahkan

Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak warga Kota Pahlawan merayakan Bulan Kemerdekaan. Salah satunya adalah keikutsertaan dalam berbagai kegiatan Pemprov DKI mulai 9-25 Agustus 2022.

Acara memeriahkan Bulan Kemerdekaan ini digagas oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya bersama instansi terkait lainnya.

“Ada dua kategori lomba, pertama untuk kalangan internal OPD atau seluruh instansi yang ada di lingkungan Pemkot Surabaya. Kompetisi bola voli campuran akan digelar di Gelora Pancasila pada 9-15 Agustus 2022, dan tenis meja pada 10-12 Agustus 2022. Kompetisi akan digelar di ruang serbaguna lantai 3,” kata Ketua Disbudporapar Wiwiek. Widayati, Selasa (9/8/2022).

Kemudian, lanjutnya, akan ada Lomba Putri Hadang, Panjat Pinang 1 Pohon, Relay Tradisional dan Pukulan Bantal pada 12-13 Agustus 2022. Lokasinya berada di South Side Kenjeran Beach Amusement Park (THP), Jalan Pantai Kenjeran Surabaya.

Warga Surabaya bisa menyaksikan pertandingan Areka Climbing dan Pillow Patting. Karena itu, Wali Kota Eri akan menghadapi Forkompinda Surabaya.

“Masyarakat dapat berpartisipasi dalam peringatan HUT RI ke-77 dengan menyaksikan berbagai perlombaan. Selain itu, Walikota Eri Cahyadi juga akan mengikuti lomba tersebut. Kemudian juga akan ada lomba perahu layar pada 13 dan 14 Agustus nanti,” ujarnya.

Wiwiek menjelaskan, lomba perahu layar akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan diikuti 50 perahu. Warga Surabaya bisa menyaksikan aktivitas di THP Kenjeran North Side, Jalan Pantai Kenjeran Surabaya.

“Kategori kedua adalah lomba komunitas dimana peserta lomba perahu layar adalah para nelayan lokal yang akan berlomba dalam kecepatan dan keindahan atau kreativitas dalam mendekorasi perahu layar,” ujarnya.

Menurutnya, dari sisi pariwisata, kompetisi perahu layar merupakan salah satu kegiatan untuk memperkuat mata pencaharian para nelayan. Karena jika tidak aktif mencari Ika, mereka juga bisa menggarap barang-barang wisata melalui lomba perahu layar.

“Kami menggunakan perahu tradisional untuk menghias perahu dan layarnya yang didominasi aksesoris merah putih,” ujarnya.

Pada 14 Agustus 2022, Pemkot Surabaya akan meluncurkan kompetisi film pada pukul 10.00 WIB di Kompleks Balai Pemuda Gedung Pusat Kebudayaan Surabaya.

Selain itu, juga akan ada acara nonton bareng (nobar) film Koesno dengan Walikota Surabaya pada 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB.

“Masyarakat Surabaya akan menonton film Koesno yang bercerita tentang perjalanan Presiden Pertama Republik Indonesia saat kuliah di Surabaya,” ujarnya.

Terakhir, pada 24 Agustus 2022, Pameran Surabaya Great Expo (SGE) akan dibuka di Grand City Convention and Expo Surabaya.

M. Fikser, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, mengatakan Walikota Eri mengajak masyarakat untuk menonton film Koesno di kompleks Balai Pemuda di gedung Balai Budaya pada pukul 15.00 WIB.

“Pemerintah Kota Surabaya melalui Disbudporapar Kota Surabaya memiliki banyak agenda menarik dalam rangkaian HUT RI ke-77, salah satunya mengajak masyarakat untuk menonton film Koesno yang dibintangi Walikota Eri Cahyadi,” ujarnya.

Saksikan video “Momen Ribuan Mahasiswa Temanggung Basuh Bendera Jelang HUT RI”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button