Pengabdian masyarakat dengan pelatihan seni teknik kolase dengan kertas bekas - WisataHits
Jawa Tengah

Pengabdian masyarakat dengan pelatihan seni teknik kolase dengan kertas bekas

SEMARANG BARAT, Suaramerdeka-kedu.com – Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dilakukan oleh salah satu Dosen Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan mengadakan pelatihan seni teknik kolase dari kertas bekas kepada para remaja yang berkunjung ke Grand Maerakaca (06/11).

Bapak Bangkit Sanjaya S.Pd, M.Sn dibantu oleh dua orang dosen yang memiliki pengalaman luas sebagai tutor yaitu Drs. Syakir, M.Sn didampingi oleh seorang dosen yang berpengalaman dibidang Seni yaitu Bapak Arif Fiyanto, S.Sn , M.Sn. Dan didukung oleh seorang mahasiswa yaitu Rosa Alifia Azzahra.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyinkronkan aktivitas para remaja di Grand Maerakaca pasca pandemi Covid-19. Dengan diadakannya kegiatan pelatihan teknik kolase bagi para pemuda pengunjung Wisata Grand Maerakaca diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk menimba ilmu dan lapangan pekerjaan pasca pandemi Covid-19 ini,” ujar Bapak Bangkit Sanjaya S.Pd, M.Sn. sebagai konsultan pelatihan dan ketua tim pengabdian (Minggu, 11.06.)

Metode yang digunakan dalam kegiatan nirlaba ini adalah metode demonstrasi dan pelatihan langsung yang didukung oleh demonstrasi. Dengan bantuan demonstrasi, mereka dapat membawa teknik dan media lebih dekat dengan produksi kolase dari kertas bekas.

Grafik (SM/Dok)

Metode demonstrasi, karena kelompok sasaran (peserta) dapat secara langsung mengamati proses pembuatan, harus menghasilkan motivasi, kompetensi desain visual dan daur ulang limbah.

Selain itu, kegiatan evaluasi dilakukan pada setiap kegiatan yang sedang berlangsung dan pada akhir setiap kegiatan. Di akhir acara pelatihan, dilakukan evaluasi secara keseluruhan terhadap kegiatan pelatihan dengan mengadakan tanya jawab dan pengakuan terhadap hasil kerja yang dilakukan oleh para peserta.

Suasana pelatihan (SM/Dok)

Salah satu karya remaja yang berkunjung ke Grand Maerakaca (Minggu siang, 6 November 2022).

Baca juga: UKM Rayakan Pertempuran Magelang, Ini Kegiatannya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button