Sempat banjir, Semarang paling banyak dikunjungi wisatawan asal Jawa Tengah saat libur Nataru - WisataHits
Jawa Barat

Sempat banjir, Semarang paling banyak dikunjungi wisatawan asal Jawa Tengah saat libur Nataru

Sempat banjir, Semarang paling banyak dikunjungi wisatawan asal Jawa Tengah saat libur Nataru

SEMARANG, KOMPAS.com – Banjir yang melanda Semarang saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 tak menyurutkan ibu kota Jawa Tengah itu menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Tengah.

Dari 1.944.184 wisatawan nusantara yang berwisata ke Jawa Tengah sejak 17 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, sebanyak 355.600 wisatawan berkunjung ke kota Semarang.

Riyadi Kurniawan, Kepala Bidang Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah (Disporapar), mengatakan Lawangsewu menjadi destinasi wisata pertama di Semarang yang menyambut 68.205 wisatawan lokal yang berlibur kemarin.

Baca Juga: Nataru 2023, Daop 2 Bandung Layani 1.015.125 Pelanggan, Naik 89 Persen Dibanding 2022

“Kota Semarang memang jadi tujuan utama karena aksesibilitasnya bagus. Rumusnya, kalau tempat wisatanya dekat pasti ramai,” kata Riyadi kepada Kompas.com, Jumat (13/1/2023). ).

Meski dua tempat wisata utama Kota Semarang, yakni Lawangsewu dan Kota Lama, terkena dampak bencana. Namun, hal tersebut tidak mengurangi minat wisatawan maupun memperburuk citra pariwisata di Semarang.

Pada 31 Desember 2022, sebuah pohon tumbang di Lawangsewu akibat cuaca ekstrem dan angin kencang. Sementara itu, Kota Lama juga terendam banjir akibat hujan deras.

“Bahkan banjir di kota tua lebih eksotik lagi, di medsos orang bilang banjirnya lebih sejuk. Itu bentuk restorasi yang dilakukan masyarakat, kita dorong itu,” lanjutnya.

Selanjutnya yang paling banyak menerima kunjungan wisatawan domestik adalah kabupaten Klaten dengan total 204.069 wisatawan.

Baca Juga: Libur Nataru, Pengunjung Nimo Highland Pangalengan Bandung Meningkat 100 Persen

“Untuk Kabupaten Banyumas, wisatawan domestik sebanyak 197.714 orang. Kabupaten Wonosobo memiliki 180.255 wisatawan domestik. Padahal Kabupaten Magelang memiliki 165.600 wisatawan,” ujarnya.

Selain itu, Disporapar Jateng menyebutkan lima kabupaten/kota dengan jumlah kunjungan wisman terbanyak pada libur nasional kemarin. Diantaranya adalah Kabupaten Magelang, Klaten, Solo dan Jepara.

Magelang menjadi yang paling banyak dikunjungi dengan 3.083 wisatawan mancanegara. Tiga destinasi wisata unggulan yakni Candi Borobudur, Punthuk Setumbu dan Bukit Rhema. Sedangkan tujuan lainnya tersebar di sekitar Magelang.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button