FISIPKOM Unida Bogor memberikan pelatihan pengembangan desa wisata lokal di Cipeuy Sukabumi - WisataHits
Jawa Barat

FISIPKOM Unida Bogor memberikan pelatihan pengembangan desa wisata lokal di Cipeuy Sukabumi

Foto bersama FISIPKOM Unida bersama warga Desa Cipeuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi usai pelatihan. (Dok.Unida)

BOGOR – Fakultas Ilmu Sosial, Politik, dan Informatika (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) Bogor menggelar bakti sosial di Desa Sukagalih, Desa Cipeuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Bogor.

Kegiatan bertajuk Pelatihan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal yang berlangsung selama tiga hari sejak 9-11 Desember 2022 itu merupakan bagian dari Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terpadu dengan Key Performance Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). indikator (IKU) untuk PTS tahun 2022.

Kegiatan ini akan didampingi oleh beberapa dosen yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat. Diantaranya Irma Purnamasari sebagai ketua tim dan juga anggota seperti Rita Rahmawati, Muhammad Luthfie, Mardiah, Afmi Apriliani, Berry Sastrawan, Faisal Tri Ramdani serta mahasiswa FISIPKOM Asep Ubaedillah, Mirna Utami, Rio Ranbilal, Salopah dan Tirta Yasa.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Irma Purnamasari mengatakan ada beberapa materi pelatihan yang disampaikan dan dilaksanakan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya Pelatihan Tata Kelola Desa Wisata, Pelatihan Pengembangan Kelembagaan, Tata Pemerintahan Inovatif, Pengembangan Pariwisata dan Perhotelan Perhotelan.

Kemudian pelatihan pengolahan hasil pertanian (singkong) menjadi keripik pedas khas Sukagalih, pelatihan pengemasan produk, pelatihan tata kelola koperasi, pelatihan pemasaran digital, serta pelatihan pemilihan ternak dan penanganan daging sapi.

“Dalam pengabdian masyarakat, ada beberapa pelatihan yang diikuti warga dan dilakukan oleh para ahli. Sehingga kegiatan ini dapat mendukung proses pengembangan desa wisata berbasis potensi lokal. Semoga kedatangan kami dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Sukagalih, Desa Cipeueuy,” kata Irma Purnamasari dalam keterangan tertulis yang diterima PAKAR, Rabu (14/12).

Irma juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat warga Desa Sukagalih, Desa Cipeutuy atas kegiatan amal yang dilakukan FISIPKOM Unida Bogor. Termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mendanai dan mendukung kegiatan tersebut.

“Terima kasih atas sambutan hangat dari warga desa Sukagalih, desa Cipeuy. Kami juga berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah mendanai, mendukung dan memberikan kesempatan untuk melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Cipeuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi dan kami juga berterima kasih kepada pimpinan UNIDA , khususnya Rektor dan Rektor serta jajarannya atas dukungan dan bimbingannya agar kegiatan amal ini dapat berjalan dengan baik,” ujar Irma.

Ketua Kelompok Ternak Domba Salaras Indra mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan warga FISIPKOM Unida Bogor.

“Para pemuda Sukagalih berharap bisa bekerja sama dengan baik bersama Unida ke depannya,” kata Indra.

Terima kasih juga diberikan
Kepala Desa Cipeuy, Tirta Jaya. Ia berharap program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh FISIPKOM Unida Bogor dapat membawa manfaat bagi warga di desanya.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini kami bisa bertemu dalam keadaan sehat. Saya melihat dosen dan mahasiswa Unida sangat ramah dan menikmati suasana desa kami. Kami berharap kehadiran dosen dan mahasiswa dapat membantu warga Desa Sukagalih, Cipeueuy untuk termotivasi mengembangkan potensi diri. Dengan demikian diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi desa Cipeuy,” ujarnya. = MAM

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button