Kenali 8 masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ada di luar negeri - WisataHits
Jawa Barat

Kenali 8 masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ada di luar negeri

Kenali 8 masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ada di luar negeri

Masjid Al-Kamil, Jatigede Sumedang

RADARCIANJUR.com – Masjid Raya Al-Jabbar diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedebage, Bandung, Jumat (30/12/2022).

Masjid ini semakin istimewa karena merupakan karya Ridwan Kamil sendiri. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari desain eksterior dan interior masjid-masjid di Turki dan Iran, dengan halaman luas dan lorong melalui bangunan bernuansa berbeda.

Namun, Masjid Agung Al Jabbar bukan satu-satunya masjid ikonik dan indah yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Berikut beberapa karya arsitektur 8 masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil:

1. Summarecon Masjid Raya Al-Azhar Kota Bekasi

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3000 m2 dengan total luas bangunan 1320 m2, yang terdiri dari bangunan 2 lantai dengan 1 semi basement yang mampu menampung hingga 1200 jamaah dan juga dilengkapi dengan basement , yang memiliki concourse seluas 600 acre dan beberapa ruang acara. Karena letaknya bersebelahan dengan Pesantren Al-Azhar, Masjid Raya ini juga dapat dijadikan sebagai laboratorium akhlak dan ruang pendidikan agama bagi setiap siswa.

Masjid Raya Al Azhar Summarecon Kota Bekasi

Dirancang oleh arsitek Ridwan Kamil, masjid ini memiliki keunikan yang berbeda dengan masjid pada umumnya karena terinspirasi dari bangunan Ka’bah di Mekkah Baitullah. Melalui penggunaan material dan desain yang ramah lingkungan, masjid ini bertujuan untuk menghadirkan kenyamanan dan kekhidmatan bagi jemaah dalam menjalankan ibadah.

2. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Kota Makassar

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang berdiri di atas tanah reklamasi Pantai Losari, Makasar, merupakan masjid ikonik rancangan Ridwan Kamil.

Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di Sulawesi yang memiliki bangunan dua lantai. Dalam pembangunannya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Kota Makassar

Menurut berbagai sumber, masjid yang memiliki banyak warna ini menghabiskan dana lebih dari 160 miliar rupiah.

Tidak hanya menghabiskan banyak uang, tetapi juga banyak waktu untuk membangun masjid berkubah 99 ini mengingat detailnya yang cukup rumit.

Arsitektur masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Konsep desain masjid ini klasik, modern, futuristik dan juga memiliki bentuk yang unik dengan tema Asmaulhusna.

3. Masjid Jami’e Darussalam, Tanah Abang Jakarta

Dikenal sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang karena bentuknya yang tidak biasa yaitu berbentuk segitiga. Bentuk segitiga menggambarkan keadaan dan cuaca Indonesia yang khas dengan iklim tropisnya.

Masjid Jami’e Darussalam, Tanah Abang Jakarta

Ruang utama masjid ini berada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding berhias kaligrafi. Masjid Jami’ Darussalam yang diresmikan pada tahun 2015 dianggap sebagai eksperimen arsitektur dengan geometri segitiga sama sisi.

4. Masjid Al-Irsyad, Kota Baru Parahyangan, Kab.Bandung Barat

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak. Salah satu keistimewaan masjid ini yang bisa dilihat adalah dinding masjid. Kisi-kisi pada dinding masjid ini terbuat dari batu bata berlubang yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan Kab.Bandung Barat

Teknik ini membuat tubuh bangunan terlihat seperti seni kaligrafi tiga dimensi dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu, kisi-kisi berfungsi sebagai penerangan yang bergantian dan sangat artistik.

Pada siang hari, cahaya alami matahari menembus interior. Saat ini cahaya tampak seperti elemen digital yang membentuk dua syahadat. Pada malam hari, cahaya akan bersinar dari dalam masjid, membentuk kaligrafi Syahadat yang bercahaya.

5. Masjid Al-Mutazam Ciganitri Bandung

Ridwan Kamil tidak hanya mendesain kawasan terpadu dan berkapasitas besar, tetapi juga Al Mutazam yang berada di kawasan perumahan di Ciganitri, Kabupaten Bandung, dengan desain bangunan berbentuk kubus.

Masjid Al-Mutazam, Ciganitri Bandung

Keunikan masjid yang diresmikan pada tahun 2017 ini terletak pada tembok yang terdapat tulisan Hamdalah yang membuat Masjid Al-Multazam semakin ikonik.

6. Masjid Al-Kamil, Jatigede Sumedang

Masjid rancangan Ridwal Kamil yang sempat menyita perhatian netizen lainnya adalah Masjid Al-Kamil yang terletak di tepi Waduk Jatigede Sumedang. Jika umumnya masjid memiliki bentuk kubah yang membulat, maka Masjid Al-Kamil didesain menyerupai bunga teratai yang sedang mekar.

Masjid Al-Kamil, Jatigede Sumedang

Masjid ini menjadi ikon warga Sumedang dan menjadi daya tarik wisata bagi warga yang berwisata ke Waduk Jatigede.

7. Masjid Agung Seribu Bulan, Banyumas, Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Banyumas sedang membangun Masjid Raya Seribu Bulan di kawasan perkotaan baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid yang akan menjadi masjid terbesar di masa pemerintahan Banyuma ini dirancang khusus oleh Ridwan Kamil, mengambil ide dari Lailatul Qadar, malam turunnya Al Quran.

Masjid Agung Seribu Bulan, Banyumas, Jawa Tengah

Masjid tersebut akan terdiri dari tiga bangunan. Setiap bangunan didesain menyerupai bulan sabit dalam jumlah yang banyak.

8. Masjid Syaikh ‘Ajlin, Gaza Palestina

Netizen ramai menyebut desain masjid ini mirip dengan PlayStation 5. Terdiri dari tiga badan bangunan yang berdiri berdampingan secara vertikal. Namun, bentuk bangunannya terinspirasi dari bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat juang.

Keberadaan Masjid Sheikh Ajilin sangat berharga bagi masyarakat Gaza setelah masjid sebelumnya dihancurkan oleh serangan tentara Israel pada tahun 2014 lalu.

Masjid Sheikh ‘Ajlin, Gaza Palestina

Desain masjid yang dirancang khusus oleh Ridwan Kamil ini jatuh pada pilihan arsitektur masjid yang memadukan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam setelah meminta Aman Palestina Indonesia saat menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Untuk konten dan informasi menarik lainnya, ikuti Radarcianjur.com melalui Google News. KLIK DI SINI YA.

Inilah masjid-masjid rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(Pengembang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button