Seminggu 2 Ular Masuk Rumah, Ini Pesan Dinas Pemadam Kebakaran Karanganyar - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Seminggu 2 Ular Masuk Rumah, Ini Pesan Dinas Pemadam Kebakaran Karanganyar – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi ular piton. (Diantara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Petugas pemadam kebakaran atau Damkar Satpol PP Karanganyar di Jawa Tengah menerima dua permintaan evakuasi ular dalam satu minggu.

Padahal, petugas pemadam kebakaran Satpol PP Karanganyar biasanya jarang menerima permintaan evakuasi ular dalam waktu seminggu. Aris Indriyanto, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemeriksaan Satpol PP Karanganyar, mengatakan permintaan evakuasi ular meningkat sejak akhir bulan lalu.

Promosi Wholesale Awards, Tokopedia jadi marketplace pilihan UMKM

Dalam sepekan itu, kata dia, petugas sudah mengevakuasi dua jalur di rumah warga. “Baru-baru ini kami mengevakuasi ular yang masuk ke rumah warga Popongan. Jenis ular yang dievakuasi berbisa,” katanya.

Aris mengatakan ular mencari mangsa, salah satunya tikus. Kondisi ini menyebabkan ular menyerbu kawasan pemukiman. “Di musim hujan kemarin, ular-ular itu menetas. Sekarang musim kemarau, banyak ular yang mencari mangsa,” katanya, Minggu (8 Juli 2022).

Untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah, Aris menghimbau kepada warga khususnya untuk menjaga kebersihan rumah. Hal ini agar hewan yang menjadi sumber makanan ular, seperti tikus, katak dan lain-lain, tidak masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Bocah Karanganyar Meninggal Digigit Ular, Ini Cara Pertolongan Pertamanya

Hewan ini biasanya memakan sisa makanan kemudian mengundang ular untuk masuk ke dalam rumah dan memangsa hewan tersebut. “Hancurkan atau bersihkan benda-benda yang memudahkan ular bersembunyi, seperti tumpukan kayu, barang bekas di tempat lembab dan gelap,” tambahnya.

Kemudian dia juga meminta warga untuk membersihkan rumah, seperti rumput dan tanaman yang rimbun. Dia mengimbau warga untuk menyemprotkan penyegar udara di dalam ruangan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan kapur barus atau wewangian lainnya di depan pintu gerbang. Menurutnya, ular tidak menyukai bau yang menyengat seperti parfum dan kapur barus.

Ia mengimbau warga untuk segera mencari pertolongan atau menghubungi Damkar Karanganyar 0271 495113 jika menjumpai ular di rumah atau di sekitar lokasi. Petugas menangani penangkapan tersebut. “Jangan bertindak sendiri, karena itu berbahaya.”

Baca Juga: 2 Bulan Dinas Pemadam Kebakaran Karanganyar Tangani 10 Laporan Ular Masuk Rumah

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button