Dawuhan Masuk 10 Besar Gelar Desa Wisata Jateng 2022, Pengumuman Pemenang 26 November 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Dawuhan Masuk 10 Besar Gelar Desa Wisata Jateng 2022, Pengumuman Pemenang 26 November 2022

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA – Desa Wisata Dawuhan yang terletak di Kecamatan Wanayasa merupakan wakil dari Kabupaten Banjarnegara pada Perebutan Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Tursiman S.Sos menjelaskan acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah ini dipilih 10 besar.

“Alhamdulillah Banjarnegara diwakili Desa Wisata Dawuhan masuk 10 besar Desa Wisata Jateng 2022. Pengumuman resmi dilakukan pada 14 November,” kata Tursiman, Jumat (18/11/2022).

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah mengumumkan daftar desa wisata yang masuk dalam 10 besar predikat Desa Wisata Jateng 2022 melalui zoom meeting, Senin sore (14/11/2022).

Baca Juga: Keindahan Alam Telaga Dringo Dieng, Cocok untuk Camping

Sepuluh besar desa wisata tersebut dipilih dari 27 desa wisata yang mengikuti Ajang Pengenalan Desa Wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penilaian tahap pertama oleh dewan juri dilakukan secara daring melalui video yang diunggah di kanal Youtube masing-masing desa wisata pada Jumat (11/11/2022) lalu.

Selain itu, Disporapar Provinsi Jawa Tengah akan mengunjungi dan meninjau 10 desa wisata tersebut.

Puncak Desa Wisata Jateng 2022, kata Tursiman, akan digelar tepat pada Sabtu (26/11/2022) di Kabupaten Magelang.

“Pada kesempatan kali ini, kami bersama nominator lainnya akan menggelar pameran produk lokal. Selama pameran masih dilakukan evaluasi hingga akhirnya terpilih desa wisata terbaik untuk kategori paket wisata, kategori atraksi seni budaya, kategori Sapta Pesona, kategori homestay dan CHSE,” ujar Tursiman.

Baca Juga: Arung Jeram Sungai Serayu di Banjarnegara, Tips dan Harga Paket yang Tersedia

CHSE adalah tentang kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), keselamatan (safety) dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability).

10 besar desa wisata perhelatan Desa Wisata Jawa Tengah 2022 adalah: Desa Dawuhan (Banjarnegara), Desa Pekunden (Banyumas), Desa Giyanti (Wonosobo), Desa Kandri (Kota Semarang), Desa Conto (Wonogiri), Desa Muncar (Semarang). ), Desa Sambongrejo (Blora), Desa Somongari (Purworejo), Desa Karangrejo (Magelang) dan Desa Sidowarno (Klaten).

Kepala Desa Dawuhan Sahid menambahkan, saat ini desanya sedang mempersiapkan kunjungan penjajakan dan predikat Desa Wisata Jawa Tengah di Magelang.

“Kami mohon doa dan dukungannya,” ujarnya didampingi Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban, Supriyanto.

Sahid menjelaskan Desa Wisata Dawuhan sangat cocok untuk refreshing dengan suasana alam yang nyaman, spot foto yang instagramable, terdapat lembah berhiaskan sawah yang dikelilingi sungai yang seolah menembus perbukitan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button